Monday, May 14, 2018

Review Kuliner: BONANZA BEEF BAKSO vs BAKSO PINGGIR JALAN

BAKSO BONANZA

Kalo saya tanya, siapa yang suka Bakso?
Rasanya hampir semua orang jawab 'saya'. Bagaimana jika pertanyaan saya ganti,
Siapa yang mau bakso gratis ini? langsung deh semua jawab, mauu!
Yaiyalah mau saya juga mau, hehe.
Sore kaya gini enaknya nulis blog sambil makan bakso Bonanza. nah, di Blogpost kali ini saya mau menulis tentang Frist Date saya with BONANZA BEEF BAKSO.
BAKSO BONANZA
Maraknya isu tentang bakso berbahaya, harga daging sapi yang mahal, serta daya beli yang rendah mendorong beberapa pembuat bakso melakukan pengurangan persentase penggunaan daging sapi serta menambahkan bahan kimia untuk kekenyalan dan ketahanan bakso. Secara tidak langsung mengubah image bakso menjadi buruk. Meskipun penggemar bakso masih tinggi disemua segment, namun konsumsi bakso telah banyak ditinggalkan oleh beberapa segment karena dirasa sudah tidak akan dan bukan lagi menjadi makanan papan atas dan bertahan hanya sebagai jajanan, street vendor.

Rabu 9 Mei 2018, saya mendapat undangan dari MBC (Mom Blogger Community) untuk menghadiri Peluncuran Produk Bakso di Kolega x MarkPlus, Coworking Space, Kuningan, Jakarta selatan.

Dengan keinginan untuk berkontribusi mengembalikan bahwa konsumsi BAKSO SAPI merupakan salah satu BUDAYA KULINER INDONESIA yang digemari dan aman dikonsumsi oleh semua kalangan, GGF (Great Giant Foods) melaunching produk baru yaitu BONANZA BEEF BAKSO. GGF (Great Giant Foods) adalah grup dibawah naungan GUNUNG SEWU yang bergerak dibidang perkebunan, peternakan, pengolahan buah-buahan dan animal protein.

PELUNCURAN PRODUK BAKSO BONANZA
Narasumber: Dayu Ariasintawati (director) dan Emilia Ahmadi (ahli gizi)

Ibu Emilia menjelaskan tentang pentingnya mengonsumsi daging merah terutama untuk anak-anak. namun ditengah-tengah kesibukan kadang seorang ibu menyajikan daging olahan yang praktis seperti bakso. yang menjadi masalah adalah ketika masyarakat kurang mengerti bagaimana memilih bakso yang tetap sehat dan aman. bakso yang banyak dijumpai biasanya tidak higienis seperti diletakan di ruang terbuka, tidak jelas komposisinya, apakah menggunakan bahan campuran atau tidak, dan lain sebagainya.

Ibu Dayu selaku menejer direktur GGF menerangkan, bahwa bakso yang diproduksi GGF menggunakan daging sapi segar. Bakso BONANZA di proses dan dikemas dalam keadaan beku (frozen) untuk tetap menjaga kualitas kandungan gizi. Bu Dayu juga mengatakan bakso yang sehat itu tidak mengandung banyak bahan campuran yang tidak bermanfaat seperti bumbu kuah instan yang sebenarnya bisa kita buat sendiri dengan mudah di rumah. Bonanza Beef Bakso tidak ada bumbu kuah instan, yang nantinya akan merusak gizi yang sudah terkandung karena bonanza tidak mengandung bahan pengawet, pewarna, dan pengenyal.

Dari acara tersebut saya mendapat pengetahuan tentang memilih produk dan mengolah bakso yang benar tetap sehat dan aman diantaranya;

☑️ Suhu penyimpanan sangat penting untuk menjaga kualitas Bakso
☑️ Bakso yang sehat itu yang mengandung daging segar pilihan, lalu dikemas dengan benar untuk menjaga kualitas gizi dan kesegaran daging.
☑️ Bakso dengan bumbu instan itu kurang sehat
☑️ Jadi tau bumbu membuat kuah Bakso buat bikin sendiri di rumah (mamah baru yang lagi belajar masak) πŸ˜‚
☑️ Semua Produk dari GGF kualitasnya no.1 terutama susu Hometown yang aku suka, buah-buahan lokal yang udah punya brand.

