semakin ia terlihat kumal semakin aku menyayanginya.
lima tahun berumah tangga bukanlah hal yang mudah, banyak sekali cobaan yang kami lalui bersama.
pernah waktu itu, ia membuat keputusan (yang menurut ku salah) untuk berwirausaha dan resign dari pabrik yang cukup bonafit, seketika membuat arah hidup kami berubah. memang benar kadang apa yang kita rencanakan tidak semuanya berjalan dengan baik. tapi entah kenapa, aku jadi lebih menuntut sebagai pelampiasan kekecewaan ku.

berawal dari keinginanku untuk mengontrak rumah (2 tahun pertama pernikahan masih ikut mertua)  memang agak sulit untuk seorang pekerja serabutan tapi ia berusaha mengimbangi permintaanku. belum sampai disitu aku mulai meminta banyak hal, seperti motor pribadi untuk bolak balik ke sekolah yang cukup jauh letaknya dan meminta suami harus sedia membiayai kuliah ku. aku sering merajuk minta di belikan laptop sebagai hadiah, tapi diam-diam ia harus menggadaikan hp nya untuk menambahkan biaya laptop, meskipun ujung2nya aku tahu dan marah. itu semua belum cukup untuk menebus kesalahannya, toh memang itu sudah kewajibannya kan??

tahun berganti dengan cepat, setiap mengingat kesalahannya selalu meninggalkan kekecewaan yang mendalam dihati ku. aku belum ikhlas menerima status pekerjaannya yang sekarang, iman ku turun entah ada dimana rasa syukur itu aku lebih banyak melihat kesalahan nya lalu melampiasankannya lagi. menuntut ini itu mulai dari hal kecil sampai sifatnya yang selalu aku kritik.

ia tidak pernah marah apalagi membentak, ia sangat sabar. apa pun yang ia bisa lakukan ia kerjakan demi  membuatku bahagia. tapi percuma rasanya hadiah-hadiah yang ia berikan seperti pakaian, gadget, hal hal kecil yang aku ingin kan, tidak dapat menebus kekecewaan ku terhadapnya.

belum puas sampai disitu, aku ingin menujukan padanya bahwa banyak kebutuhan yang harus ia penuhi. aku sengaja meminta uang belanja agak banyak untuk membeli beberapa kerudung, baju anak, gamis dan bayar jahitan baju untuk mengajar serta banyak lagi kebutuhan pribadi lainnya. waktu itu penghasilan yang ia kasih hanya cukup untuk membeli beberapa kerudung dan baju anak saja, entah karena sedang PMS atau apa aku kesal bukan main dan menyalahkan status pekerjaannya.

 "coba dulu tidak resign di pabrik, mungkin sudah karyawan tetap mungkin setiap bulan sudah terima gaji dan tidak pusing lagi mikirin bayar ini, itu tiap bulan!"

itu yang selalu aku sesalkan.......................

 ***

    Pagi itu ketika sedang mencuci celana yang biasa suami pakai untuk bekerja, aku perhatikan banyak yang reseltingnya sudah berkarat, kancingnya copot dan robek, warna baju nya pun banyak yang luntur. beberapa kali suami sering minta ku untuk menjahitnya tapi nihil rusak lagi rusak lagi. 
mungkin seharusnya ganti baru, beberapa celana jeans ini sudah lama sekali dari ia masih bujang.

tetapi ketika ada rezeki lebih aku lupa dengan pakaian usang suami dan merajuk minta dibelikan perabot dan pakaian (lagi). nanti saja deh, doi juga sudah biasa pakai baju ini, lagi pula untuk apa baju bagus bagus toh kerjanya  kotor kotoran.

   setiap kali aku melihat pakaiannya seperti saat mencuci, menyetrika, aku diganggunya lagi oleh penampakan baju nya yang kian usang dan berkurang. aku buka lemari baju, aku lihat berkurangnya baju lengan panjang yang sangat dia butuhkan untuk bekerja dilapangan, topi yang seharusnya ia pakai saat di bawah terik matahari, jaket yang sangat ia butuhkan untuk bekerja bolak balik menghadang angin dan hujan, sepatu yang seharus nya ada ketika ia butuhkan, bahkan sampai sepatu futsal yang sangat ia cintai ketika hobinya masih membara sudah tinggal kenangan.

kenapa baru sekarang terpikir oleh ku? aku flashback kebelakang.
dulu ketika masih bujang ia adalah lelaki yang sangat bersih, ia mempunyai selera fashion yang bagus. setiap gajian ia selalu mengajakku untuk shopping, ia mempunyai beberapa jaket, pakaian, sampai beberapa sepatu futsal favorite nya.  ia lelaki yang royal dan tidak pelit dan aku masih merasakan itu sampai sekarang.

ku pandangi sang suami setiap ingin pergi bekerja..
ia tak pernah mengeluh meskipun memakai pakaian lama nya dan banyak tambal jahitan. aku juga ingat, sesekali ia pernah bilang kalo ia butuh celana jeans, kemeja baru untuk kebutuhan acara-acara formal tapi ia selalu mengalah dan mendahulukan kebutuhan istri dan anaknya. entah sudah berapa lama aku tidak peka, aku baru menyadari begitu besarnya pengorbanan suamiku demi melihat anak istrinya tersenyum. ia lebih mementingkan kepentingkan keluarganya dibanding dirinya sendiri.

ya tuhan apa yang telah aku lakukan, selama ini aku selalu mengingat kesalahannya tanpa memandang kebaikan. padahal ia sudah membiayai hidup ku dan anak nya selama ini. aku mengingat kembali kenangan di saat kami sedang jatuh, ia tidak pernah ia bisa tidur tenang bila dalam sehari pun istrinya tak memegang uang, ia akan ikhtiar sampai pulang mendapatkan uang.


betapa perhatiannya, setiap pulang kerja ia selalu membawa oleh-oleh tanpa aku yang meminta entah itu makanan kesukaan atau jajanan favorite anaknya.
betapa romantisnya, ketika mendapat rezeki lebih ia selalu sisihkan untuk kebutuhanku seperti membelikan jaket saat musim hujan padahal ia lebih membutuhkannya.
betapa ia sangat penyayang, saat aku sakit ia pulang kerja lebih awal untuk menemaniku dan mijat kaki ku.

ingin sekali aku membalas kebaikannya dengan sebuah hadiah, meskipun 'kecil' dan tidaklah cukup di banding pengorbanannya untuk keluarganya. beberapa hari ini aku mengumpulkan upah dari penghasilan frelance menulisku, memang tidak banyak sih tapi cukup untuk membeli beberapa pakaian yang ku lihat di online shop sekaligus sebagai hadiah annversarry hari pernikahan kami yang ke 6th.


