Tuesday, October 2, 2018

Tips Mengatur Waktu Ngeblog Untuk Ibu Rumah Tangga


Tips Mengatur Waktu Ngeblog Untuk Ibu Rumah Tangga

Berkoreksi dari rungsing saat nulis dinangisin anak, balik lagi menuju laptop ide sudah buyar, lagi enak-enaknya nulis, anak tidur siang tiba-tiba si nenek nyuruh ini itu atau mas suami pulang ke rumah untuk makan siang, sengosengoseng, lupa lagi sama ide tulisan tadi, dari pagi, siang sampe malam total gak mau nulis sengaja nunggu anak,, eh malah badan sudah keburu lelah dan ikutan tidur.

Ada yang pernah ngalamin seperti saya?
duh, pasti emak tau deh rasanya kaya apa..

Dari pengalaman itu (haha, bukan pengalaman juga sih bilangnya mungkin bahasa ilmiahnya dari hasil riset emak rungsing saat ngeblog) saya menyimpulkan pentingnya Mengatur Waktu Ngeblog Untuk Ibu Rumah Tangga terutama untuk menulis atau memegang gadget disela-sela urusan rumah tangga, seorang ibu harus cerdas saat setiap megang gadget kelihatan anak-anaknya. Contoh kalo anaknya masi ucrit, ucriit kaya anak saya, harus ngumpet-ngumpet dulu kalo tidak dia bakal merasa di cuekin atau malah rebutan hape sama emknya, haha.. itu beda lagi ceritanya, disini Peran Ibu Cerdas, Mendidik Anak di Era Digital dan Buku Digital Parenthink.

Dan berikut Tips Mengatur Waktu Ngeblog Untuk Ibu Rumah Tangga,


1. PIORITASKAN PEKERJAAN RUMAH TANGGA

Ini jelaass, jelas ngomongnya tapi susah ngejalanin. bangun subuh, solat, nulis lanjutin draft kemarin merasa masih subuh stop nulisnya nanti aja pas pagi sekalian bikin sarapan. akhirnya, males masak sarapan beli aja nasi uduk, lalu lanjut nyuci, prepare masak buat makan siang, tinggal bentar cek hape, ada chat, balesin chat, ujung-unjungnya asik sendiri karena merasa tanggung 'ada urusan di WA' alhasil masak buru-buru, nyuci buru-buru sambil mikirin fenomena di media sosial tadi.

lagi ngulek sambel pun pikiran udah kemana aja. dan tahukah bunda, itu malah membuat kita capek dua kali! capek tenaga, capek pikiran, males, ujung-ujungnya gak kelar-kelar pekerjaan rumah tangga, (kisahnyata dan fakta haha).

Jangan paksakan menulis atau mengurus yang lain di sebuah gadget jika keadaan rumah sedang riweuh misalnya, pagi hari. subuh sampai pagi hari sudah jelas jamnya emak sibuk, usahakan tidak membuka hape dijam segini kecuali pekerjaan sudah beres seperti,
pastikan sudah menyiapkan kebutuhan keluarga, sarapan, anter anak sekolah, suami sudah pergi kerja, pastikan baby sudah bobok. next, baru cek hape dan buka laptop. sepengalaman aku sebagai iu muda yang anaknya baru TK, ini bertahan sekitar 2,5 jam sebelum menjemput kembali anak pulang sekolah. tapi kan lumayan, meskipun sedikit waktunya.


2. MENGENAL JAM YANG PAS UNTUK MENULIS
Artinya kita sudah tahu jam-jam yang tepat untuk menulis. saat anak sedang tidur atau saat waktu senggang dan banyak banget kata-kata yang ingin kita tuang di blog. namun masih ada saja blogger yang kadang memaksakan waktu yang tidak pas untuk menulis, contohnya saya. kadang-kadang sih kalo sudah berhubungan dengan kewajiban dan deadline. but, belajar dari itu ada yang lebih penting lagi dari sekedar membuat blog post yakni mengenal jam yang pas untuk menulis.

  • Tidak ngeblog di depan anak terutama anak di bawah umur. ini kalo tidak mau anaknya jadi lengket sama gadget. lah orang tuanya aja asyik gadget.
  • Hindari ngeblog di jam sibuknya ibu-ibu, misalnya pagi hari dan menjelang magrib. alias jam sibuknya ibu-ibu.
  • Manfaatkan kesempatan rumah sepi. maksudnya saat suami kerja, anak semua sudah pergi ke sekolah atau si dedek sedang tidur siang.
  • Jangan paksakan menulis jika merasa sangat lelah. biasanya emak-emak seharian mengurus pekerjaan rumah maupun sepulang ngantor, waktunya tidur tengah malam malah ngeblog dan begadang. biasanya akan menghasilkan tulisan yang kurang bagus. saya sendiri masih suka begadang tapi siangnya memang sudah tidur siang sebelumnya, hihi.
Jadi moms, ngeblog itu sangat membutuhkan waktu yang pas sama seperti pekerjaan lainnya bukan hanya sekedar part time. tapi bagaimana part time ini bisa di gunakan secara maksimal.


