Thursday, September 27, 2018

7 Cara Menciptakan Good Mood saat Menulis Blog

7 Cara Menciptakan Good Mood saat Menulis Blog
Sebelum kalian membaca artikel Tips Menciptakan Good Mood saat Menulis Blog, saya mau tanya dulu, Mood saat menulis mempengaruhi kualitas konten itu Mitos atau Fakta?
Hayo, hayo, apa hayo?

Saya pribadi sih menjawab, adalah fakta!

yang jawabnya bukan fakta dilarang baca ini ya, haha..


Alhamdulillah, kerjaan sudah beres termasuk ngelonin anak. Sekarang waktunya kita nulis mumpung mood lagi enak, situasi juga mendukung. Ya, kaya gini nih, malem-malem, anak udah tidur, sepi, cuma ada suara kipas angin. Enggak kaya biasanya setiap menulis rasanya seperti diburu waktu, dipaksa mikir, "ayo ayo setiap minggu harus update, inget konsistensi!". Alhasil saya merasa kurang maksimal. Jadi bagi saya mood saat ngeblog itu berpengaruh banget sama kualitas konten yang dibuat. kalo udah merasa dipaksa kaya gitu, merasa hambar aja nih tulisan, yang menulisnya pun muak bacanya, hahaha, semoga vistor lagi dikit. dan memang gak mudah loh, membangun mood yang lagi enak-enaknya.

Okey, saya akui belakangan ini saya kurang konsisten ngeblog karena sedang sibuk di luar semenjak menjadi salah satu anggota kepengurusan sebuah komunitas blogger, monggo bergabung di Mom Blogger Community/ MBC (promosi, wkwkwk) dan kamu tahu sebenarnya ada lebih dari 70 draft yang sedang dalam masa edit dan menunggu gilir publish tapi tidak disegerakan juga sudah bertahun-tahun, hahaaa... dasar. bukan apa-apa, tapi karena kesibukan.
Kangen nulis? pastilah.
Nunggu waktu yang tepat? harus!
kenapa,  karena buat saya mood saat menulis mempengaruhi kualitas konten.
Masa pikiran, sikon lagi ruwet kita paksakan nulis, gak maukan seperti apa yang saya bilang tadi, hambar, kesannya maksain banget, yang menulisnya pun muak bacanya, apalagi pembaca, hahaha...

Udah gak usah banyak ngombe yang gak penting langsung aja pada intinya,

Tips Menciptakan Good Mood saat Menulis Blog


1. Kondisikan Tempat yang Menurutmu Nyaman
Mungkin ada beberapa orang yang nyaman menulis ditempat umum seperti di area wifi free taman kota, food court, cafe, dll. okey gapapa selama tempat itu membuat kalian nyaman, tapi boleh aku sharing tempat menulis yang aku suka adalah yang sepi, jauh dari keramaian maupun suara orang disekitar. it's so easy pokoknya enjoy banget deh mau merangkai kata-kata apa juga.

2. Mengenali Waktu yang Tepat untuk Ngeblog
Setuju gak sih, kalo kita melakukan sesuatu termasuk menulis gak bisa gitu loh di dalam situasi yang sedang ruwet. pokonya hindari situasi seperti ini, jangan paksakan, dan bagi kita yang udah emak-emak tetep pioritas keluarga dulu. stop ketak-ketik, tutp laptop, kelarin tangisan anak, kelarin dapur, kelarin suami XD... next lanjut lagi, kalo kata tukul "kembali ke laptop!"

3. Mood yang Relax
Balik lagi ke poin 3, tidak jauh berbeda sama-sama saling mempengaruhi. karena kalo keadaan ruwet, pikiran semeraut mood malah gak relax, gelisah. Mood yang relax adalah saat yang tepat untuk menulis. Jangan dipaksakan bila pegal istirahatlah sebentar, boleh di draft tapi jangan sampe bertahun-tahun ya.... XD

4. Mencari Inspirasi di Sekitar
Sebenarnya ada banyak inspirasi di sekitar kita untuk di jadikan bahan tulisan, itu menurut saya pribadi. jadi ketika pikiran sedang buntu coba perhatikan benda disekiling kita. misal ada dompet keliatan kartu BPJS, buat saja tulisan tentang BPJS, atau hari ini kamu habis mengurus sesuatu bisa juga dishare. ketika inspirasi sudah di dapat good mood akan muncul dengan sendirinya...
yang merasa pernah ngalami ini, bener kan? bener kan?