Di penghujung acara PELUNCURAN BONANZA BEEF BAKSO para tamu dipersilahkan mencicipi Bakso Bonanza dan mendapat godiebag berupa Bakso Frozen Bonanza Beef Bakso dan Buku Resep Menu Ramadhan. aku suka sama buku resep ini karena cara membuat menunya sangat mudah dan menggunakan bahan-bahan yang tidak sulit dicari. isi nya berupa menu resep,
Bahan Dasar Bakso;
  • Bakso Kuah
  • Bakso Kari Pedas
  • Bakso Tahu
  • Capcay Bakso
  • Kari Daging Sapi
  • Lumpia Bakso Oriental
Bahan Dasar Susu Hometown;
  • Soto Betawi Susu Segar
  • Kolak Pisang
  • Puding Susu Jahe
  • Rice Pudding
  • Bubur Kacang Hijau
Selain cocok dipraktekan untuk ibu rumah tangga, dari buku resep ini juga, kita bisa mencontek loh semua menunya untuk dijual ala rumahan, kan sebentarlagi puasa tuh ye. puas deh, buat bahan ajar mamah baru seperti saya, hehe.
Bunda penasaran kan sama isinya buku resepnya? next time saya akan sharing di blogpost tema Ramadhan. 😊


                                                                            ***
Hampir semua orang suka bakso. terbukti dari banyaknya penjaja bakso yang banyak dipinggir jalan, sampai ke tempat lebih bekelas. bakso juga menjadi santapan favorite semua kalangan. menu bakso ini juga bermacam-macam, ada bakso kuah, bakso bakar, bakso goreng, bakso untuk campuran olahan masakan. Meskipun isu tentang Bakso berbahaya selalu ada saja beritanya, tetap saja bakso tidak pernah kehilangan penggemarnya. resiko ikut menyantap bakso tidak sehatpun lebih besar saat kita memilih jajan diluar namun minim pengetahuan tentang jajanan yang sehat.

Kali ini saya ingin mereview tentang kuliner Bonanza Beef Bonanza (Bakso Bonanza Beef) dengan Bakso di pinggir jalan serta Bakso kemasan yang banyak beredar di pasaran, sebut saja merknya X.

BONANZA BEEF BAKSO || BAKSO DI PINGGIR JALAN || BAKSO KEMASAN MEREK X


JIKA DILIHAT DARI PENGEMASANNYA


BAKSO BONANZA BEEF
Bonanza dikemas dalam keadaan beku (frozen), dibungkus plastik berwarna putih, transparan, dan gold dengan lebel merk berwarna merah, ada gambar sapi. di depan kemasan bagian bawah tertulis berat bersih 500gr, aturan penyimpanan; simpan beku -18, ada no.BPOM RI MD 239510062109, lebel HALAL, Didistribusikan oleh : PT.Great Giant Livestock Terbanggi Besar, Lampung Tengah 34165 Indonesia.
Di belakang kemasan tertulis keterangan produk, website dan sosial media Bakso Bonanza, Komposisi, Informasi nilai gizi, cara memasak (direbus, dibakar, digoreng), tanggal kadarluarsa, barcode harga. Harga untuk 500gr Rp. 85.000
☑️ informasinya lengkap dan jelas asal usulnya


BAKSO di Pinggir Jalan
Tidak memakai kemasan karena biasanya dibuat langsung di rumah penjual. terpajang di kaca tanpa penutup etalase. jika di cemplungin ke dalam panci pakai tangan abangnya langsung. Bakso mentahnya terlihat kurang segar mungkin karena lembab harus di pajang dikaca dalam kondisi suhu ruangan (panas). Harganya relatif dan bervariasi sekitar Rp. 8000- Rp. 15.000/porsi tergantung ukuran Bakso.

✖️ Rentan berkembangnya bakteri meskipun sudah di panaskan lewat perebusan nantinya, bakso dagingnya jadi kurang berasa segar (segar buah dan segar daging beda ya)


BAKSO KEMASAN MERK X
Dikemas dalam keadaan dingin (tidak beku) sebagiannya lagi tanpa dibekukan. Jadi ada produk dikeluarkan dari lemari pendingin di pajang di luar suhu ruangan sampai laku. Ada juga yang tidak dibekukan. di bagian depan kemasan tertulis merk no.BPOM RI, lebel halal warna hitam bukan hijau, dan tempat Produksinya.
Dibagian belakang kemasan ada Komposisi, Cara Memasak, Aturan Penyimpanan. namun beberapa merk ada yang kurang menerangkan informasi produk. Harganya relatif murah mulai dari Rp. 3000 per 250gr

✖️ jika bakso kemasan tidak langsung dikonsumsi, dan keluar masuk pendingin malah memudahkan bakteri berkembang biak.