3. TETAP KONSISTEN MEMENEJ WAKTU DAN MENULIS
Freelance, part time, wah kedengarannya enak ya, menulis saat waktu luang. tapi kenyataannya tidak semudah itu perisah, hehe. dibutuhkan suasana, jam, mood, bertapa, dan lain sebagainya untuk tetap konsisten memberi makan blog. ada waktu-waktu dimana kita sedang rajin menulis blog atau tiba-tiba menghilang. sering kaya gitu? emak-emak sering nih kayanya, hehe. tapi aku salut loh, beberapa ibu-ibu yang IRT maupun berkarier masih tetap konsisten menulis blog. dan gak semua blogger bisa tetap konsisten. itu kenapa aku menyebutnya moms blogger-blogger seperti ini adalah konsisten memenej waktu menulis.

Dari pengalaman pribadi dan bertanya ke beberapa blogger yang aku anggap sibuk di luar tetapi tetap konsisten ngeblog akhirnya aku simpulkan bahwa poin 1 dan 2 jika sudah kita kuasai, maka memenej waktu menulis dapat kita atur dan biasakan akan lebih mudah dilakukan bahkan bisa dibilang lebih terjadwal.

Baca juga:  Mood Saat Menulis Mempengaruhi Kualitas Konten

Nah, kekonsistenan menulis blog ini sebenarnya balik lagi ke tujuan saat kita membuat blog, apakah sekedar iseng menulis, atau just hobi menulis, ada juga yang ingin mempromosikan jasa lewat tulisan, just sharing, money, networking, dan banyak lagi. dan menurut saat yang membuat sesorang blogger itu konsisten menulis salah satunya pintar Mengatur Waktu Ngeblog.


Bagaimana ibu-ibu? siap jadi blogger yang sesungguhnya??

cieeleah..

13 comments:

  1. Saya belum ibu-ibu tapi tetap belum bisa konsisten, hehehe. No 2 yang sering kali susah. Pas ada ide tapi saat mau nulis badan udah lelah, akhirnya gak jadi nulis deh. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. alasan yang ini adalah yang paling sering ya untuk blogger siapapun juga haha

      Delete
  2. Ciieelaah juga deeh heehee! 😄😄😂

    Yaa! Intinya rumah tangga dan anak lebih penting.

    Lalu kapan waktu yang nyaman untuk ngeblog pagi siang sore apa malam...😱😱😳😳

    Semua itu sebenarnya hanya diri kita atau bagi sang penulis tersebut karena setiap orang punya kesibukan dan urusan yang berbeda-beda.

    Yang terpenting jangan buang waktu sedikit pun..😄😄🙏🙏

    ReplyDelete
  3. Hihi sebagai new mom n no helper tapi sok pengen ngeblog saya andelin hp saat anak tidur or anteng. Gak pernah buka hp pagi2 jadi emang urusan rt beresin dulu semua kewajiban, tfs mba

    ReplyDelete
  4. Bagaimana kalau mengurus bayi apakah masih bisa ngeblog atau waktu ngerjainnya kapan?. Sedangkan bayi waktu tengah malam suka nangis. Begadang tengah malam eh pagi atau siang kelelahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo punya bayi sih aku sarankan jangan begadang untuk ngeblog atau nulis. pilih waktu tepat aja saat baby bobok misalnya, dikit2 tapi rutin

      Delete
  5. Iya memang ya emak2 kalau udah capek anak tidur eh malah ikutan tidur... So terimakasih kak sharing ya bermanfaat banget buat aku yang lagi seneng2 nya nulis

    ReplyDelete
  6. Nice tips ni Mba. Kalau sy satu lagi sih tambahannya, mungkin krn anak2 sy bukan bayi lg.

    Saya jalin komunikasi. Yah istilahnya jangan ada dusta diantara kita. Eaaa.. Saya bilang ke anak alasan/pentingnnya emaknya megang HP krn ada yg hrs dikerjakan dan bahwa smua itu bukan main2.

    Tp ya tetap smua kebutuhan mrk harus sdh terpenuhi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama aku juga sering menjelaskan ke anak bahwa ini kerjaan. tapi lebih di menej aja waktunya karena meskipun kerjaan juga jgn sampai si anak merasa diabaikan

      Delete
  7. Wkwkwkwk...saya banget ini..rempong sama bocah n urusan domestik rumah. Lagi iris-iris bawang, tetiba ada ide nulis. Eh tapi gak bisa dieksekusi depan laptop. Giliran bocah tidur bisa anteng depan laptop, si ide entah ada di mana hahaha..tapi yang penting tetep semangat menulis. Legowo elus dada kalo seminggu atau dua minggu cuma berhasil posting satu tulisan #nasehatin diri sendiri hahah

    ReplyDelete
  8. Sangat bermanfaat tips nya semoga saya bisa menerapkannya,soalnya kadang ide Tu muncul ketika kita sedang sibuk 😁😁

    ReplyDelete