Tuesday, March 17, 2020

Kehamilan Trismester 3, ini yang saya siapkan!



Hari ini tepat saya menulis blog ini usia kandungan saya sudah memasuki 29 minggu atau trimester 3 ya bumil. Nah, apa aja sih yang udah saya persiapkan di trimester 3 ini?

Pengalaman dari melahirkan anak pertama 7 tahun yang lalu, meskipun melahirkan normal di awal bukan berarti saya bisa santuy dalam menghadapi persalinan kedua ini. Rasa takut akan resiko, deg-degan, dan masih ingat betul rasa sakit dan lama prosesnya membuat saya ingin lebih matang lagi mempersiapkan persalinan normal. Mulai dari teknik mengejan, ataur nafas, senam hamil, pijat perineum, langkah-langkah meminimalisir resiko kena jahitan, dan masih banyak lagi.

Namun, belakangan ini saya sedang sibuk di toko sehingga untuk ikut kelas hamil rasanya sulit atur scedule ke luar, hehe so sibuk. Jadi, semua informasi tentang ibu hamil, persalinan normal sampai ASI Ekslusif saya dapatkan di internet atau di youtube ya. Karena sudah banyak dokter ahli yang juga sharing di channel kesehatan. Bahkan sekarang banyak juga dokter dan bidan yang punya vlog, hihi..

Kalo mereka lebih yang ke' ahlinya, kalo vlog saya AGMIA DAILY lebih ke sharing sesama bumil aja. Bumil yang belum mampir ke channel saya boleh klik ⤵

AGMIA DAILY

Jangan lupa di subscribe karena akan ada banyak cerita-cerita tentang kehamilan sampai balita 😘

Persiapan sebelum menjelang melahirkan,


1. Teknik Mengejan
Menggali-gali informasi di internet bahkan untuk melihat prakteknya biasanya saya tonton di channel youtube seorang yang ahli dibidangnya seperti bidan atau dokter. Teknik mengejan ini penting sekali menurut saya untuk meminimalisir resiko robekan vagina, tidak kuat mengejan dan masih berhubungan dengan atur pernafasan saat melahirkan agar proses bersalin cepat artinya sakitnya cepat pulih juga.





Dan itu tempat biasa saya cari informasi tentang persalinan normal. Ya Allah mudah-mudahan saja persalinan nanti dimudahkan, aamiin. Bantu doa ya bumil 😊

Karena masih ingat betul melahirkan anak pertama itu lebih dari 12 jam sejak kontraksi. Menurut informasi yang saya baca hal ini normal karena anak pertama yang dimana persiapan tubuh masih menyesuaikan dan konon anak kedua dan selanjutnya akan lebih mudah dan cepat aamiin.

2. Latihan Pernapasan

Saya masih ingat betul kata bidan neny di channel youtubenya bahwa atur pernafasan saat persalinan normal menjadi salah satu kunci keberhasilan. Artinya bumil bisa mengatur rasa sakit kontraksi. Seperti lari maraton dan saya sedang belajar itu, meskipun di kehamilan si sulung saya berhasil atur nafas cuma kendala saat mengejan saja karena memang debaynya besar dan hampir di vacum. Beruntungnya bidannya ahli dan mendorong perut saya agar blasss keluar si sulung hehe jadilah persalinan normal, hehe.

3. Senam hamil? Penting gak sih?
Dari zamannya hamil si kakak pengen banget ikut kelas hamil dan senam hamil cuma saat itu tiggal di kampung dan pelayanan juga fasilitasnya tidak seperti di kota. Sekarang sudah mumpuni malah waktunya yang gak ada hehe. Tapi tidak mentok sampai disitu saya tetap berusaha belajar dari berbagai informasi tentang kehamilan seperti yang sudah saya tonton di atas.

Rajin sholat fardu dan sunnah saja sudah termasuk senam hamil loh menurut ku.

4. Mencegah Bayi Sungsang
Alhamdullillah karena dari hamil muda sampai sekarang rajin gerak dan itu senam hamil metode solat pas USG 6 bulan janin sudah di posisi kepala di bawah. Tapi bukan berarti gak bisa muter lagi. Tetap saya rajin stimulus agar debay tetap pada posisi yang seharusnya. Sekarang aja gerakannya sudah terasa di bawah dada berarti itu kakinya hihi, aman.

