Saturday, October 6, 2018

Plus Minusnya Ngeblog Untuk Ibu Rumah Tangga


Pertanyaan-pertanyaan yang sering saya dapat ketika teman bertanya tentang kerjaan freelance saya sebagai blogger yang sering nongol di medsosnya, haha...

Enak gak jadi blogger?
Wah, enak ya bisa dapat uang dari nulis?
Gimana dong caranya supaya saya dapat uang dari ngeblog?
Saya pengen dong, tapi gak bisa nulis.
Saya mau ngeblog tapi susah atur waktunya, gak sempat nulis, dsb.

Dan rata-rata opini mereka tentang blogger itu mayoritas enak, seru, asyik, dan ber'money.

Sejujurnya saya bukan blogger yang sering dibicarakan netizen itu, haha..
Bukan blogger yang terkenal, atau Blogger senior. Menulis ini sekedar ingin sharing tentang enak gak enaknya menjadi blogger yang sudah lebih dari dua tahun melintang ini. Junior banget kan? ...
Atau bahasa kekiniannya, cuma serpihan rengginang di antara mastah blogger yang sebenarnya dia itu rengginang ya, saya recehnya, haha..

Ngeblog bagi saya pribadi awalnya adalah sebuah kegiatan menulis yang saya anggap sebagai terapi mental, hahaaa. Eits jangan berpikir negatif dulu, jadi saat kita menulis ada rasa kepuasan sendiri untuk berbagi dan dibaca orang (yang jelas yang bermanfaat) saya masih ingat beberapa tulisan pertama saya itu tentang cara-cara. Cara klaim BPJS, Review tabungan berencana, Cara mutasi surat pindah beda kota, Sharing seputar Parenting, dan lain-lain yang biasanya sudah saya alami.

Dan selama itu saya sangat menyukai ngeblog ini. Mungkin karena sejak kecil hobi membaca saya jadi tertarik dengan dunia blog dan search engine google, haha.

(+) Plusnya Ngeblog Untuk Ibu Rumah Tangga
  • Banyak kata tersalurkan (terutama perempuan yang identik dengan kebawelan)
  • Bisa membantu orang lain jika kita menshre tulisan yang dibutuhkan
  • Berbagi info bermanfaat
  • Memperluas jaringan dan teman 
  • Menambah pengetahuan dari membaca
  • Membantu penghasilan tambahan misalnya menyalurkan jasa yang berhubungan dengan kedigitalan ataupun lain-lain yang berhubungan dengan Niche blog.
  • Belajar lagi tentang dunia penulisan dan penyampaian informasi.

(-) Minusnya
  • Boros kouta internet, haha
  • Awas jadi terobsesi money 
  • Berhubungan lebih sering dengan gadget dan rentan menulari ke anak
  • Lebih rentan tidak bisa mengatur waktu ngeblog dan urusan rumah (jika tidak disiasati dengan bijak)
  • Sering terpapar gadget, harus ekstra jaga kesehatan mata, punggung, sakit kepala.



Saya jadi ingat tugas mengarang waktu SD setiap awal tahun pelajaran baru menjadi hal yang paling saya suka. Saya kecil suka sekali pelajaran bahasa Indonesia, karena seringnya dipelajaran itu kita membaca dan menulis, hmm mungkin inilah sebabnya saya jadi suka ngeblog. Namun setelah dipikir-pikir menulis saat sekolah lebih mudah dari pada menulis platform online, haha. bertemu SEO, saingan blogger ketjeh, master blogger, berkali-kali ngerasain down karena kalah lomba blog, haha. udah jangan bahas bagian ini nanti good moodnya ilang lagi, jadi down mood.

Baca juga: 7 Cara Menciptakan Good Mood Saat Ngeblog

Jadi kalo ada yang bertanya tentang plusnya ngeblog dapet money, saya akan menjawab itu adalah bonus dari ngeblog bukan tujuan utamanya, ngeblog untuk dapat uang (saya pribadi, gak tau deh kalo kalian 😂 kan beda-beda tujuan)

Karena kalo awalnya tujuan kita materi tidak akan bertahan lama di dalam dunia perbloggingan. Sama seperti proses belajar lainnya, ingin mencapai sesuatu maka kita harus belajar dulu, merasakan jatuh, bangun. Seperti iseng ikut lomba blog tapi gak pernah menang-menang, haha. Yakin deh kalo yang ngejar materi apalagi pengen yang instan, blog mereka juga gak bertahan lama ketika merasakan kalah.

Memang ada beberapa blogger yang berpenghasilan waaw dari blognya namun ya itu, karena memang mereka-mereka itu berbakat, konsisten, tekun, perangkat mumpuni, haha, dan masih banyak lagi penyebab keberhasilannya. Tapi tidak menjadi tolak ukur ngeblog untuk dapat uang. Ya itu balik lagi, rezeki-rezekian, tujuan kita ngeblog. Yang paling penting sih jalanin aja passion menulis mu, rezeki ngikutin dari mana saja. Toh gak harus berupa money kan? Pahala juga rezeki.

Tapi sejauh ini yang aku rasain sih lebih banyak plusnya. 😊


Yuk, Belajar ngeblog!


7 comments:

  1. Hihi kok sama sih mba, sekarang tujuan saya ya berkarya sebanyak nya dan memonetize blog ngga ada salahnya ya hihi semangatt

    ReplyDelete
  2. setuju….
    yang penting terus berkarya.
    # Thank you for sharing

    ReplyDelete
  3. Setuju dengan tulisan diatas...Kalau aku ngeblog karena hobi Corat coret jadinya senang banget sama yang namanya Nulis..

    Masalah dapat $$ itu mungkin dulu waktu belum punya buntut.... Kalau sekarang cuma nulis aja sudah senang aku..😄😄

    ReplyDelete
  4. Saya gak (belum) pengen monetize sih, kuatir gak sesuai kata hati, hehe.. Dinikmati aja, biar nanti ketemu sendiri dgn 'jodohnya' masing2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benerr, aku juga belum tapi rezeki mah dateng dari mana aja gak harus dari adsense ya

      Delete
  5. Suka baca artikel yang ini karena sama kayak diri sendiri.
    Kita melarang anak pegang hape tetapi kalau mau nulis di blog kudu sering - sering pegang gawai( karena kebetulan itu punyanya).
    Jadi kadang mengakalinya kalau malam banget pas anak tidur atau pagi banget pas belum bangun juga saat dia sekolah. Aman deh.

    ReplyDelete
  6. Minusnya cuman 1 yang sama mom, wkwkwk..
    Yaitu rentan gak bisa membagi waktu.

    Terlebih sekarang lagi ada di masa rempongnya punya anak bayi yang mulai belajar jalan, plus anak SD yang masih harus di asisteni jadwalnya.
    Plus masak, beberes, nyuci dan kawan2nya itu, gak ada sama sekali yang bantu pula, gegara di rumah cuman kami bertiga sedang misua jarang di rumah hiks.

    Kalau boros kuota mah, saya sejak dulu juga boros kuota, makanya dengan lebih produktif bisa nutupin borosnya.

    Trus kalau pegang HP mulu, Alhamdulillah masih bisa terkendali, berangkat dari sebelumnya saya bisnis pakai HP, jadi anak gak oernah protes kalau saya pegang HP, karena dia tau maminya 'kerja' :D

    ReplyDelete