Hati-hati moms terkadang ada bakso yang sudah berjamur namun tidak kelihatan, ini bukan hoaks aku sendiri pernah lihat langsung di sekolahan, makannya kasih tau anak agar cermat memilih jajanan.

JIKA DIRASAKAN DARI TEKSTURNYA



SOAL RASA

BAKSO BONANZA
"Satu kata pas nyobain bakso ini Dagingnya berasa banget! jadi tuh ya pas dikunyah lembut dan menyatu. gak ada bau aneh-aneh seperti bawang putih atau bumbu, ayam. sayangnya baksonya kurang banyak dan kurang besar.  kalo yang ini selera saya loh ya, saya sukanya yang besar-besar biar puas, hehe. Bakso gorengnya enak sih gak berminyak tapi Bakso bakarnya lebih enak. aroma Bakso Bonanza pas di dalem panci panas itu daging banget. harga emang gak menghianati kualitas ya, hehe"

BAKSO di Pinggir jalan
"Rasa kuahnya saya akui sangat gurih, beberapa dagingnya ada yang agak padat, keras kenyal, rasanya ada manis-manisnya ayam-ayamnya, tepungnya berasa banget, dan harum bawang putih terlalu menyengat. tapii, ada tapinya nih, kadang kala sayuranya itu kurang higienis apalagi sawinya mentahkan ya, terus gak ngejamin talase gerobak baksonya itu bersih apa enggak, terpapar debu, asap apa enggak, mie kuningnya aman apa engga, kasih mecinnya sesuai petunjuk penggunaan apa enggak, sambelnya dan sausnya asli atau minimal tidak pakai bahan berbahaya apa engga?
wah banyak banget ya pertanyaannya, hehe"

BAKSO Kemasan Merk X
"Bakso ini biasanya disajikan dengan cara di bakar dan goreng. saya ambil dari jajanan di sekolahan dekat rumah. dimulut sangat lembut kerasa campuran tepung, acinya, tekstur di mulut kalo kata orang sunda mah meni "cakial" kenyal namun tidak berasa dagingnya"

nilai bakso bonanza
nilai bakso keliling
nilai bakso kemasan merk x
Kesimpulan:
Dibanding dengan Bakso mayoritas, BONANZA BEEF BAKSO lebih berasa dagingnya, beneran loh!. Dengan kemunculan BONANZA BEEF BAKSO ini saya berharap citra bakso kembali pada tempatnya yang seharusnya, yaitu sebagai makanan jajanan semua kalangan dan membanggkan bakso sebagai kuliner indonesia ke luar mancanegara. Baksonya orang indonesia itu berkualitas baik seperti BONANZA BEEF BAKSO.

"wah kalo udah ngereview barengan bakso lain saya jadi yakin deh bokso Bonanza lebih sehat pilihannya emak-emak cerdas!"

Kamu juga bisa mendapatkan Bakso BONANZA disini,


Info Selengkapnya di website www.bonanza_beef.co.id
Kepoin dan Follow Sosial Media Bakso Bonanza
Instagram: @Bonanzabeef.id
Facebook: Bonanza Beef
hastag:
#Baksobonanzaxmbc
#Baksoindonesiayabaksobonanza
#Baksopastibonanza
#Bonanzabeefbakso
#Berasabangetdagingnya

Karena sebentar lagi Bulan Ramadhan kehadiran Bakso BONANZA ini sangat membantu kita menjadi menu alternative untuk sahur, menu buka puasa dan menu lebaran. Karena BAKSO BONANZA mengandung protein tinggi, mudah dalam penyajian serta AMAN dan ENAK.

Baiklah, saya akhiri tulisan saya sampai disini, semoga menjadi manfaat bagi yang membacanya.

SELAMAT MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN DAN SALAM BAKSO LOVERS!