untuk menghemat uang, agar cukup mendapatkan yang dibutuhkan kita harus pintar-pintar memilih barang yang harganya terjangkau. aku memutuskan untuk memilih shopping online karena harganya pun tidak jauh beda dengan merk yang ada di mal mal (memang sebenarnya disini juga tidak ada dept store jadi lebih praktis shopping online) dan dari sekian banyak online shop aku pilih  elevenia yang harganya jauh lebih murah dengan barang yang sama di ol shop lainnya, terbukti setelah di ceki-ceki oleh aplikasi perbandingan harga.



lebih banyak sepatu klik disini

selain pakaian, ada beberapa Sepatu di elevenia yang dibutuhkan suami untuk bekerja di outdor. yang sebelah kanan paling atas adalah sepatu khusus pekerja lapangan. Ingat sepatu model ini dulu aku tidak suka karena kelihatanya tidak modis, berat dan besar. Tapi suami bilang yang terpenting saat bekerja itu bukan gaya tapi keamanan/safty dalam bekerja. it's wise dear!


lebih banyak pakaian pria klik disini

ia juga membutuhkan beberapa pakaian seperti celana, jaket, baju lengan panjang terutama baju formal untuk acara tertentu karena sudah lama sang suami pakai kemeja yang lama setiap ingin pergi kondangan :( 

selain untuk acara formal dan santai baju lengan panjang juga berguna sebagai pelindung lengannya saat ia bekerja berat, untuk menghindari goresan dan sengatan matahari yang membuat lengan putih bersihnya kini hitam legam. tapi gapapa aku suka, itu adalah salah satu tanda suami yang pekerja keras :)



lihat celana tactikal model trun back crime ini di elevenia, sangat cocok untuk pria yang aktiv seperti suamiku.


***


yang membuat ku merasa istimewa sampai saat ini adalah perjuangannya, nafkah lahir batin yang tlah ia berikan, pakaian yang bagus, makanan yang bergizi, tempat tinggal. dia adalah yang terbaik untuk ku dan aku ingin memberikan yang terbaik untuk nya.


aku suka dengan baju lama mu, aku suka melihat wajahmu yang gelap karena matahari, aku suka menyentuh tangannya yang hitam dan kasar. suamiku, jangan pernah kau lepaskan genggaman mu dan jangan pula kau hapus keringat mu, karena dibalik itu semua kamu rela mempertaruhkan nyawa mu demi menghidupi anak istri mu.


mungkin ia bukan karyawan tetap seperti yang aku inginkan, mungkin dia tidak bertitel seperti yang ku impikan tapi aku sangat menysyukuri apa yang telah aku dapat sekarang..

*Tuhan, aku bersyukur kau menjodohkan ku dengan lelaki yang sabar tidak pernah main kasar seeprti kebanyakan lelaki diluar sana
*Tuhan, satu per satu kau mengabulkan permintaanku melalui suamiku tapi aku tidak pernah melihat itu, ampunilah aku
*Tuhan, ini lah kehidupan ku yang lebih baik karena kau kirimkan lelaki pengganti almarhum ayah ku yang bertanggung jawab atas diriku dan kebutuhanku.





    pelajaran itu sangat berharga, untuk mendapatkanya kita harus tahu rasanya susah. sangat beda ketika ia masih menjadi karyawan, setiap gajian belanja tanpa perhitungan, bekal sudah habis sebelum tanggal tua, hutang pun menumpuk sudah biasa. sekarang ia mencoba memperbaiki kehidupan kami meskipun tidak ada tanggal gajian tapi kehidupan ini sangat sejahtera, seperak dua perak tidak pernah kelaparan, hutang pun tinggal kenangan, hanya cicilan untuk bayar kontrakan dan tabungan sedikit demi sedikit selalu ada untuk masa depan kami. astagfirllahullazim, selama ini aku sudah sudzon terhadap ilahi?! padahal ALLAH telah  menjamin rezeki mahluknya melalui sang suami.

 "dan orang yang bersyukur itu adalah orang yang paling bahagia di dunia"


Kalian  pasti sudah tidak asing lagi dengan jargon "Pop ice Idolaku" Siapa yang tidak tahu  minuman MilkShake yang mengandung susu ini, pertama melunjur di awal tahun 2000an langsung mem'booming. saya masih ingat sekali waktu itu saya masih duduk di kelas 6 SD awalnya Pop ice  terkenal dengan macam-macam taburan toppingnya sampai wadahnya nya yang menarik membuat anak-anak sampai orang dewasa penasaran dan ketagihan dibuatnya. mulai dari topping agar-agar sampai taburan special seperti keju membuat pop ice tidak pernah bosan untuk dinikmati sampai sekarang dan yang paling penting selalu jadi senjata orang jualan, hehe.

Bahkan ada levelnya mulai dari standar sampai super sepecial. buat anak kampung seperti saya nyobain level standar aja udah seneng, dulu harganya masih 1500 biasanya saya beli di warung belakang rumah. pop ice yang sudah diblender dibungkus di plastik lalu di tambahi agar2, seres dan susu. tapi beda lagi kalo pop ice tingkat kota yaitu level super special. Pop ice di kemas dalam wadah gelas yang ada tutupnya/gelas unik, toppingnya pun lengkap mulai dari agar-agar, cincau, susu, seres, susu/selai, astor/chokolatos panjang, cookis/oreo, keju, chokochips warna warni plus buah aslinya. dulu harganya masih 5000 sekarang 8000-12.000 tergantung tingkat toppingnya. 

dan untuk melunaskan rasa penasaran saya waktu itu, sepakatlah saya dan teman-teman naik sepeda dari kampung bantargebang ke bekasi timur, sambil ngabuburit kira-kira jauhnya 5 kilo. ga ada 'kata jauh' dipikiran segerombolan anak-anak SD saat itu, yang ada enaknya ngabuburit sambil ngebayangin buka pake Pop ice versi anak kota sambil nongkrong aseek, pas udah sampe eh.. yang ngantrenya bejibun yo wis lah tak jabanin demi MilkShake favorite hehe.

 

Photo ini saya ambil di tempat hiburan anak-anak di dekat rumah dan hampir semua pedagang minuman disana berjualan Pop ice. selain mejadi jajanan favorite semua umur harganya pun sangat terjangkau untuk jatah jajan seorang anak dengan sebuah pop ice bertopping lengkap. kalo kesini tanpa jajan pop ice rasanya kurang afdol. dimana ada pasar malem disitu ada pop ice, hehe.



Pop Ice Choklat it's My Favorite!


dari zamannya bocah sampe punya bocah pop ice rasa choklat selalu jadi favorite hehe. #memang pecinta rasa coklat siii.... Hihi. Selain coklat itu enak,  manis, bikin good mood, coklatnya pop ice itu berasa banget. dulu, waktu pertama kali keluar pop ice ini cuma punya tiga rasa andalan loh, choklat, strawberry dan chapuchino dan ketiga-tiga nya saya suka. abis choklat ke strawberry lalu kepo rasa chappuchino balik lagi ke choklat, bosan rasa strawberry balik lagi ke choklat.

 sampai sekarang varian rasa pop ice terus bertambah sampai 25 rasa. sama seperti dulu kepo-kepo pingin rasa terbaru atau rasa apa yang belum pernah saya cobain saya beli ujung-ujungnya balik lagi ke rasa choklat, hihi. Sebenarnya dari 25 rasa pop ice semuanya enak. Passs banget rasa buahnya yang asli dan susunya yang full bikin ga pernah kecewa buat pilih variasai rasanya. 