5. Pijat Perineum
Baru belajar ini supaya gak kena jahitan haha... masa nifas itu masa sulit karena bekas jahitannya itu loh lama dan bikin gak bebas gerak.

6. Persipapkan semua kebutuhan untuk bersalin.
Kalo bumil perhatikan di buku pink kehamilan itu ada form yang berisi semacam rencana atau antisipasilah, seperti tempat bersalin, transportasi yang nanti dipilih, donor darah, yang menurut saya ini penting banget diisi dan dipikirkan sejak sekarang/kehamilan! Bukan di baca atau basa basi si buku ini.

Kayak saya nih, karena HPL bulan mei tepat hari raya idul fitri tempat bidan pilihan saya libur hampir seminggu. Memang HPL tidak selalu tepat bisa saja 2 minggu sebelum hpl atau 1 minggu lewat HPL. Untuk itu saya cari faskes pilihan lainnya selain di bidan langganan saya. Termasuk transportasi, calon pendonor darah, dan lain-lain jika nanti ada hal yang tidak diinginkan.

Selebihnya yang sudah saya persiapkan adalah kebutuhan bayi. Bunda bisa tonton vlog kehamilan saya tentang

Daftar perlengkapan bayi baru lahir
Yang dibawa saat bersalin
Pakaian preloved
Yang harus dipersiapkan di trimester 3 kehamilan

7. Mulai bekali pelajaran pijat oksitosin untuk nifas nanti.
Menggali informasi tentang melahirkan buat saya sudah sepaket dengan pelajaran mengASIhi. Meskipun saya sudah pernah dan lulus mengASIhi anak pertama sampai 2 tahun lebih. Pelajaran pijat payudara agar ASI melimpah ini juga sebagai usaha saya memberikan hak anak mendapat ASI dan tentunya menghemat untuk tidak pakai susu formula.

Jadi bumil di kehamilan kedua ini saya lebih fokus sama persiapan bersalin ketimbang kebutuhan perlengkapan bayi, bukanya gak dipersiapkan cuma menurut saya idealnya persiapan perlengkapan bayi itu di akhir trismester 2 atau 6-7 bulan dan akhir 9 bulan itupun belanjanya jangan membabi buta ya, karena bayi itu cepet banget besar. Jadi lebih baik fokus ke persiapan bersalinnya.

Baca juga, Buat Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang penting Dibeli

Next Konten


  • Yang dirasakan di trimester 3, tanda-tanda melahirkan dari kontraksi sampai persalinan
  • Belajar Memandikan  Bayi Baru Lahir
  • Belajar Teknik Gendong M Shape

Rasanya tak akan ada habisnya belajar menjadi orangtua ya bunda. Tapi yang terpenting bagi saya menjadi orangtua itu bukan yang paling sempurna dalam sisi parenting dan sebagainya. karena sebetulnya anak-anak butuh ibu yang bahagia bukan sempurna dan bahagia itu di dapatkan dari rasa syukur :)

Syukurin ajaaaa...



Artikel terkait,


Beberapa bulan kemudian............

30 comments:

  1. Nyiapin barang2 yang dibawa selain kebutuhan bayi, juga penting bawa ASI BOOSTER TEA atau ABT Pelancar ASI mbak. Soalnya biar nggak panik kalau belum keluar ASI ya. Di aku efeknya cepat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu anak pertama aku sih cepet keluar ASI nya.. tapi boleh nih info tentang booster ASI mudahan2 lancar juga kaya kakak nya waktu IMD

      Delete
  2. Saya gak pernah ikut senam hamil. Semoga pada saat melahirkan nanti diberi kelancaran, ya. Insya Allah, semua sehat dan selamat. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama kaya aku dulu. Olahraga ringan aja kaya beberes rumah dan solat sunah hehe

      Delete
  3. wah ini bener2 bermanfaat banget artikel nya,apalagi ini ada part yang harus bumil lakukan,thank infonya ini bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sengaja aku buat berkaitan supaya audiensnya tetap haha.. stay toon ya

      Delete
  4. Semoga diberi kelancaran sampai persalinan ya mbak. Tipsnya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  5. Wah bentar lagi lahiran, ya,Mbak. Moga diberi kelancaran. Memang senam hamil, terus latihan pernapasan penting. Booster asi, perlengkapan ibu dan anak harus udah mulai disiapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia ini aku lagi fokus latihan mengejan jadi banyak2 cari info hihi

      Delete
  6. Waaah udah trismester 3 aja nih. Tipsnya ok banget. Semoga lancar ya mba persalinannya.

