Sunday, October 7, 2018

Mengubah Nomor Kursi Kereta Setelah Melakukan Transaksi


Setelan memesan tiket kereta api secara online maupun offline, risiko pembatalan keberangkatan maupun perubahan data pasti selalu ada. Seperti saat saya ingin melakukan perjalanan ke Surabaya, sebenarnya ada sedikit kendala setelah saya sudah melakukan payment saat memesan tiket kereta api secara online. Kendala apakah itu? yaitu perubahan data penumpang karena menambahkan 1 tiket penumpang lagi yakni anak saya yang akhirnya ikut perjalanan kami ke Surabaya. Akhirnya terpaksa saya melakukan pengubahan Nomor Kursi Kereta Setelah Melakukan Transaksi.

Beberapa Alasan Pengubahan Kursi Terlanjur Dilakukan,
  • Sering Mabuk darat, salah pilih kursi karena tidak tahu arah laju kereta api. (biasanya ini ada pada kelas ekonomi yang posisi kursi berhadapan dan memesan tiket lewat online jadi ada batasan untuk bertanya kepada cs tiket KAI.
  • Perubahan data mendadak setelah sudah melakukan pembayaran. ini yang paling sering terjadi seperti saya kemarin.
Jadi begini, awalnya saya memesan cukup untuk 4 orang termasuk saya, dan saya sudah melakukan pembayaran. Namun, beberapa hari kemudian ada penambahan 1 penumpang lagi yaitu anak saya, mengharuskan saya melakukan 2 kali transaksi di hari yang berbeda. Namun, itu akan membuat nomer kursi anak saya tidak akan satu baris atau satu gerbong, itu resikonya. Tidak mau hal itu terjadi terpaksa saya harus Mengubah Nomor Kursi Kereta Setelah Melakukan Transaksi dari pemesanan sebelumnya yakni transaksi awal sebanyak 4 penumpang.


Pemesanan tiket yang saya lakukan secara online seperti di Tokopedia, membatasi pemesanan hingga maksimal 4 orang/penumpang dewasa dan 4 penumpang anak batita <3 tahun.

Baca juga: Naik Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan, Jakarrta-Surabaya

Nah, bagi kalian yang baru pertama kali memesan tiket kereta api secara online maupun offline namun bingung ketika menghadapi kendala seperti ingin mengubah posisi kursi yang sebelumnya sudah dipilih, ternyata tidaklah ribet. berikut hal harus kamu lakukan jika ingin melakukan perubahan kursi Kereta Api.

1. Datangi Stasiun Kota Terdekat
Kamu bisa mendatangi stasiun kota terdekat untuk melakukan konfirmasi pembatalan atau mengubah nomer kursi kereta. pihak yang harus datang adalah nama yang mendaftarkan pembelian tiket alias tidak bisa diwakili dan hanya stasiun tertentu yang melayani pembatalan tiket kereta api, misalnya stasiun besar atau stasiun induk di kotamu. contohnya, kalo saya dekat dengan stasiun Bekasi Timur maka stasiun yang harus saya datangi untuk proses pembatalan atau mengubah nomor kursi adalah Stasiun Bekasi bukan Bekasi Timur.

2. Konfirmasi Data Penumpang
  • ISI FORM: nanti di stasiun ada loket khusus untuk pembatalan tiket kereta api. Untuk mengubah nomor kursi kami juga bisa mendatangi loket pembatalan. Selanjutnya, kamu akan diperintahkan mengisi formulir untuk pengubahan nomor kursi. Datanya meliputi, data diri yang di daftarkan saat transaksi, nomer kode booking atau bisa juga menunjukan struk transaksi saat melakukan pembayaran di minimarket (metode payment online)
  • PEMILIHAN KURSI: Selanjutnya akan di persilahkankan memilih kursi kembali. sangat disarankan bagi yang sering mabuk darat atau mencegah mabuk jika naik kelas ekonomi silahkan tanyakan posisi arah laju kereta karena kursi ekonomi berhadapan.