POP ICE My Recommend !
1. Choklat/Choco cream/Choco cookies/Choco milk
2. Vanilla blue
3. Chappucino
4. silahkan isi sendiri menurut selera kalian ya.....

Kenapa Banyak Orang yang Suka Pop ice?



Mengandung Susu  -> Pop Ice lebih dipilih sebagai jajanan sehat dibanding minuman yang lain karena mengandung susu lebih banyak.
Lulus BPOM -> aman di konsumsi anak-anak karena sudah terdaftar di BPOM. dan belum pernah masuk daftar jajanan yang berbahaya. tidak seperti minuman lainya yang masih beredar meskipun sudah masuk daftar jajanan berbahaya.
25 Varian rasa yang lengakap -> 25 varian rasa seperti choklat, choco cream, choco cookies, choco milk, vanilla blue, strawberry, durian, grape, melon, leyche, guava, avocado, doger, blueberry, soursop, mango, taro, green beans, chappucino, moccachino, vanilla latte, choffe milk, avocado chappuchino, strawberry yougrt, dan bubble gum.  bikin ga pernah bosen untuk dinikmati karena rasanya yang beraneka ragam.
Mudah di Kreasikan -> banyaknya varian rasa dari pop ice membuat kita tidak kehabisan ide kreatif untuk mengkreasikan minuman yang unik. ini yang menjadi nilai plus dan ciri khas tersendiri untuk pop ice.
Harga terjangkau-> harganya juga sangat terjangkau untuk mendapatkan minuman unik ini dan pas dompet bagi semua kalangan umur.
Cocok untuk usaha minuman -> kalo dagang pop ice jangan takut sepi, pop ice selalu jadi andalan para pedagang dari dulu sampai sekarang. selalu ada saja cara kreatif yang menjadikan minuman ini unik yang bikin pelanggan terus berdatangan.
Ada Dimana-mana -> nah, kalo yang ini udah gak asing lagi. parents ga usah cape jauh-jauh seperti nge'bolang ala saya waktu kecil, hehe. karena minuman Pop ice sudah ada dimana-mana, di sekolah, di tempat ramai/tempat umum, di tempat hiburan, kantin, warung pinggir jalan, kafe, pasar dan lain-lain.


dari saya kecil sampai sekarang Pop ice selalu menjadi pilihan jajan sehat keluarga saya. apalagi sebentar lagi mendekati bulan ramadhan. pop ice selalu bisa diandalankan untuk minuman berbuka puasa.
okey, sedikit saya kasih contekan resep pop ice doger ala bunda bella, hehe. di catet ya...

Pop Ice Doger Pink Coco Pandan

Bahan:
- 3 bungkus Pop ice rasa doger (untuk 3 gelas)
- es batu secukupnya
- 3 sdm santan masak
- syirup cocopandan secukupnya
- kelapa muda
- nata de coco atau bisa juga agar-agar yang sudah di potong kubus kecil2
- susu putih kental manis

Cara membuat : 
1. campurkan es batu dan 3 bungkus pop ice doger dengan air secukupnya. tambahkan susu kental manis,  lalu blender sampai esbatu halus.
3. siapkan gelas besar. beri susu kental manis di setiap sisi dinding dalam gelas, lalu masukan agar-agar/nata de coco, syirup cocopandan sesuai selera, Dan santan. 
4. ketika pop ice yang sudah di blender sudah siap, tuang ke dalam gelas besar tadi pelan-pelan agar syirup cocopandannya tidak langsung larut. 
5. finaly, beri sentuhan akhir dengan potongan kelapa muda Dan tuang susu putih kental manis. Pop ice doger siap di nikmati! 

bagaimana parents, tertarik untuk mengkreasikan pop ice untuk berbuka puasa juga?
sekian ulasan  tentang Milkshake Favorite saya. 

jadikan lah hidup mu lebih berwarna dengan berbagai kreasi pop ice yang seru!
Bagaimana dengan pop ice favorit kamu?


Siapa sih yang gak suka traveling keliling dunia? semua orang pasti suka jalan-jalan tapi tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tamasya keliling dunia (boro-boro keliling dunia ke pasar malem aja saya udah seneng, hehe) apalagi yang namanya jalan-jalan itu butuh uang yang ga sedikit. mungkin diantara kita berpikir "orang yang suka jalan-jalan adalah orang yang banyak uangnya" karena besarnya ongkos yang kita keluarkan untuk biaya transportasi, akomondasi dan sebagainya. jika masih berpikir seperti itu, segera ubah cara pandang kalian jika sudah baca Buku Bisnis "Laris Manis Wisata Halal" yang ingin saya ulas.

menjadikan hobi jalan-jalan sebagai peluang bisnis yang bisa menghasilkan uang, kenapa engga?! kerja nya cuma jalan2 keliling dunia serombongan, sekeluarga! asyik banget kan.  apalagi jika kalian yg punya jiwa adventure, cocok banget deh buat di jadikan ladang usaha sambil cuci mata.
loh, emangnya bisa?? bisa lahhh..

sebenarnya buku bisnis ini berbentuk e-book sebagai launching perdananya, sekaligus hadiah akhir tahun untuk para pembaca. yang membuatnya menarik adalah kita bisa membacanya dengan cara mendwonload terlebih dahulu tanpa harus repot beli atau cari-cari di toko buku. buku ini juga cocok sekali untuk referensi buat kalian yang sedang bingung mencari usaha atau peluang bisnis. jika ingin serius belajar tentang bisnis travel, tidak ada salah nya kita contek.


