Sunday, July 29, 2018

Montessori Made Simple by Montessori Haus Asia

Montessori
Montessori Made Simple by Montessori Haus Asia

Bunda pernah mendengar metode Montessori?

Pasti sudah tidak asing lagi ya ditelinga kita, tapi merasa masih belum paham betul?
sama kaya aku yang dulu, hehe. Nah, kali ini saya mau sharing tentang ketertarikan saya sama metode Montessori. bukan karena sedang trend "Montessori is a life style" tetapi memang benar nyatanya, karena metode ini memang sangat kompatibel dengan kebutuhan anak-anak zaman now. apa alasannya?

Pertama, beberapa waktu yang lalu dunia pendidikan heboh tentang Pro dan Kontra calistung, tidak hanya itu dunia parenting mendapat tantangan zaman lagi tentang dampak negatif penggunan gadget pada anak di bawah umur. Mengamati masalah diatas saya berpendapat bahwa semakin banyaknya orang tua yang menuntut kemampuan anak dengan memberikan edukasi instan. betul? 

Kedua, zaman berjalan dengan cepat, orang tua menginginkan anaknya agar berlari layaknya orang dewasa di dalam dunia mereka. Menyerahkan pendidikan sepenuhnya kepada sekolah, tempat les, kursus, tanpa pendekatan, kesempatan bekerja sesuai dengan ritme anak sendiri.

Dan dari beberapa pengalaman serta pengamatan, anak lebih bahagia belajar dengan caranya sendiri, kemampuannya sendiri tanpa ada paksaan, dan dengan cara belajar yang konkrit membuat mereka mudah mengerti. oleh sebab itu kenapa saya bilang saya tertarik dengan montessori dan memilih menerapkan metode ini kedalam kegiatan sehari-hari anak saya di rumah, karena sebenarnya kegiatan ini sangat mudah dan biasa dilakukan, Montessori made simple. Montessori adalah metodologi yang paling sesuai untuk anak usia dini, selain itu dapat menangani problema tentang pengasuhan di zaman yang semakin berkembang seperti saat ini.

Montessori adalah suatu metode pendekatan untuk pengembangan kemampuan anak yang membantu setiap anak meraih potensinya di semua bidang kehidupan dengan memfokuskan pada kemandirian anak, sikap menghargai anak dan mempelajari hal yang konkrit.

metode montessori

Sekilas jika kita melihat montessori ini seperti games atau praktek-praktek dengan banyak benda dan 'wow mahal' karena banyak macamnya tapi ternyata itu hanya presepsi yang sebenarnya masih dangkal menurut ku. Metode ini sangat bisa dilakukan di rumah sekalipun dengan bahan yang ada. sok tengok dapur, ada tepung, ada garam, ada pewarna maknan, ada cetakan kue, coba kasihkan ke anak, kita lihat apa yang ia pelajari dan amati. lihat di kebun rumah buah jambu sudah masak, ada keranjang tinggal perintahkan anak memisahkan buah busuk dengan yang tidak busuk ke dalam wadah yang berbeda. Bunda hanya tinggal buat materinya saja dan sebagai fasilitator, biarkan anak melakukan observasinya sendiri. sebenarnya simpel kan? itu masih slah satunya dari sekian banyak lagi cara-caranya.

Okeh tidak hanya sebatas itu saja bahwa metode Montessori ini bisa dilakukan dirumah, namun ternyata saat ini sudah banyak preschool yang mengaplikasikan metode montessori. menurut saya ini adalah sebuah perkembangan pendidikan yang positif ya, karena biasanya sekolah montessori ini banyak diterapkan untuk sekolah ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) saja dan luar negeri. bagi bunda yang ingin menerapkan pendidikan Montessori ini sebaiknya harus paham betul apa itu metodologi Montessori, dari situ orang tua bisa dengan mudah memilih sekolah Montessori yang sesuai dengan filosofi Montessori itu sendiri.

Sistem pendidikan montessori ini, adalah guru menyediakan informasi dan bimbingan kepada siswa dilingkungan yang edukatif. memberikan kesempatan untuk secara bebas mengerjakan kegiatan-kegiatan yang diinginkan ini artinya setiap anak bisa mengedukasi kan dirinya sendiri.

Seperti mendapat akses baru yang mudah...

Masih tahap sedang memperdalam ilmu ini, saya yang tadinya masih naik perahu seperti diberi akses berlayar menggunakan kapal untuk menuju ke pendidikan yang lebih ahlinya lagi tentang metodologi montessori. akses tersebut adalah Montessori Haus Asia (MHA). Montessori Haus Asia ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi pendidikan dan pelatihan untuk guru dan orang tua. yuk kenalan lebih lagi dengan Montessori Haus Asia!