3. Dikenakan Denda
Untuk biaya denda pengubahan nomor kursi akan dikenakan sebesar 25% dari harga tiket, misal tiket kereta Kertajaya Surabaya-Jakarta seharga 160.000 berarti 25% nya adalah sebesar 40.000, Jadi kamu harus menambah biaya sebesar 25% dari harga tiket. sama halnya untuk pembatalan tiket, refund akan dipotong sebesar 25% dari harga tiket.

Enak gak enak sih, tapi ya mau apa dikata balik lagi kadang sesuatu yang tidak diduga malah datang. Risiko pembatalan keberangkatan maupun perubahan data pasti selalu ada.

Selain mengubah nomor kursi masih ada pilihan lain, seperti disiasati dengan kesepakatan antar penumpang dengan menawar kepada penumpang lainnya untuk menukar posisi kursi, namun tidak semua orang mau melakukan itu, ditambah petugas kereta api akan memeriksa kecocokan kursi karena akan lebih ribet lagi saat nanti penumpang terus datang dari stasiun yang berbeda.

Bagaimana berniat untuk mengubah nomor kursi di kereta nanti?


Semoga artikel ini bermanfaat!

14 comments:

  1. Nah ini kejadian jg d saya saya ingin meruba nomer kursi yg tadinya d kursi A-B-C ingin pindah di kursi C-D untuk 2orang namun contoh penambahan denda 25%di atas itu harga tiket keseluruhan atau untuk satu orang saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Denda dikenakan untuk 1 orang. Misal 25% karena 2 orang jadi 50 %. Srmakin banyak jumlah orang yg mengubah kursi semakin besar dendanya.

      Delete
  2. Mau tanya nih
    Saya baru pertama nih pesen tiket online untuk 2 orang
    Tiket pp
    Yg saya ingin tanyakan
    Tempat duduk no 7A dan 8A itu apa duduknya sebelahan?
    Yg tiket untuk kembali no 6A dan 7A itu apa sebelahan juga?

    ReplyDelete
  3. Iya betul.
    Tapi kalo misalnya pesan lebih dari 2 lebih baik pilih nomer yg di depannya. Karrna kelas ekonomi kursinya hadap hadapan. Kalo berjrjer menjadi terpisah oleh jalan.

    ReplyDelete
  4. Tutup perubahan nomor kursi jm brpa ya tau pelayanan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pembelian online selama kursi belum penuh masih bisa sih .. tapi kalo beli offline di loket ya tergantung jam pelayanan nya.. semoga membantu

      Delete
  5. Mbak kalo yg datang orang yg tertera di tiket boleh? Soalnya yg pesan tiket tidak ikut perjalanan.

    ReplyDelete
  6. Mbak kalo pembeli tiket beda sama yg tertera, penggantian kursi bisa dilakukan sama penumpang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa. Pengubahan kursi Harus sesuai nama yang ada di tiket, atau yg punya akun saat mendaftar online. Setahu saya gitu alias gak bisa diwakilkan

      Delete
  7. Mba mau tanya, saya sudah pesan tiket dan book kursi. Cara tau posisi gerbong ke berapa nya gmna ya mba? Soalnya yg tertera hnya 5A. Gaada nomer gerbong. Rencana saya mau booking lagi untuk teman saya, biar bisa satu gerbong:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo offline saya kurang tau mbak.. karena waktu itu saya belinya online di toped jadi keliatan gerbong sama nomer kursinya. Mungkin mbak bisa tanya sama petugas pembelian tiketnya..

      Delete
  8. Mba tanya ni sya kan pesan kereta di gerbong 3 (8 orng) dj gerbong 1( 2 orng) jadi terpisah.. Cara mindah yang 2 orng itu gmn bair bareng di herbong 3

    ReplyDelete