Review Buku : Laris Manis Wisata Halal


Antara Berbisnis, Traveling dan Ibadah..
sebuah buku karya Cheriatna seorang ayah dari 9 anak. beliau adalah seorang praktisi bisnis wisata halal. berawal dari hobinya jalan-jalan ternyata jadi 'wadah usaha' menghasilkan dollar. lewat tulisanny ini beliau berbagi petualangnya tentang bisnis travel wisata halal yang tengah ia geluti. buku ini dikemas dengan sampul yang menarik dengan gambar ilustrasi : sebuah koper yang di bawa balon udara. tulisannya sangat rapi, dan mudah dimengerti serta detail gambar infograis yang lengkap. dan yang lebih penting mudah dipelajari!

melihat animo masyarakat untuk berwisata halal sudah menjadi tren. perkembangan pariwisata yang semakin terus meningkat setiap tahunnya adalah peluang usaha yang menjanjikan di masa depan.
sesuai dengan temanya "Wisata Halal" visi dan misinya pun lebih fokus pada kebutuhan muslim pecinta traveling. mulai dari sarana ibadah, bahkan kuliner pun diperhitungkan ke halalan nya. ini yang paling utama karena beda negara beda juga makanannya, seperti yang kita ketahui jika muslim bertamasya keluar negeri yang mayoritas non islam, dalam hal memilih makanan akan menjadi sangat ribet karena islam sangat mewajibkan kehalalan makanan yang kita konsumsi. di cheria travel mas cheriatna, telah bekerja sama dengan restoran muslim di berbagai negara yang sudah bersertifikat halal. jadi aman dan tenang deh..



saking terbuainya dengan pesona alam, membuat kita lalai dalam beribadah. terutama buat kita yang beragama islam susahnya cari masjid untuk sholat akhirnya jadi malas sholat. yang kaya gini hayo ngaku?!...
tenang saja tujuan destinasi cheria travel selalu membidik pusat wisata yang dekat dengan tempat ibadah seperti masjid camii di jepang, taman budaya etnis muslim hui nigxia di cina dan yang paling utama di dalam wisata halal itu, tidak adanya aktivtas haram seperti perjudian dan minum-minuman berakohol selama dalam perjalanan wisata. bukan hanya muslim saja, parawisatawan non muslim pun banyak yang memilih "wisata halal" ini karena dipilihnya lebih nyaman dan aman, dari segi makanan sampai aktivitas yang positive.

Cara Mudah Keliling Dunia Gratis

tidak ada bisnis yang langsung sukses semua butuh proses termasuk belajar dan terjun langsung untuk memulainya. cheriatna hanya lulusan SMA dan bukan seorang kaya raya ketika ia memulai bisnis travel, di dalam buku ini ia menerangkan langkahnya memulai bisnis travel wisata halal, dengan kemauan dan kerja keras yang bikin kita kagum dan terispirasi.
lengkap dengan beberapa tips mengembangkan bisnis travel dengan   memanfaatkan teknologi informasi digital. seperti yang kita tahu perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh besar, apa-apa serba online dan mayoritas pembelian tour adalah lewat onlie. benar apa betul??

Testimoni Pengguna Wisata Halal dan Cuplikan Gambar Jalan-jalan Keliling Dunia


Diakhir buku, ada banyak testimoni pengguna wisata halal serta beberapa photo cuplikan wisata di luar negri maupun dalam negeri, yang (asli) bikin kita iri! seperti selfi di langit turki pakai balon udara, sampai main salju (maklum belom pernah keluar negeri apalagi maen salju #mupeng). di balik kebahagiaan menikmati pesona alam ada  rekan kerja tim yang solid di balik suksesnya bisnis travel "wisata halal". dan saya yakin jika kalian termasuk pecinta adventure, melihat keindahan alam dan keagungan tuhan itu menambah keimanan kita terhadap sang pecipta.


Buku Bisnis ini cocok sekali buat kalian yang bingung mencari usaha tanpa modal besar. karena isinya tentang panduan bisnis usaha travel Wisata Halal. apalagi jika kalian pecinta traveling sejati, dari pada ngabisin uang kenapa enggak berbisnis sambil travel? bukan uang yg keluar tapi dolar yang masuk ke rekening tabungan, asyik kan hehe...
prospek kedepannya, bisnis travel "wisata halal" ini sangat tepat sasaran pasar internasional di bidang pariwisata. jadi jika ingin serius berbisnis travel belajar lah dari sekarang.

sebenarnya hampir tidak ada kekurangan Buku Bisnis ini tapi hanya satu, halamanya yang sampai 87 tergolong sedikit, mungkin karena berbentuk file pdf  dan masih bentuk promosi kali ya (udah gratis minta banyak lagi, #keterlaluan nih emak2 hehe) next, saya berharap sekali mas cheriatna segera mencetakannya. saya yakin jumlah halaman aslinya lebih dari 87 dan lebih dibanyakin lagi sharing ilmunya yang lebih difokuskan, mulai dari tahap pemula membangun bisnis travel sampai berkembang hehe.

"Biarkan Staf kita yang sibuk bekerja, dan Bos nya Jalan-jalan"

by cheriatna

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Semoga Bermanfaat!




Alhamdulilah ketemu lagi sama pembaca setia sahabat parents, trimakasih sudah mengunjungi blog saya.  hari ini saya mau update "Daftar Lomba Blog Februari - Maret 2017" ada yang mau ikutan? ayooo bareng2 saya, lumayan kalo menang buat nabung hadiahnya dan kalo belum beruntung di edisi januari lalu tetap optimis ya,  maksimalkan lagi belajarnya. bulan ini blog competitionnya cukup banyak  jangan lupa dicatat n bookmark! hehe. okey, lansung aja ya...

Februari 2017


1. Story Telling Competition Sunpride imlek  
ayo gunakan imajinasimu dengan membuat Story telling antara ayam dan jeruk di Facebook, twitter, Instagram atau blog. hadiahnya paket buah (untuk Jabodetabek) atau uang tunai @250rb untuk luar jabodetabek. deadline : 1 februari

2. Lomba Blog Bank BTN
temanya “Transformasi Digital Bank BTN Dalam Meningkatkan Layanan Perbankan" jika sudah di posting di blog pribadi masing-masing, kalian harus mendaftarkan diri di disini.
hadiahnya 11 juta lebih untuk 5 orang pemenang
deadline : 3 februari
3.Lomba Resensi Buku: Laris Manis Wisata Halal.
yuk ikutan! gampang banget karena bukunya berbentuk e-book, kita tinggal dwonload aja dan gratis ga pake ribet. hadiahnya banyak bgt, kesempatan menang jadi lebih besar, hehe.
#3 pemenang utama mendapatkan tiket gratis ke wahana trans studio bandung plus menginap selama 1 malam di hotel trans studio.
#pemenang ke-4 uang tunai 1jt
#pemenang ke-5 uang tunai 750rb
#pemenang ke-6 uang tunai 500rb
#pemenang ke-7 uang tunai 250rb
#20 pemenang selanjutnya, mendapatkan kaos buku laris manis wisata halal
#1 pemenang khusus akan mendapatkan tour derawan, dengan s&k khusus.
deadline : 3 februari
Temanya adalah Glorimelamine.com Produsen Peralatan Makan Industri Horeka terbaik di indonesia. Deadlinenya 5 Februari 2017. Hadiahnya uang tunai jutaan rupiah dan voucher belanja.