Montessori Made Simple by Montessori Haus Asia

Jakarta Montessori - Beberapa waktu yang lalu saya bersama teman-teman MBC (moms blogger community) berkunjung ke PT. Montessori Haus Asia Indonesia yang berada di Multivision tower lt.25, kuningan, Jakarta. Montessori Haus Asia Singapore didirikan oleh Mr. Allan Ang untuk membuat dan mengadvokasi lingkungan belajar montessori. MHA ini sendiri ini merupakan yang terbaik di wilayah Asia Pasifik dan berkantor pusat di Singapura. 

Mr. Allan menjelaskan bahwa Pendidikan di awal tahun Montessori Haus Asia lebih berkualitas, sederhana dan terjangkau untuk semua orangtua dengan Montessori Made Simple. Metode belajar yang diberikan dapat membuat orangtua lebih bersemangat lagi dan tertarik untuk belajar montessori, #MontessoriMadeSimple. Montessori Haus Asia memiliki serangkaian paket yang lengkap untuk para guru, orang tua, sekolah atau pengusaha yang tertarik untuk menerapkan Metodologi Montessori di sekolah mereka, atau mendirikan sekolah Montessori di kota lokal dan program pelatihan guru Montessori.

Montessori Made Simple by Montessori Haus Asia
Ms. Rossa founder PT. Montessori Haus Asia Indonesia
Montessori Haus Asia telah menjalin kemitraan dengan Indonesia di awal tahun yang populer karena memiliki ahli montessori yang terkenal adalah Miss Rosalynn yang mendirikan PT. Montessori Haus Asia pada tahun 2017. MHA Indonesia sedang dalam perjalanan untuk memenuhi abisius rencana ekspansi yang dipetakan oleh Miss Rosalynn. Dalam kurun waktu pendek 4 bulan, MHA telah mendirikan 3 pusat pelatihan dan memiliki banyak kemitraan di seluruh nusantara.

Visi & Misi Montessori Haus Asia untuk menyediakan layanan dengan cara terbaik
  1. Semangat untuk mengubah kehidupan melalui pendidikan berkualitas
  2. Kerja tim adalah kunci pertumbuhan
  3. Kerja keras adalah dasar kesuksesan
  4. Inovasi dan kepemilikan individu didorong dan dihargai komitmen terhadap penelitian dan perkembangan
  5. Kepuasan dan kesuksesan mitra sangat penting
💻Website: http://www.montessorihausasia.com
📱 Instagram: @MontessoriHausAsia

Montessori Made Simple by Montessori Haus Asia

Setelah mengunjungi Montessori Haus Asia di Jakarta kemarin sebenarnya ada niat untuk belajar lebih lagi tentang metodologi montessori ini untuk bekal parenting dirumah maupun untuk dijadikan peluang di bidang pendidikan. Karena harga pendidikannya juga cukup terjangkau, next time in sha allah jika diberi kesempatan bisa balik lagi untuk belajar disini. 😊
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

interlac
http://www.interlac-probiotics.com/

Stimulusnya sudah benar seperti metode montessori tapi percuma kalo kesehatan anak terganggu, benar gak bunda? karena 90% penyakit itu berasal dari usus. usus baik, pencernaan sehat maka penyerapan asupan gizi akan semakin mudah. jadi sebenarnya jika anak ingin cerdas cepat tanggap sehat kan dulu pencernaanya agar penyerapan nutrisi ke otak dapat terserap maksimal. nah, Interlac ini merupakan suplemen makanan yang mengandung bakteri lactobacillus reuteri protectis, Minyak bunga matahari, medium chain triglyceride oil, dan anti caking agent (silicon dioxide) yang sudah teruji klinis sangat efektif dan aman untuk bayi dan anak-anak.

granola
Sepulang dari MHA saya membawa oleh-oleh banyak sekali, untuk anak saya. Salah satunya granola cemilan sehat dari @healthy.food.partner. granola ini adalah macam-macam biji-bijian (kuaci, biji labu, irisan almond, kismis, kedele, dll) rasanya enak banget dan paling penting ini cemilan sehat.

ayam gepuk mpo oneng
Sebenarnya jam 12 siang tadi adalah jam makan siang tapi saya ingin membawa @ayamgepukmpooneng ini khusus buat anakku di rumah yang suka banget sama daging ayam. apalagi ayam gepuk mpo oneng ini berciri khas dari sambalnya yang pedess dan maknyuss banget, mantep deh!

