Tuesday, October 9, 2018

Rasanya Bekam Untuk Pertama Kali


Beberapa waktu yang lalu ada tempat pengobatan Bekam yang baru di buka dekat tempat tinggal saya yang membuat saya tertarik untuk berbekam. Sebenarnya tempat bekam di lingkungan saya lumayan banyak namun saya masih ragu untuk mampir dan mencoba. Saya sering merasa kurang sreg dengan tampilan tempat prakteknya. Namun, tempat yang baru ini yang saya suka adalah tempat prakteknya kelihatan bersih, luas, profesional, terapisnya banyak, juga sudah mempunyai banyak cabang, promosinya juga terbilang sering dan yang paling penting untuk ibu-ibu adalah promonya itu, gratis bekam, haha..

Bekam adalah, adalah metode pengobatan dan pencegahan dengan cara memvakum bagian kulit (biasanya di punggung) untuk mengeluarkan darah kotor yang dipercaya menjadi penyebab terganggunya aliran darah yang sering menimbulkan berbagai penyakit.pengobatan ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Kalo sudah mendengar bekam pasti sudah ngalor-ngidul deh, gambaran penyakit yang macam-macam. Bekam yang saya coba ini yang sesuai dengan metode syariat Islam. Jadi bukan bekam yang di vakum melalui pembakaran api dan macam-macam yang terdengar menyeramkan.

Tempat Praktek Pusat Bekam-Ruqyah

Tempat bekam ini letaknya strategis di pinggir jalan utama yakni jl. setia mekar no.79, Setia mekar kec. Tambun Selatan. Sekilas memang kelihatan rame dengan spanduk promosi karena memang baru buka. Tempatnya ada dua lantai, lantai satu khusus untuk akhwat (perempuan) dan lantai atas untuk ikhwan (laki-laki). Tempat parkirnya lumayan cukup untuk menanmpung banyak motor dan beberapa mobil.

Dan ini ruang pendaftarannya, di gabung dengan ruang tunggu khusus akhwat. Tempatnya bersih, saya bersama pasien lainnya sedang menunggu daftar. Setelah daftar pasien akan di periksa tensi darah dan berat badan terlebih dahulu, setelah itu melakukan konsultasi. oia, tahap konsultasi ini penting loh agar trapis tahu keadaan mu apakah boleh di bekam atau tidak, karena ada beberapa alasan yang sebaiknya tidak melakukan bekam seperti sedang hamil misalnya.

Sebenarnya saya tidak memiliki penyakit bawaan namun dari remaja saya mudah terkena sakit. Masih seputar penyakit yang sepele seperti masuk angin, dan anemia. Keluhan itu berlanjut sampai menjadi penyakit langgan sampai sekarang, malah bertambah menjadi rutinitas penyakit bulanan bareng PMS. Masuk angin, diare, mag, vertigo. hmm, mungkin ini sebabnya ya saya menjadi sulit gemuk dan stunting sejak remaja, haha. Kalo kalian sering mampir ke blog, dan media sosial saya pasti tau deh kalo saya langganan vertigo, mag dan diare, hahaha... bukan, bukan itu yang mau di bahas.

Tahap Bekam

Ada satu ruangan khusus akhwat (perempuan) yang terdiri dari 4 bed utnuk melakukan bekam yang ditangani oleh trapis perempuan khusus perempuan. 

Didalam bed itu ada lubang khusus untuk menaruh wajah kita saat kita sedang dalam posisi tangkurap saat dibekam.

Beberapa peralatan bekam, seperti gelas dan alat nya untuk melakukan bekam, tissu, minyak jaitun, jarum kecil, dll.

Untuk yang baru pertama kali melakukan bekam, bekam dilakukan pada 9 titik sunah di bagian punggung sampai pundak, leher. pasien akan diperintahkan membuka pakaian dengan menggantinya dengan sarung (tidak perlu khawatir ruangannya tertutup pintu dan juga tirai). Pada tahap awal pasien akan di pijat dahulu di bagian punggung oleh sang trapis menggunakan minyak zaitun. Bagian ini yang sangat aku suka karena buat relax dan wangi.

Tahap kedua memulai bekam, selama beberapa menit sampai kemudian dilepas lagi dan masuk ke tahap dua yakni pembukaan pori-pori menggunakan jarum. Tak usah takut atau pun khawatir jarum yang dipilih adalah jarum steril dalam wadah baru yang di perlihatkan kepada pasien. Rasanya tidak sakit kok, gak seperti di suntik tapi seperti di tojos-tojos dengan cepat, cekit, cekit, sensasi gatal, hehe.