Baca selengkapnya di: http://www.kangmasroer.com/2017/01/daftar-lomba-blog-februari-2017-update.html

4. Kompasiana Beyond Blogging
temanya "Menurut Anda,Apa Peran Blog dan Blogger?". total hadiahnya : 7 juta untuk 7 orang pemenang. deadline : 5 februari

5. Kontes SEO Glori Melamine.
sekarang deadline nya di perpanjang loh, temanya adalah "glori melamine produsen peralatan makan industri horeka terbaik di indonesia" hadiahnya uang jutaan rupiah dan voucher belanja. deadline : 5 februari

6. #LawanNeuropati blogging competitiontemanya adalah "waspada neuropati mengintai gaya hidup kamu" total hadiahnya 10 jt untuk 4 orang pemenang. deadline : 10 februari

7. Blog Competition WTC eMall
temanya adalah "WTC eMall tempat nongkrong yang asik buat komunitas" hadiahnya samsung a7 dan masih banyak lagi. deadline : 11 februari

8. Kompetisi Menulis #KasihSayangHipwee
ada 5 pilihan tema, hadiah utamanya kamera polaroid instax dan masih banyak lagi. deadline : 14 februari
Kontes SEO Glori Melamine. Temanya adalah Glorimelamine.com Produsen Peralatan Makan Industri Horeka terbaik di indonesia. Deadlinenya 5 Februari 2017. Hadiahnya uang tunai jutaan rupiah dan voucher belanja.

Baca selengkapnya di: http://www.kangmasroer.com/2017/01/daftar-lomba-blog-februari-2017-update.htm

9. Gamatechno.com blog writing competition,
temanya adalah "membangun smart city dengan pemanfaatan teknologi informasi" total hadiahnya 3jt lebih. deadline : 14 februari

10. ABAH Blog Writing Competition,
temanya "Share Your Digital Marketing Stories". Jadi, kalian sharing tentang pengalaman digital marketing yang pernah kalian alami di dalam sebuah tulisan blog. hadiahnya,
Juara 1  : 3,5 jt
Juara II : 2 jt
Juara III: 1 jt
Juara 4&5 @250rb dan 10 artikel favorit mendapatkan merchandise senilai 100rb
deadline : 18 februari

11. Lomba Menulis Surat Cinta di Vemale.com
temanya adalah "surat cinta untuk nya" jadi tugasnya kita menulis surat cinta untuk orang yang kita sayangi. hadiahnya 4 tiket masuk jungleland adventure theme park, bogor. deadline : 18 februari

12. Blog competition : Reksa Dana Online, Investasi aman & mudah
temanya adalah "investasi reksa dana online aman dan mudah, bersama danareksa investment managemen". dengan total hadiah 10 jt. deadline : 21 februari

13. Kompetisi Blog BPJS Ketenagakerjaan di blog.detik.com
temanya adalah "bahagia di hari tua bersama BPJS Ketenagakerjaan" total hadiahnya menggiurkan bangettt, 30 juta rupiah! waww bgt. deadline : 23 februari

14. Omiyago Blog Competition
temanya tentang "kuliner indonesia" hadiahnya tiket pesawat PP* CGK-YOG & paket special omiyago untuk juara I , dan paket lainnya senilai 500rb dan 300rb dari omiyago. deadline : 25 februari

15. Langit Musik Blog Competition
 temanya adalah "Review aplikasi langit musik" total hadiahnya 14,5 jt. deadline : 27 februari

16. Jogjavancaza Ulas Wisata Jogja
temanya "mengulas wisata jogja". hadiahnya macam-macam mulai dari kamera, uang tunai hingga free trip untuk hunting sunrise di puthuk setumbu. deadline : 28 februari

17. Lomba Blog AntMediaHost
temanya adalah "resolusi online 2017 bersama dedicated server AntMediaHost." hadiahnya gadget keren dan masih banyak lagi. deadline : 28 februrari

18. Kompetisi Blog E-commerce iprice
temanya adalah "strategi menanggulangi dan meningkatkan kepuasan pelanggan E-commerce" hadiahnya 2,5 juta. deadline : 28 februari

19. Pop ice Blog Competition
temanya adalah "Milkshake Favorite gue" hadiah utamanya apple iphone 7, dan masih banyak lagi gadet-gadget keren nya, loh!.. deadline : akhir februari

20. Lomba Menulis Konten Menarik
temanya adalah "adamsyf.com jasa penulisan termurah dan original" hadianya ada pulsa, voucer internet dan template premium, lumayan kan.. hehe. deadline : 24 februari

MARET 2017

21. Lomba Blog Hooq Story Telling
temanya adalah "pengalaman menonton di HOOQ kapan saja dimana saja" hadiahnya utamanya uang 5jt dan iphone 7, pemenang ke II 7jt, pemenang ke III 5 jt, belum lagi total hadiah referalnya hampir 3jt, lumayan kan. deadline : 3 maret

22. Lomba Blog Riau untuk Dunia
temanya adalah "Media online dari Riau untuk Dunia" total hadiahnya 3 juta lebih. deadline : 4 maret

23. Lomba ide gila Pertamina
temanya adalah "ide gila energy competition" total hadiahnya 500 jt! waww bnget, hehe. deadline : 5 maret

24. Kontes Blog Muslim ke-5
temanya adalah "teladan gus dur untuk indonesia mercusuar dunia" total hadiah jutaan rupiah plus sertifikat. deadline : 24 maret

25. Blog competition Datsun
Temanya adalah "my dad my super hero" hadiah utama nya liburan ke korea dan voucher belanja jutaan rupiah. Deadline 19 maret

26. Kompetisi blog LUNA smartphone
Temanya adalah "menceritakan tentang bagaimana kita menjadi gravitasi di lingkungan sekitar" dan "menceritakan keunggulan smartphone luna yg memiliki kemampuan photografi setara iPhone 6" total hadiahnya 25 juta ,10 jt untuk hadiah utama. Hmmm, lumayan bgt. Yuk ikutan sebelum deadline 20 april.

okey sampai disini Daftar Lomba Blog Februari - Maret 2017 , jika ada info lagi bisa diupdate nanti. yuk, menulis!

Jika tulisan ini bermanfaat, Silahkan di SHARE!


  Beberapa blogger perempuan yang saya kunjungi, mayoritas mereka mereview sebuah kosmetik (wajarlah namanya juga perempuan, hehe) mulai dari kosmetik yang diikutkan blog competition sampe kosmetik milik pribadi. ada yang produk lokal (citra, wardah), jadul (kelly) sampe merk kenamaan (loreal, revlon dll). hmm, sepertinya menarik untuk sekedar berbagi pengalaman.

nah, Sahabat Parents kali ini saya juga ingin mereview hand n body andalan saya yang gak kalah bagusnya sama merk luar. 100% indonesia, harganya lebih murah tapi kualitasnya gak murahan. Yups! Marina H&B UV White series ..!