Montessori Made Simple by Montessori Haus Asia
#gamemontessori

Ini adalah trial box @GameMontessori dari Montessori Haus Asia yang saya dapatkan. 3 Activities, Planting Green Beans, Life Cycle of Green Beans, Number Games. nah, trial box ini rencananya akan saya gunakan untuk pembelajaran Montessori bersama anak di rumah.
trial box montessori haus asia

Saya percaya setiap anak itu unik dengan kemampuannya sendiri tanpa ada 'prestasi paksaan' sebab saya juga pernah menjadi anak-anak dan ini adalah PR untuk kita sebagai orang tua. Melakukan Montessori di Rumah membuat saya merasa bahwa Montessori itu tidak ribet dan sangat menyenangkan. Montessori itu tidak mahal, atau memerlukan permainan dan peralatan yang banyak,
Montessori Made Simple.

                                                      Montessori for Everyone...


                                     JAKARTA MONTESSORI- MONTESSORI HAUS ASIA



Terimakasih kepada;
@GameMontessori @mombloggercommunity 
@montessorihausasia 
@interlacprobiotics
@kamoemontessori
@letthefunbegun
@toru.id
@joyandsmart_toys
@makkeik
@ayamgepukmpooneng
@healthy.food.partner

#gamemontessori #Healthyfoodpartner
#interlacprobiotics
#probiotics
#probiotik
#ayamgepukmpooneng
#ayamgepukbsd
#ayamgepukpamulang
#ayamgepuk
#Montessoriforeveryone
#MontessoriMadeSimple 
#BelajarBerbagiBerkarya 
#MomBloggerCommunity



sumber refrensi:
https://www.yenisovia.com/2018/03/berkenalan-dengan-montessori.html
http://kurniawijiastuti.com/2018/07/tips-memilih-preschool-montessori/


50 comments:

  1. makasih sharingnya, bermanfaat ya datang ke sana

    ReplyDelete
  2. Trial box nya membuktikan bahwa metode ini sebetulnya simpel ya.... Cuma emak nya aja yg kadang mikir nya rempong

    ReplyDelete
  3. Awal baca saya pikir apa itu montessori Haus Asia, ternyata sebuah metode yang mengedukasi toh.
    Selain itu juga simple, asik nih yang bawa pulang trial box nya,bisa praktek terus metodenya d rumah

    ReplyDelete
  4. Seru acaranya ya mbak bel, apalagi kalau ada yang bisa di aplikasikan pada anak. Jadi manfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang metode ini sebenarnya biasa dilakukan bgt dlm aktifitas anak sehari-hari

      Delete
  5. menarik banget ya montesorri ,,, ...pingin praktekin di rumah ma anak2

    ReplyDelete
  6. Dulu sebelum montessori terkenal seperti saat ini. Konsep belajar dan mengajar saya hampir sama dengan montessori ini bun. Sampai sekarang saya pun suka menstimulasi Erysha dengan kegiatan-kegiatan yang orang bilang ada montessorinya hihihj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda emng awalnya maria montessori ini menerapkan metode ini untuk anak berkebutuhan khusus wah bunda termasuk sudah ahlinya nih karena pernah mengajar di sekolah luar biasa hebe

      Delete
  7. Seru juga metode mentosori ini sayang nya saya gak punya anak kecil lagi

    ReplyDelete
  8. Sebenernya pun kita nggak belajar khusus Montesori pun kadang2 juga melakukan montesori tanpa sadar ya mak pada anak hehe..

    ReplyDelete
  9. wiii... keren, nyantol yak ilmunya? hehehe.. tapi kenapa sekolah montessori itu mahal banget ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa kok murah. Emaknya aja yg sering buat metode ini dirumah. Emaknya pelatihan dlu di MHA hehe

      Delete
  10. Metode belajar montessori emang lagi booming akhir2 ini ya Mbak. Emang sangat sesuai dg pola perkembangan otak si kecil yang masih serba kontekstual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, justru anak kecil lebih menyukai hal yang konkrik dibanding hafalan

      Delete
  11. Meski mahal, namun berkualitas nggak masalah juga yah..
    Kalau daku tahu montessori ini karena pernah melamar kerja sebagai admin, dan nggak ke terima sih, karena jauh pula lokasinya 🙈.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak jadi admin mbak fen bisa ikut kelasnya aja hehe

      Delete
  12. wahhh seru mbak. nanti bisa dipraktekin sama si adek. pasti belajar sambil mainnya lebih menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anak lebih menyukai belajar dengan cara bermain biasanya mom

      Delete
  13. Ini ada mamak mamak yg nyesel baru mendalami Montessori setelah anaknya terlanjur gede... Mba Bella beruntung lhooo dah belajar ini sejak anak msh kicik..... Cemungut ya mbaaa eee

    ReplyDelete
    Replies
    1. segede apa mbak? hehe montessori bisa sampai usia 12 tahun.

