Sunday, October 14, 2018

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Traveling

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Traveling

Tinggal menghitung bulan lagi menjelang libur panjang. Sudahkah kalian membuat planning, seperti Tempat wisata yang ingin dikunjungi? Transportasi yang dipilih? dan Hotel yang ingin ditempati? Jika belum, saya punya refrensi yang mungkin saja bisa menjadi pilihan kalian. So, read until it runs out!


Travelling bersama anak laki-laki,
Menurut hadits riwayat anak laki-laki yang sudah berusia 7 tahun diwajibkan untuk melakukan perjalanan (musafir) bersama ayahnya. Karena sesi ini Akhdan masih 5 tahun dan saya seorang single mother (berharap pas 7 tahun sudah ada bapak buat Akhdan 😂) saya selalu melibatkan sang anak untuk melakukan Travelling bareng, dan kita menyebutnya ngebolang (bolang: bocah petualang). ngebolang itu bisa macam-macam tempatnya, bisa dari tempat yang dekat sekitaran rumah sampai pelesiran ke tempat yang jauh di luar kota.

Baca juga: Melihat Keindahan Sunrise di Bromo

Beberapa waktu yang lalu saya sudah membuat planning untuk liburan nanti bersama anak. Tempat wisata yang menjadi pilihan kami masih wilayah DKI Jakarta, tepatnya Jakarta Selatan. Jangan jauh-jauh dulu orang playdatenya kita berdua aja, satu lagi ding sama adikku buat bantu-bantu, haha. Beberapa tempat wisata yang ingin kita kunjungi di Jakarta Selatan adalah,
  • Kebun Binatang Ragunan 
  • KidZania Pacific Place
  • Wisata Pendidikan Pinisi
  • Beberapa Musium dan Taman
Refrensi tempat bisa lihat disini: 20 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

1. TENTUKAN DESTINASI LIBURAN
Tentukan tempat wisata yang ingin kamu tuju dari jauh-jauh hari, agar dapat diperhitungkan biaya pengeluarannya dengan begitu kamu akan lebih termotivasi untuk menabung atau mengumpulkan budget untuk liburan.

2. KUMPULKAN INFORMASI TENTANG DESTINASI LIBURAN
Perbanyak informasi tentang tempat tujuan. ini penting supaya kita dapat mengira-ngira apa saja nanti yang dibutuhkan agar persiapan semakin matang.

3. BUDGET
Biaya adalah yang paling utama, dari 1 dan 2 hal diatas percuma kalo gak ada budget,  ya kan? Untuk itu perlunya kita membuat planning seperti menabung khusus untuk liburan dari jauh-jauh hari seperti. Budget kita juga mempengaruhi tempat wisata, transportasi, akomondasi, sebagainya. semakin jauh dan banyak tempat yang ingin kita kunjungi semakin besar pula biaya yang dibutuhkan.

4. TRANSPORTASI
Pikirkan transportasi yang akan kita pilih nanti misalnya, transportasi pribadi atau umum seperti kereta api, pesawat, dan sejenisnya, sampai mobil sewa (jika perlu). Gunakan transportasi yang mudah di akses dan nyaman ya.

Baca juga: Cara Membeli Tiket Kereta Api Secara Online 

5. HOTEL
Tempat wisata ✔, informasi ✔, budget ✔, transportasi ✔, sudah semua tinggal kita pilih hotel untuk tempat bermalam. Liburan akan lebih nyaman jika kita sekalian menyewa tempat untuk menginap agar tidak terlalu kelelahan di perjalanan nanti, terutama tempat wisata yang kita kunjungi jauh. Pilihlah hotel atau tempat penginapan yang dekat dengan tempat wisata kamu serta mudah diakses transportasi. Kecuali jika kalian ingin ngebolang ala wild west, hehe.

Karena destinasi liburan yang saya pilih di Jakarta Selatan saya harus akan mencari terlebih dahulu hotel terdekat di Jakarta Selatan kemudian membooking hotel melalui traveloka atau klik disini.

Melepaskan sejenak rutinitas yang membuat stres, sebenarnya di waktu liburan nanti saya ingin bebas dari gangguan apapun kecuali bersenang-senang jalan-jalan dengan anak termasuk sisanya setelah bermain di tempat tujuan pasti sangat capek, terlebih saya hanya berdua atau bertiga dengan adik, dan terpikirkan untuk menginap di hotel untuk sekedar memanjakan diri, menyenangkan hati yang sedang mengalami proses move on dan bermusafir, wkwkwkwkk.

Nah, untuk mencari informasi tentang transportasi dan tempat menginap seperti pemesanan tiket kereta api atau pesawat sampai booking hotel di Jakarta Selatan saya pilih traveloka untuk mempermudah transaksi online.

Dan ini beberapa hotel di Jakarta Selatan Recommend dari traveloka.