Kenapa saya lebih memilih Marina UV White?


saya yang warna kulit aslinya kuning langsat, semenjak SMP kulit jadi belang terutama bagian betis, leher dan lengan belakang. di perparah lagi efek iklim beda daerah (yg tadinya anak rumahan di bantargebang) berimigrasi ke indramayu yang hampir seluruh daerahnya terbenetang persawahan luas sejauh mata memandang.

semenjak menikah saya ikut suami yang lokasi rumahnya di pinggir jalan raya dan di kiri kanannya persawahan. persawahan di  dekat pesisir pantai beda dengan yg di pegunungan. lebih gersang tidak ada saung ataupun pohon di tengah2nya hanya sawah yang terbentang luas. efeknya langsung ke kulit (bukan belang lagi ini mah, tapi item kusem ga eksotis udik deh pokonya hhe) ditambah abis lahiran anak pertama lebih dakian, hehe (efek bumil). rajin pakai handbody dari SMP pun ga mempan, udah banyak ganti2 mulai dari Cit**, Pon**, Niv** spf 30 sampe 50Xekstra whitening, vasl**, shinz**, lulur bali tetep ga ngaruh.

waktu itu saya mau beli h&b di alfamart, saya tergoda lihat promo Marina  UV White warna pink 8000/200ml cuma setengah harganya dari produk henbodi kenamaan lainya. cuss langsung saya beli ...
#alasan pertama : emak2 yg rajin menabung kalo beli sesuatu lihat harganya, hehe.
#kedua : saya teliti kandungannya dan marina uv mempunyai 5 kandungan sekaligus (vit. B3, & C Ekstrak mullbery + lemon dan tabir surya) yang udah terbukti secara kinis memutihkan. 
biasany produk yang lain hanya menggunakan 1-2 macam ekstrak misalnya hanya vit.B3 yang diunggulkan atau aloevera/mullberry/lemon/licorice) kapok pakai yang mahal yang sudah spf 30, 50x ekstrak whitening malah tambah gosong.

ga kerasa udah sebulan, dan pas 1 botol marina uv 200ml mau habis saya berpikir mau beli yang mrek apa lagi ya? pas di ceki2 baru sadar kalo warna kulit kembali seperti semula alias cocok pakai marina ini, malah makin putih.

dari situ saya percaya sama marina, "ternyata jauh lebih mujarab daripada merk luar". satu tahun sudah memakai yang warna pink, penasaran juga pingin coba2 varian lainnya, semuanya ada 5 dan ternyata semua sama bagusnya.

Detail Produk bisa klik disini


Recomend Marina UV White versi Bunda Bella
1. Bright & Fres (warna putih pink) it's perfect !
2. Exstra SPF 15 : efektif mencerahkan. minus kurang wangi
3. Hydro Cool : adem banget, wanginya juga segar. minusnya aga lengket dan kalo pemakaian ga rata bisa ngegumpal
4. Healty n Glow : mengandung susu, cepat bikin kulit lembut n kenyal. minus saya tidak suka bubuk mutiaranya karena menurut saya tidak berguna hanya efek glow saja.
5. Extra SPF 30 : belum pernah coba sih, pernah baca informasi untuk wanita indonesia SPF 15 saja sudah sangat cukup. (trauma dulu sering pake yang SPF 30 malah gosong)

 sampai ikut naksir juga sama body spraynya marina, loh hehe.

baru kali ini saya jatuh cinta n percaya sama produk kosmetik (asli bukannya promosi, tapi beneran cocok) soalnya dulu, gampang banget percaya sama iklan, hihi dan biasanya kalo urusan makeup dan kosmetik saya cuma ikiut-ikutanan orang atau tren (kosmetik apa yg sedang booming? beli). ngaku, kalian juga begitu kan! hehe.

Kesimpulannya.........
  • memakai tabir surya yang SPF paling bagus pun tidak menjamin bisa mencerahkan kulit, kalo kulit kita tetap saja kena sinar matahari langsung. coba perhatikan hampir semua h&b mencantumkan di labelnya, "jangan terkena matahari langsung meskipun sudah memakai h&b bertabir surya." jadi pastikan setengah jam sebelum outdoor sudah memakai h&b. jika kita mau keluar rumah di jam-jam siang selalu gunakan hijab/baju panjang/kaus kaki/masker/sunglass (kacamata hitam)/ sarung tangan jika mengendarai motor.
  • berawal dari saya memutuskan untuk berhijab ga copot pasang lagi kaya dulu (selain ingin mendekatkan diri kepada sang pencipta, ternyata berhijab 'ng'efek juga melindungi kulit dan segala macam yang merugikan wanita)
  • ada cara yang paling ampuh, nih. lakukan pemakaian h&b sebelum tidur atau sesudah shalat / wudhu (ademmm bgt) lakukan lah setiap hari secara rutin.
Catatan :
#kalo beli di toko klontong harganya jauh lebih murah di banding minimarket, rata2 8000/200ml dan 16.000-18.000/500 ml.
#semahal dan sebagus apapun H&B yang aman itu, tidak dapat merubah warna asli kulit kita. so..tetap syukurilah apa yang udah tuhan anugrahkan.
#dan tetap melakukan perawatan, karena jasmani itu merupakan amanah yang harus dijaga, bukan?

Kalo kalian apa hand body nya? 

Peran ayah sebagai pencari nafkah, bukan berarti menumpahkan semua urusan anak kepada sang ibu. jika parents masih mendidik dengan cara ini, ini adalah pemahaman yang salah yang harus parents ubah, sebelum terlambat. justru sosok sang ayah dalam keluarga itu sangatlah penting. bukan hanya  pencari nafkah tapi menjalankan perannya sebagai "pembentukan karakter anak" dan ini sangat berpengaruh di masa depannya karena saat remaja adalah saat si anak mencari jati dirinya.

Orang tua yang tidak mempunyai ilmu tentang parenting, akan menghasilkan:
  1. Degradasi psikis, yang menghasilkan anak-anak yang lemah. Dari anak-anak yang lemah, akan menjadi laki-laki yang lemah. Dan kelak akan menjadi ayah yang lemah, selanjutnya  akan mencetak anak-anak yang tidak berkualitas. Hasil penelitian secara psikis terhadap anak jaman sekarang mengungkapkan bahwa psikologi anak jaman sekarang adalah setengah umur biologis nya. Anak kuliah berprilaku seperti anak SMP. Anak SMP berbicara seperti anak TK “ciyus, miapah, dll”
  2. Fenomena cabe-cabean dan anak alay. Apa sih anak Alay itu?? Yaitu anak yang mati pola pikir/thinking shock, dengan ciri-ciri :
  • Tidak bisa memilih/membuat keputusan. “Kamu mau makan apa? Hmmm terserah deh… “
  • Diajak sholat hayuk, diajak maksiat hayuk… Pagi ke majlis ta’lim, malam dugem
  • Tidak bisa describe. “Yaaa gitu deh..”
Fenomena Father Hunger
banyak anak yang ber'ayah namun serasa yatim karena kurangnya ikatan antara ayah dengan anak. Sehingga terjadi kerusakan psikologis yang diderita anak-anak karena kehilangan sosok ayah. Anak yang dekat dengan ayahnya cenderung menjadi pribadi yang percaya diri dan mudah beradaptasi dengan lingkungan luar. ketika seorang ayah bisa menjalankan perannya, maka anak akan menyimpulkan bahwa dunia luar aman baginya.