      Delete
  14. Wkt emak pertama kali dengar kata montessori dulu lgsg bergumam.. Wah, apaan tuh psg metode kekinian yg ribet n mahal. Yah, maklum lah bahasanya kan terbilang ga umum. Haha. Pdhl y klo di pelajari montessori ini simple n mudah. N anak jg bebad melakukan observasi sesuai gayanya. Sbnrnya ap yg org tua zaman old dulu pernah didik ketika ngediemin anak jg msk dlm montessori cm dulu sebutannya ga keren. Alhamdulillah ortu zaman now byk bgt asupan ilmu ya jd ga kikuk lg. Makasih sharingnya loh bunda bella. Salam kenal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya bener, bener ortu jaman old sering biarin anaknya mainan atau ngebolanh di luar ya hehe

      Delete
  15. Permainan yang ribet dan mahal akan membuat kita jadi berpikir ulang . mau buat belanja atau stimulasi buat anak.

    ReplyDelete
  16. Wah ilmu baru nih, tfs mba Bella😃

    ReplyDelete
  17. Anak2ku tiap hari ngamatin kacang ijonya. Baru ditanam 3 hari lalu baru mun cul tunasnya seuprit haha. Tapi mereka bisa belajar dari kartu di trial box-nya, jd seneng banget bisa liat perubahannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah selamat, kalo kacang ijo punya anak ku belum numbuh mungkin salah tempat ya wong di atas balkon naronya, kepanasan jadinya haha. but anakku jadi belajar lagi nih dia berpikir lagi tuh hehehe...

      Delete
  18. Aku beneran jatuh cinta deh sama metode ini .Ini lagi nyoba praktekan filosofi kontessori bersama anak2 di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dong ayo dong, ikut pelatihannya di MHA buat bekal parenting pendidikan jg bisa

      Delete
  19. Angin segar banget ini. Aku suka stuck ngasih permainan anak. Bakal aku tiru ah.

    ReplyDelete
  20. temenku suka share di IGSnya mba Bell apa saja kegiatan hari ini dengan metode montessori salut buat temenku yang rajin dan konsist persiapin segala sesuatunya karena memang metode ini simpel menggunakan media apa saja so kalau aku sih belum komit hahaha *emak2 malesan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa mbak herva. tapi sebenarnya simple loh mbak atau mbak kan workingmom skrg ada pendidik yg khusus metode ini nih

      Delete
  21. Visi dan Misi Montessori Haus Asia bagus banget, semoga tercapai.
    Keren acaranya bertebaran hadiah dan ilmu baru lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiinnn, semoga tambah berkembang lagi ya biar bisa dijangkau semua kalangan emak2 eh , hehe

      Delete
  22. Aku sekarang sudah coba coba MOntessori nih di rumah. Lumayan bisa ngurangin screen time jugaa hehehe

    ReplyDelete
  23. Aku seringgg ngelakuin montessori sama anak pertamaku. Dan dia selalu happy, bersemangat dan nanyain terus kapan lagi belajarnya. Kalau ke toko mainan dia kurang suka. Jd kita setiap hari mikirin besok mau montessori apa lagi ya

    ReplyDelete
  24. Kayaknya bakal cobain ke anak metode ini, gak harus pakai alatvyg mahal kan ya, tergantung kreatifitas kita.

    ReplyDelete
  25. Wah asik banget nih bisa dapat trial box-nya jadi bisa cobain juga di rumah yaa. Kalo biaya montessori di Haus ASia sekitar berapakah Mba?

    ReplyDelete
  26. Wah.. keren sekali ini, Mbak Bella.
    Terima kasih sharingnya, Mbak.

    ReplyDelete
  27. Seru dan bagus ya acaranya. Semakin kuat memberikan informasi parenting untuk mengedukasi anak.

    ReplyDelete
  28. pulang-pulang pasti langsung praktek sama ahdan yaaa mba bell

    ReplyDelete
  29. Dengan peralatan dan bahan bahan di rumah pun bisa jadi pelajaran untuk anak-anak ya

    ReplyDelete