________________________________www.agmiabella.com________________________________


36 comments:

  1. Kumplit tulisannya mba... bermanfaat... boleh dikirim sekalian mba, biar aku juga bisa tester...

    Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... aku juga mau nih klo testernya selama setahun aku bagi2 eh bikin give away kalo yee πŸ˜‚enak deh pokoknya πŸ‘

      Delete
  2. Gua termasuk pecinta bakso dan. Pecinta wanita hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha πŸ˜‚ sama kaya bakso ya, milih wanita juga kita harus teliti hihiπŸ˜‚

      Delete
  3. Wah saya penggemar bakso Bunda dan bakso jadi salah satu makanan favorit saya. Walau suka. Tapi saya pilih-pilih khawatir mengandung zat-zat yang berbahaya. Wah saya jadi pengen coba bakso merek ini jadinya ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain bunda buat erysha 😊 di tangerang ada, bdg juga ada πŸ‘

      Delete
  4. Enak nih mba, buat setok lebaran... kalau bikin sendiri ga punya penggilingan daging, mau ke tempat penggilingan daging rasanya ogah2ah soalnya tempatnya gak higienis. Jadi bakso begini bisa dijadikan alternatif, gak usah bingung2 lagi ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak πŸ‘πŸ˜Š
      Bakso bonanza ini daging sapi nya berasa bgt. Jadi cocok disajikan buat moment besar

      Delete
  5. Ada harga ada rupa ya hehe... makasih infonya, tapi sepertinya ini blm merambah ke kota2 kecil ya... jadi baru bisa dinikmati oleh orang2 yg tinggal di kota besar saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, hanya di kota besar. next in sha allah bakalan memperluas lg pemasarannya, ini baru peluncuran :)

      Delete
  6. bakso..salah satu makanan favorite saya ini mbak,

    bisa dibilang baksi bonanza ini berkualitas ya mbak tapi harganya juga lumayan untuk orang2 kelas bawah. hehe,

    bakso juga banyak olahannya, bisa digoreng, dibakar, disambal atau ditambahin kuah jadi bakso kuah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang klo dilihat dr harganya setingkat lebih naik dibanding bakso yg lain, krn daging sapinya asli. ada nya bakso bonanza ini mengubah cara pikir masyarakat bahwa bakso bukan hanya jajanan pinggir jalan namun hidangan mewah lainnya krn berkelas hehe

      Delete
  7. Wah .. bakso bonansa ternyata lebih baik dibamding dengan bakso lsinnya.

    ReplyDelete
  8. Bonanza beef bakso memang pilihan para pecinta bakso yang cerdas yaa mom :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benr emak-emak emng harus cerdas kalo soal asupan gizi keluarga :)

      Delete
  9. Aku baru tau deh klo bakso bumbu instant itu tdk sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. benr bunda memang lebih baik buat sendiri, mudah koq cara pembuatannya :)

      Delete
  10. Wowww keren ulasannya.. semacam reportase investigasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi yg di trans itu ya πŸ˜‚
      Kalo udh kepo kaya begini deh kelakuan saya

      Delete
  11. informatif banget, makasih Mbak :)

    ReplyDelete
  12. Bakso makanan wajib suami aku, Mbak. Indikator kesehatannya dilihat dari bakso. Kalau sampai bakso aja ditolak itu artinya sakit cukup berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada ya yg kaya gitu.. kalo bakso bonanza mah pasti suami mbak bisa bedain kualitasnya ya 😊

      Delete
  13. Baksonya kurang banyak.. yes, bener bangeet. Hahaha.. suami saya tuh padahal ga suka bakso tapi pas makan bonanza, dia suka banget loooh.. jadi bisa buat bahan merayu nih.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi Iya bonanza enak buat anniversary jg ide bagus tuh πŸ˜‚

      Delete
  14. Baksonya ga bikin eneg & khawatir.. Berasa pula dagingnya.. Baru kali ini sy brani nyetok byk.. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, aku juga jd beli trus, buat menu darurat klo males masak hehe

      Delete
  15. Bakso Bonanza emang enak, berasa dagingnya ya secara 84% daging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg aku suka. Tanpa hawatir bahan campuran yg tak berguna ya

      Delete
  16. Lengkap banget penjelasannya bakso Bonanzanya. Jadi mupeng pengen makan bakso lagi. Ini mah, emang beneran enak ya baksonya, asli daging sapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya moms harga juga gak menghianati kualitas ya 😊

      Delete
  17. Makin yakin bakso Bonanza enak dan aman. Daripada jajan bakso yang ga Jelas mending Bonanza aja.

    ReplyDelete
  18. bakso nya enakk mbakk , bikin ketagihan ... kenyal dan berasa banget dagingnyaa.. harus selalu sedia untuk stock di rumah yaa mbak itu bakso

    ReplyDelete