Kemudian berlanjut dengan tahap 2 di Bekam lagi selama beberapa menit. Pori-pori yang sudah dibuka tadi akan mengeluarkan darah kotor. Nah, pengeluaran darah ini tergantung dari penyakit dan kondisi pasien. Prosesnya bekam ini cepat kok, kurang dari setengah jam dan tidak sakit. Setelah selesai melakukan bekam jangan langsung mandi. Jadi sebaiknya, sebelum bekam kita mandi dulu dan dalam keadann sudah makan 3 jam sebelumnya.

ini hasil bekam saya kemarin, hanya mengeluarkan darah berupa titik-titik dan lebih banyak mengeluarkan uap, itu artinya saya kurang minum air putih dan masuk angin juga gangguan pencernaan. Apalagi pas tensi itu selalu kurang dari 100. hmmm, bener juga sih..

Waktu yang dianjurkan untuk Berbekam atau melakukan hijamah adalah,

  • Siklus jam: rentang ± 3 jam sesudah makan,
  • Siklus harian: antara jam 8.00–10.00 atau jam 13.00–15.00,
  • Siklus mingguan: Senin, Selasa dan Kamis,
  • Siklus bulanan: tanggal 17, 19, 21 dari bulan Qomariyah,
  • Siklus tahunan: bulan Sya’ban.
Bekam untuk pengobatan dilakukan seminggu sekali
Bagi yang pertama di bekam sebaiknya melkukan bekam selama 3 kali setiap minggu
Bekam untuk preventif/ pencegahan dilakukan dua minggu sekali atau sebulan sekali.
Jika sewaktu-waktu sakit misal pusing, masuk angin, batuk, badan tidak enak, dll, maka bekam saat itu juga sangat baik untuk dilakukan.

HARGA di PUSAT BEKAM - RUQYAH
Bekam: Rp. 55.000
Reflexi: Rp. 60.000
Ruqyah: Rp. 65.000

7 Manfaat Berbekam

  1. Membuat tubuh terasa rilex, terutama dilakukan saat merasa lelah
  2. Menyembuhkan darah tinggi
  3. Membuat peredaran darah lancar
  4. Mencegah stress dan depresi
  5. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  6. Menyembuhkan sakit kepala dan migren
  7. Menurunkan berat badan 
Jadi rasanya bagaimana setelah berbekam?

Hmmm, sekali melakukan terapi ini memang lumayan efeknya membuat badan enakan. tetapi karena baru satu kali belum ada perubahan yang signifikan banget karena berulang prosesnya.


Gimana, kamu juga tertarik dengan bekam ini? 

7 comments:

  1. Makasih infonya mbak. Kebetulan minggu besok ak mau coba bekam hahahaha... sakit kah mbak prosesnya? Ak jg ada masalah pencernaan nih. semoga bs membaik setelah bekam

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sakit kok, bikin relax aja... beda sama di kerokin kan agak sakit2 gt ya hehe

      Delete
  2. bekam rasa cinta... saya pernah bekam di salah satu cabangnya di medan mbak

    bekam itu enak lho, rasanya setelah bekam badan jadi ringaan, enaak banget

    ReplyDelete
  3. Kok saya serem ya kalo bekam, apa mungkin karena memang belum pernah mencobanya, jadi udah ngeri duluan ngeliatnya.

    Kondisi tempat praktik yang bersih, nyaman dan profesional, terbukti lebih dilirik oleh konsumen ya mba. Apalagi suka ngasih promo, bukan ibu-ibu doang yang tertarik, bapak-bapak juga keless, xixixi...

    Maaf ada sedikit koreksi di kata "ikhwat", seharusnya "ikhwan" untuk laki-laki.

    Wow penyakitnya banyak sekali. Semoga setelah bekam ini bisa segera pulih lagi dan tetap fit ya.

    Makasih infonya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  4. Pengeen, tapi takut hahahah. Mungkin krn aku tau ditusuk2 itu. Tp ternyata ga skit ya mba. Pertama kali tau bekam, krn liat salah satu temen kantor wajahnya memar gitu. Aku pikir abis kena tonjok. Ternyata dia jawab bekam. Omg, itu jg yg bikin aku ragu, ga ogn mukaku kliatan bengep. Tp kalo cm punggung aja bisa kan yaaaa.. . Hihihihi.. Kapan2 nyoba deh. Tp kalo tambun jauh banget dr rumah. Mau cari kawasan jaktim dulu. Tp yg terpercaya apalagi pake jarum gitu. Ga pgn aja tempat bekamnya ga steril

    ReplyDelete
  5. Saya bekam pertama kali langsung enak dan coba berulang kali.

    ReplyDelete
  6. Wah mbak, aku masih maju-mundur buat bekam. Takut banget sama jarum suntik walau banyak yang bilang itu enggak sakit. Itu bekas bekamnya bisa hilang setelah berapa lama mbak?

    ReplyDelete