5. Manfaatkan Waktu Luang
Jujur saya masih memanfaatkan waktu luang dengan tidur, haha..
gak lah, gak lah, gak semuanya waktu luang itu untuk tidur. jadi saat kamu sedang senggang dan merasa ingin bercerita maka tumpahkanlah lewat tulisan. ketika ada niat ingin menulis, menulislah jangan ditunda. buka hape, tulis yang ingin ditulis di note, bersambung kalo lagi mood, lama-lama jadi artikel dan bisa dipindahin ke blog.

6. Menulislah dari Hati 
Emang susah menulis dari hati, nulis bagus niatnya biasanya cuma karena ingin menang lomba blog, haha. Infografis, detail, SEO ok, rajin BW tapi asal cuma buat naikin DA, hmmm apakah itu dari hati? Dari hati karena sesuatu mungkin ya, hehe. Tapi kalo akhirnya gak sesuai sama tujuan kita, taukah kamu itu malah membuat bad mood berkepanjangan, malah pahitnya setelah itu jadi malas nulis blog lagi. Its no, no, no...

Seperti yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu tentang Menulislah dari hati.

7. Cemilan di Samping Laptop
Ini, ini nih yang harus ada dan selalu berhasil bikin good mood saat ngeblog. 😂

Dan itulah buibu, 7 Cara Menciptakan Good Mood saat Menulis Blog versi mom Bella yang sudah malang melintang di dalam dunia kepengurusan rumah tangga sambil ngeblog, #halah 😂 boleh ikutin boleh kagak, yang bener ikutin, yang gak bener buang ..

Selamat Menulis 😊

17 comments:

  1. Kadang udah nyiapin makanan, mood bagus, eh anak bangun. Emang kalau di rumah pasti banyak godaannya, paling enak kalau ngeblognya sambil ngafe, hahaha maunya.

    ReplyDelete
  2. Mood memang pengaruh banget ya dalam tulisan. Aku kadang aku paksain aja dulu nulis. Setelah mood membaik, baru diedit dengan hati ��

    ReplyDelete
  3. Setujuuuu!!!! Masalahnyaaaa tempat yang menurut aku passs untuk nulis adalah di cafe dan sendirian. Itu langka ditemukan. Hahahaha... pluuuss mahal modalnya untuk beli kopi dan camilannya.

    ReplyDelete
  4. Bener y mba aku termasuk newbie bgt di perbloggeran nih jd mood nya pun harus bener-bener pas bgt klo mo nulis yaa..Nulis membuat plong hati krn ada media curhat ya mba

    ReplyDelete
  5. Cemilan ini bikin mood naik,, tapi setelah kerjaan selesai dan lihat ke cermin..... kok tambah lebar badan ini..

    ReplyDelete
  6. buatku sih waktu yang tepat mba bel kalau pas waktunya melompong aku bisa nulis 1-2 jam beres selesain 1 post saja klo wkatu ga tepat berhari2 kadang sampe ga ngerjain :D

    ReplyDelete
  7. Aduh ini ideal bangett, pengen bisa kaya gitu tapi ga mungkin adanya si krucil huhuhu

    ReplyDelete
  8. Cemilan di samping laptop...Akyuuu bangets kwkwwk
    Untung enggak ngaruh ke timbangan #eh :D

    ReplyDelete
  9. Good mudku saat anak2 masih bobo hahhaa. Gak tau knp kalau anak2 masih melek bawaannya males buka blog huhuhu

    ReplyDelete
  10. Boleh banget nih tipsnya Mom. Aku mau coba ah satu persatu biar moodnya up terus.

    ReplyDelete
  11. Aku nulis by hape tapi tetap butuh cemilan juga kok wkwk

    ReplyDelete
  12. Cemilan itu wajib buat aku! Tapi harus dikurangi nih karena angka di timbangan semakin ga bersahabat hahaha

    ReplyDelete
  13. Mood jelek, konten jelek, yupp itu fakta mbak. Memang untuk membuat tulisan bagus ini harus dalam kondisi nyaman dan pewe.

    Saya mengakali untuk bikin rasa bahagia dulu. Entah itu olahraga, nonton film, ngobrol santai. Intinya bikin bahagia deh. baru kemudian nulis

    ReplyDelete
  14. wah makasih mbak tips2nya! kebetulan blog aku lagi bolong mulu mau nulis suka gak ada mood nya. mau coba deh tips2nya :D

    ReplyDelete
  15. Tipsnya saya banget Mba. Apalagi no.6 ��

    ReplyDelete
  16. Buat yang ngeblog seumur jagung, membangun mood itu susah banget, keganggu sama hape dering dering wkwkw

    ReplyDelete
  17. saya blogger yang moody banget. ngeblog pas dapat hidayah aja :D

    ReplyDelete