Stimulus pagi hari, hasil penelitian anak akan termotivasi menjadi sosok orang yang membangunkan dia di pagi hari… Anak yang dibangunkan oleh ayah akan lebih sukses daripada yang di bangunkan oleh ibu. Karena di mindset anak ayah adalah sosok penuh challenge sementara ibu lebih kepada urusan domestik dalam rumah.


Efek dari Father Hunger
  1. Kurang dapat beradaptasi dengan lingkungan luar. Sekolah nempel terus ke ibunya minta ditungguin.
  2. Minder.
  3. Gay/melenceng orientasi seksual. Hasil riset mangatakan bahwa 100% gay adalah karena kehilangan sosok ayah.
  4. Kesulitan dalam belajar.
  5. Perasa/susah mengambil keputusan. Hal ini karena kebanyakan diasuh ibu.
  6. Pada anak perempuan, akan susah membuat kriteria pasangan. Bagi anak perempuan yang dekat dengan ayahnya, dia akan dengan mudah menentukan kriteria pasangan hidupnya. Pasangan hidup seperti apa yang dia cari? Yang seperti ayah saya.. Karena seharusnya seorang ayah adalah first love bagi anak perempuan nya.
Kebutuhan dasar anak wanita:
  • dicintai
  • disayangi
  • dipuji
Tahu kah kamu nak, tidak ada satu lakilaki di dunia ini yang mencintai kamu melebihi cinta ayah kepada kamu.
Nak, tidak akan ayah biarkan satu lakilaki pun menyakiti hatimu.
Buat ayah, kamu adalah princess ayah, putri ayah yang paling cantik.
Anak-anak perempuan yang saat kecilnya tidak mendapatkan ketiga hal di atas akan haus kasih sayang, sehingga ketika beranjak dewasa sangat mudah dirayu oleh laki-laki karena dia mendapat apa yang tidak dia dapatkan seharus nya, laki-laki yang memuja dia. Akibatnya dengan mudah menyerahkan diri dan kehormatan nya.
Buat wanita yang sudah menikah, kalo menghadapi masalah dalam rumah tangganya dia akan mudah give up, menuntut cerai dengan suami, dan dengan mudah menyimpulkan bahwa semua laki-laki brengsek.

Saat ini banyak anak berayah namun yatim, karena fungsi ayah saat ini hanya 2 :
  • memberi nafkah
  • memberi ijin nikah
Ayah tidak tahu kapan anak laki-lakinya mimpi basah, subuh ketok pintu “Bangun, sholat ke masjid!” si anak tidak tahu bahwa dia mimpi basah dan harus mandi junub. Berangkat ke masjid tanpa mensucikan diri.
Padahal 58% anak Indonesia mengalami mimpi basah pertamanya saat kelas 5 SD (pubertas dini)! Sementara menurut Kementrian Diknas, pelajaran mandi junub baru diberikan saat kelas 2 SMP. Bayangkan selama berapa tahun si anak sholat ibadah nya tdk sah?

Baca Juga Anak tumbuh menjadi nakal? intropeksi cara mendidiknya!

Fatherless Country
Coba kita perhatikan anak-anak sekarang di sekitar kita:
  • 0-2 tahun pengasuhan full oleh ibu.
  • Usia pre school, 90% guru di sekolah-sekolah pre school adalah perempuan.
  • Usia TK, tenaga pendidik juga kebanyakan perempuan.
  • Usia SD, tenaga pendidik mayoritas ibu-ibu.
Padahal 0-7 tahun adalah golden age dalam pembentukan karakter, harus imbang stimulan ibu dan ayah.
Bayangkan saat sosok Umar ibn Khatab diceritakan oleh Ibu Guru, maka tdk bisa diceritakansecara heroik. Seharusnya sosok Umar itu gagah perkasa dan tegas. Sosok ibu-ibu kurang bisa mempresentasikan karakter Umar.

Al ummu madrasatul ula“, seorang ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Maka seorang ayah harus bisa berperan sebagai kepala sekolahnya.
Apa fungsi seorang kepala sekolah?
  1. Membuat tenaga pendidiknya nyaman. Nyamankan istri mu, bahagiakan istrimu. Itu adalah hal terbaik yang bisa anda berikan kepada anak-amalmu. Saat istri kita bahagia maka anak kita akan di besarkan dengan bunga-bunga yang indah. Namun sebaliknya saat istri kita tidak bahagia, tidak diperhatikan hidup dan kesejahteraannya, maka dia akan membuang emosi sampah kepada anak-anak kita.
  2. Menentukan visi dan misi anak didiknya. Mau dijadikan apa anak anak didiknya. Ayahlah yang menentukan lantas mensosialisasikan kepada istri sebagai tenaga pendidik.
  3. Evaluasi. Hal ini lagi-lagi bukan tugas istri, namun tugas kepala sekolah. Panggil tenaga pendidik, “Umi, kok abi lihat anak kita sudah umur 10 tahun belum bisa baca Al Fatihah coba gimana sekolahnya, umi ajarkan tidak?”. Meskipun pada dasarnya hal tersebut adalah tugas bersama antara ayah dan ibu.
  4.  

 Jadi para ayah meski anda harus selalu keluar rumah utk mencari nafkah, pastikan saat pulang ke rumah jiwa raga anda untuk anak-anak anda. Karena apa? Dalam Al Quran ada 17 dialog tentang anak, 14 di antaranya tentang ayah dengan anak. Luqman dan anak nya, Ibrahim dan Ismail, Ibrahim dan Ishak, Syuaib dan anaknya, dan seterusnya. Hanya 2 dialog dalam Al Quran yang berisi dialog ibu dan anak, suadara Musa dan Maryam dengan Isa.

Karena dalam Islam, seorang anak akan ikut nasab ayahnya. Nasab adalah berarti pertanggungjawaban akan di minta dari seorang ayah. Berhasil dan gagalnya seorang ayah yang akan dimintai pertanggungjawaban sesuai nasab nya.

Ayo ayah, mari semakin peduli dengan anak-anak kita! Karena sosok ayah adalah tidak tergantikan.

Sumber Referensi&inspirasi Butik Aini

Semoga Bermanfaat, Silahkan dishare!