Hotel di Jakarta Selatan

Hotel di Jakarta Selatan

Jangan khawatir, untuk biaya hotel bisa kita atur di pencairan yang sesuai budget. Hmmm, tapi kali ini rasanya pengenlah nginep di hotel mewah, asal kamu yang bayarin ya, haha.

Ada banyak kelebihan booking hotel secara online, selain hemat waktu, dan tenaga, memesan hotel secara online juga lebih mudah dan murah karena banyak promonya, hehe. Nah, buat kamu yang belum pernah mencoba booking hotel di secara online, yuk aku kasih tau cara mudahnya booking hotel di Traveloka!

Cara Booking Hotel di Traveloka

  • Dwonload Aplikasi Traveloka di Google play atau Playstore
  • Lalu Daftar untuk mendapatkan keuntungan lebih sebagai member
  • Pilih HOTEL di bagian katagori
  • Silahkan isi data seperti, tempat hotel di daerah destinasi (misal, Jakarta Selatan), Tanggal Check in dan check out, Jumlah Kamar dan orang.
  • Filter Pencarian Hotel yang kamu suka seperti, Bintang, dan fasilitas bayar di hotel booking sekarang :)
  • Klik Cari
Nanti akan muncul beberapa hotel yang direkomendasikan. Jika sudah ketemu hotel yang sesuai kamu akan di arahkan ke opsi selanjutnya yakni, PILIH KAMAR.
  • Kemudian, isi data pemesan yang meliputi, Nama, no.hp dan email. Sampai diarahkan ke payment
  • Pilih Metode pembayaran. Traveloka menyediakan pembayaran melalui debit, kartu kredit dan melalui minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.
  • Setelah itu kamu akan di beri kode pembayaran.
  • Segera lakukan pembayaran sebelum 15 menit.
  • Jika sudah melakukan pembayaran, akan terkonfirmasi otomatis. Atau boleh melakukan konfirmasi lagi di akun traveloka.
  • Finally, setelah melakukan pembayaran kamu akan mendapatkan voucher berupa kode booking yang nanti bisa ditunjukan pada pihak hotel.

Bagaimana, mudahkan Cara Booking Hotel di Traveloka!

Saking gampangnya sekarang kalo mau liburan dan pilih hotel atau tiket tinggal buka aja aplikasi traveloka.

Bagi saya libur panjang maupun weekend adalah kesempatan we time bersama sang anak atau keluarga besar. Karena waktu itu mahal, ada banyak yang ingin saya lakukan dengan putra semata wayangku. Jangankan libur panjang, weekend pun saya selalu berusaha menciptakan quality time untuk melakukan hal yang seru bersama anak, seperti wisata kuliner, menemani mamahnya belanja atau mengurus sesuatu, dan yang paling penting adalah waktu untuk ngebolang bersama atau Traveling.

Yuk, buat planning liburan ala Keluargamu sekarang!

11 comments:

  1. Semoga saat umur 7 nanti Akhdan sudah ada Ayah.. Aamiin
    Memang liburan kalau direncanakan akan lebih nyaman Mbak. .Karena sudah pasti tempat yang dituju termasuk tempat menginapnya.
    Dan memesan penginapan di Traveloka menjadikan liburan makin menyenangkan

    ReplyDelete
  2. Waaww pakai traveloka jadi lebih lancar dan cepat ya, mom.
    Terima kasih sharingnya ya, mom

    ReplyDelete
  3. Traveloka emang merajai segala keperluan buat travelling ya mom. Kita gak perlu repo2 cari hotel, akomodasi, dll. Semua bisa diintip dr Traveloka

    ReplyDelete
  4. Saya juga suka booking tiket via traveloka..selain cepat juga simpel ga perlu antri di loket. Rencananya akhir tahun juga pengen travelling bareng anak2..semoga terwujud.

    ReplyDelete
  5. Traveloka bikin mudah ya mba Bel kemana2 juga jadi gampang buat booking transportasi maupun hotel, di kantor juga langganan pesen tiket di Traveloka

    ReplyDelete
  6. Oh iya ya sebentar lagi liburan semester anak, lupa belum menentukan liburan kemana. Makasih mba tipsnya, kebetulan kemaren baru download traveloka

    ReplyDelete
  7. youre so strong mbak... iya sih dulu mah aku pp langsung meskipun jauh ga masalah.. tapi sejak ada si kecil udah ga bisa lagu.. mesti nginep

    ReplyDelete
  8. Setuju mba. Apalagi kalo liburan dgn anak2 perlu banget itu yg namanya Membuat Planning agar liburan nya nyaman serta nikmat

    ReplyDelete
  9. nah yang mau liburan ke Jakarta, bisa nyontek blog nya mom bella nih... TRaveloka andalan ku banget kalo mau booking tiket dan hotel.

    ReplyDelete
  10. Semoga dengan perjalanan yang menyenangkan saat liburan dapat mengurangi kejadian yang tidak di inginkan.

    Traveloka sangat membantu sebelum perjalanan liburan travel.

    ReplyDelete
  11. Terimakasih infonya min, sukses terus..

    ReplyDelete