    ReplyDelete
  7. wah mba Bella, semangat dan semoga sehat selalu ya, turut seneng banget nih. Dan kalo aku jujur aja masih ngeri nih yg soal pijat perineum ini wkwk belum kebayang aja gitu

    ReplyDelete
  8. setuju anak butuh ibu bahagia bukan sempurna. Selamat sudah sampai trimester 3, Insya Allah dimudahkan dan dilancarkan hingga persalinan dan sampai nanti. Ammin

    ReplyDelete
  9. Jadi teringat masa kehamilan Kalo udah trimester 3 kayanya saya udah cepet lelah. Biasanya persiapan nya tinggal yg ringan2 karena pengennya boboan terus

    ReplyDelete
  10. waduh ribet juga ya untuk persiapan melahirkan. Calon Ibu mau gak mau harus siap melakukan tips diatas. senam hamil itu biayanya berapa mba? kayaknya lebih seru dari pada aerobic wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Pas hamil kedua aku senam di rumah ga ikut senam di rumkit karena bawaan senam hamil tuh tidur wkwk jd waktu itu bumil.yang kebo aku doang mba jadi aja malu

    ReplyDelete
  12. Bener banget mbak gak ada habisnya belajar jadi orang tua apalagi saat proses melahirkan ini karena sangat memungkinkan proses melahirkan tiap anak berbeda. Jadi walaupun sudah pernah melahirkan saat mau melahirkan anak lagi pasti belajar lagi.

    ReplyDelete
  13. Wiwin @ pratiwanggini.netMarch 21, 2020 at 5:34 AM

    Saya dua kali punya anak, semuanya terlahir lewat operasi Caesar. Semoga sehat-sehat selalu ya, mom Bella, juga dilancarkan saat lahiran nanti :)

    ReplyDelete
  14. Benar benar bermanfaat ilmunya, abis ini langsung ku share ke adikku yg juga lagi trimester terakhir... sehat terus ya bumil

    ReplyDelete
  15. Benar benar bermanfaat ilmunya, abis ini langsung ku share ke adikku yg juga lagi trimester terakhir... sehat terus ya bumil

    ReplyDelete
  16. Wah bermanfaat banget tulisannya mbak, biasanya ku kalo nemu tulisan persiapan lahiran pasti nggak jauh-jauh dari belanja perlengkapan bayi dan apa aja yang harus dibawa pas calon ibu mau melahirkan. Izin share tulisannya buat temen aku yang lagi persiapan lahiran juga ya mbak..

    ReplyDelete
  17. Kebetulan saya dulu pernah ngajar senma hamil waktu masih kerja, sebenernya senam hamil lumayan penting untuk bumil. Baik yang rencana lahiran normal atau SC. Terasa manfaatnya setelah melahirkan soalnya. Terutama yg SC, pemulihannya lebih cepat.

    ReplyDelete
  18. Aku 2x hamil selalu rutin senam hamil.

    Dan itu terbukti memperlancar proses perdalinan lhoo

    ReplyDelete
  19. Semangat mom! Semoga sehat selalu. Dulu menjelang bersalin aku rajin berenang untuk melatih pernafasan dan stamina :)

    ReplyDelete
  20. wah terima kasih bgt untuk sharingnya Mom. Jujur dikehamilan pertama aku gk pakai senam hamil krn gk ada kesempatan. Mudah2an di kehamilan kedua nti bisa ikut ya. Amin

    ReplyDelete
  21. Bagus banget mom sharing nya. Semoga lancar ya persalinannya nanti dan sehat semua. Aamiin

    ReplyDelete
  22. Luar biasa sharing nya , luar biasa pengalamanya , luar biasa ilmunya thankyou ..

    ReplyDelete
  23. Semoga lancar sampai hari lahiran nanti ya kak. Persiapan menjelang persalinan banyak juga ya, dan harus disiapkan dengan maksimal tentunya.

    ReplyDelete
  24. Waah semoga sehat dan selamat ya ibu dan bayinya. Sekarang enak bisa dapat Informasi dari YouTube. Waktu ku hamil dulu, senam ringan aja sesuai improvisasi sendiri hehe

    ReplyDelete
  25. jd inget masa hamil tua dulu. kalau saya jd suka jalan2, olahraga ringan naik turun tangga juga..pelan2 kok. alhamdulillah bersalin lancar

    ReplyDelete