Dari judulnya aja pasti bermacam-macam yang terlintas di pikiran pembaca. Ada yang bilang, “zaman sekarang mana ada kuntilanak? kebon langka udeh jadi gedong”“kuntilanak Cuma mitos/cerita rakyat”. "kuntilanak makan lele? cerita horor apa ngelucu sih".
oke apapun itu terserah pendapat pembaca tapi jangan harap disni saya mau bikin  cerita msteri "kuntilanak makan lele" ya, hehe.

sudah lebih dari enam bulan, kami sekeluarga pindah mengontrak. yang membuat saya betah disini karena lokasinya strategis, hanya dengan berjalan kaki beberapa meter untuk menuju ke pusat perbelanjaan dan transportasi. disini adem karena membelakangi matahari, hanya saja posisi kontrakan membelakangi rumah2 warga. suasana sekitar kontrakan cukup sepi, karena mojok / jalan buntu ke empang lele yang berhektar hektar luasnya. ditambah lagi kontrakan saya di nomer dua dari pojok.

 
namanya juga kontrakan, orang yang bertempat tinggal tidak selalu menetap mereka datang dan pergi sampai akhirnya di deretan akhir 1 sampai 7 (1-2 penuh 3,4kosong,5kosong,6 saya ,7 kosong melompong). awalnya memang takut, apalagi kalo suami pulang kerja malam. kiri kanan jauh tetangga, lampu depan (no 3-7) mati semua (apesnya lampu depan milik saya konslet). bukan takut setan tapi takut ada orang yang berniat jahat. alhamdulilah sekarang deretan no.7 sudah ada yang nempatin.

 Cerita Horor
sore sekitar jam lima, saya sedang menyapu lantai di depan sambil memanggil akhdan yang lagi main sama anak tetangga sebelah, untuk menyuruhnya mandi. tiba-tiba segerombolan ABG yang abis nongkrong di sebelah empang lewat sambil bercerita tentang kuntilanak yang sering muncul terbang dan mengambil lele diempang. sebenarnya cerita ini sudah tidak asing lagi, sebelum tinggal disini pun suami pernah bilang tentang cerita rakyat "kunti yg suka makan lele" tapi saya tidak baper dan menggagapnya cuma mitos. "gak masuk akal, masa kunti makan lele? si ayah kaya anak kecil aja nakutin apa ngelucu sih".
tapi kenapa sekarang perasaan saya takut ya, pas denger anak2 muda itu bilang "di empang ini sering ada kunti makan lele"  saya terngiang-ngiang kata itu. (ga biasa nya).

gara2 cerita tetangga
beberapa hari yang lalu tetangga menegur saya tentang lampu depan yang selalu mati (sekarang udah dibenerin) di tambah tetangga baru no.7 yang baru lahiran pun lampunya ikut mati karena sengaja di matiin.
"bu bell, bilangin sama tetangga di sebelah kamu. lampu depannya di nyalain terus kalo malam."
"oh iya bu. gelap ya, udah lampu saya rusak eh punya sebelah sengaja tidak di nyalain juga."
"bukannya apa2 bu, kalo adat disini kalo ada bayi apalagi baru lahir harus terang rumahnya soalnya takut jadi inceran kuntilanak."
"masa iya, haha. ih kaya di filem2 misteri aja"
"beneran bu, kalo orang sini mah masih percaya yang begitu soalnya banyak orang yang nyugih dan bayi itu buat tumbalnya".
#@%^&*##
percaya ga percaya ya. logikanya, emang hampir semua orang takut gelap... merinding juga kalo denger cerita horor, hehe. dulu emang ga percaya sama cerita kaya begini, kalo ada bayi mendadak meninggal paling karena penyakit? begitu kan hasil pemeriksaan dokter. tapi kalo yang punya kepercayaan mistis beda lagi ceritanya.

akhirnya saya merenung, dan percaya bahwa jin yang gaib itu bisa menampakan diri/mengganggu orang yang berurusan dengannya atau yang menyekutukan allah dengan menjalani ritual mistis.
kenapa bisa begitu?
ini menurut saya loh, ya... setiap orang punya pandangan yang beda2.

Faktor pendukung kalo memang beneran ada "kuntilanak makan lele"

  • kebiasaan orang sekitar yang masih percaya dukun, waktu kecil saya pikir itu dukun udah punah di zaman modern dan cuma ada di sinetron2. tapi kalo mendengar cerita tetangga, yang masih banyak percaya dukun (kata pelesetannya orang pintar), mau kerja jadi TKW ke dukun dulu biar disayang majikan, anaknya tergila-gila lelaki di sangka dipelet akhirnya ke orang pintar (harusnya di ruqiah tuh), motornya di begal/maling orang pertama yg ditemui dukun bukan polisi, tiap malam tertentu (seperti malam jumat kliwon atau apalah yang dianggap kramat) ada ritual sesajen menyan.
  • kentalnya tradisi adat yang berhubungan dengan mistis, ada beberapa hari/tanggal yang di anggap tabu/ keramat. salah satunya seperti tradisi hiburan tengah malam yang dipentasi di kuburan (sejenis panggung hiburan ) saya pikir ada kondangan taunya  khusus dipersembahkan 'mungkin' untuk penghuni kuburan.
  • bisa jadi si kunti itu "piaraan" yg lagi minta jatah tumbal lele ? siapa tau kan? secara orang masih banyak percaya/melakukan pesugihan, ga sedikit dari mereka yang musyrik.
  • ada bayi baru lahir. sebenarnya ga masalah kalo yang ini, logika nya setiap hari selalu ada bayi yang lahir hehe.
  • pernah lihat langsung orang kerasukan, dan bunyi gaib yang disebabkan jin. ini memperkuat iman saya bahwa ALLAH SWT, benar2 maha kuasa dalam menciptakan mahluk2nya dan kehidupan jin itu 'benar' bersama kita.
Dari kecil bapak saya selalu mengajarkan untuk berani tidak takut “jin itu gaib tidak terlihat manusia”. ia juga melarang keras saya untuk meng'kramatkan sesuatu, seperti jimat, benda keberuntungan, ramalan zodiak dll.
selama ini saya selalu percaya bahwa ”jin tidak akan menganggu kita kalo kita tidak mengganggunya/ berurusan dengannya” berurusan dalam arti kata “tidak berbuat syirik kepada allah atau menyekutukanya”. jika kita beriman dan tidak menyekutukan ALLAH SWT, insaallah jin tidak akan menjahili kita.

Senjata Ampuh

 saya percaya dengan membaca ayat kursyi dengan benar dan khusyu [selalu baca ini setiap hari minimal 2x saat solat fardhu] allah akan menjaga kita dan malaikat sebagai pengawalnya.

sebagai muslim yang beriman kita harus percaya hal gaib. seperti keberdaan malaikat dan jin. jin itu hidup bersama kita bahkan dirumah kita, dikamar mandi tau pun tempat rame seperti pasar, jumlahnya banyak sekali melebihi manusia. jadi kalo ada 'orang pintar' bisa melihat jin "disitu ada penunggunya" hiiiii jangan kaget ya, karena memang setiap tempat juga ada koq. 
kembali lagi kepada pedoman kita (al-quran) bahwa mereka itu "goib" tidak terlihat. tapi beberapa jin kafir menunjukan dirinya dengan orang2 yang dipilihnya seperti dukun atau bisa jadi anak kecil?
wallahualam, hanya allah yang maha mengetahui.

Bagaimana menurut kalian?