Tuesday, May 1, 2018

Saya Memilih Bank berbasis Syariah

 edukasi perbankan syariah "mari mengenal Bank Syariah lebih dekat" oleh BCA Syariah
Kemajuan teknologi yang semakin canggih seperti saat ini, membuat semua orang terbawa mengikuti arus perkembangan zaman. bisa kita lihat dari fungsi internet zaman now yang apa-apa serba online, mulai dari olshop, ojol, pesan tiket, hotel, pembayaran ini itu dan lain sebaginya. dan untuk memenuhi kebutuhan transaksi itu harus melalui rekening bank. agar lebih praktis rasanya memiliki rekening di Bank sudah merupakan hal yang wajib.

Belum lama ini saya memutuskan untuk hijrah dari bank konvensional ke syariah. alasannya, agar tidak terlalu banyak potongan admin mengingat uang yang saya simpan bukanlah uang dalam jumlah besar hanya untuk keperluan bertransaksi saja, dan in sha allah halal. sayangnya tidak banyak perusahaan e-commerce yang menggunkan Bank berbasis Syariah. Betul?

Sebenarnya ada banyak keuntungan menabung di Bank Syariah salah satunya biaya admin bulanan yang kecil atau bahkan free. namun bagi kalian yang sering bertransaksi ke lain Bank seperti Bank Konvesional akan sedikit merepotkan. Pertama, fasilitas mesin ATM yang terbatas. Kedua, potongan admin ke beda Bank yang lumayan besar belum lagi jika bertransaksi di mesin ATM lain. Ketiga, kantor cabang yang terbatas dan berada di wilayah tertentu seperti kota besar saja.

hmm, alih-alih mencari admin bulanan yang kecil malah tekor banyak di transaksi beda Bank. seperti biaya admin transfer ke Bank Konvensional atau ongkos menuju kantor cabang yang jauh πŸ˜‚

Oleh sebab itu, bagi kalian yang memilih Bank Syariah tetapi sering bertransaksi ke lain Bank, harus cermat dalam memilih Bank Syariah agar tidak merugi karena biaya admin pertransaksi ke beda Bank. Terkecuali jika rekening Bank Syariah dikhususkan untuk simpanan dana atau menabung, menurut saya tidak masalah :)

Saya Memilih Bank berbasis Syariah

Sebelum mantap memilih Bank berbasis Syariah, saya sudah memiliki rekening di Bank Konvesional. bahkan sudah hampir seluruh Bank kenamaan sudah saya jajali dan yang paling lama adalah menggunakan BRI, sampai manis pahit, untung, rugi sudah saya rasakan dari berbagai bank hingga akhirnya terpikirkan untuk berhijrah ke Bank Syariah.

Bukan apa-apa, tetapi jika saya membuka rekening baru lagi seperti Mandiri Syariah. saya kesulitan mendaftar karena ada syarat yang kurang terpenuhi. Seperti "surat domisili" yang tidak ada (On proses di Dispendukcapil, baca cara mengurus surat pindah yang sudah pernah saya tulis, disni) karena KTP saya Kota Bekasi dan sekarang saya menetap di Indramayu. dan yang berikutnya nomer telepon rumah, sampai  NPWP.

Keingin saya untuk pindah ke rekening Syariah terwujud pada BJB Syariah kanca Patrol, Indramayu. meskipun KTP saya Bekasi karena sudah E-ktp jadi dimudahkan (Padahal seharusnya sudah begitu ya seluruh Bank πŸ€”) 

BJB SYARIAH
Kelebihan Bank Syariah kurang lebih semuanya hampir sama, mulai dari biaya bulanan yang kecil, saldo endapan minimal Rp.25.000-50.000, Setoran awal yang ringan misalnya RP. 50.000-Rp.100.000, Memudahkan rencana keuangan ke baitullah, adanya tabungan emas, haji, zakat dan fasilitas m-banking. nah, agar lebih rinci saya tulis di bawah ini

Perbedaan BANK SYARIAH dan BANK KONVESIONAL

BANK SYARIAH
  • Hanya berinvestasi pada usaha yang halal
  • Berdasarkan sistem bagi hasil, margin keuntungan dan fee
  • Besaran bagi hasil berbuah-buah sesuai kinerja usaha
  • Profit dan Falah oriented (in sha allah, keuntungan dunia dan akhirat, sejahtera lahir dan batin)
  • Pola hubungan bank & nasabah : kemitraan
  • Ada pengawasan syariah oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS)

BANK KONVENSIONAL
  • Berinvestasi baik halal maupun haram
  • Berdasarkan sistem bunga
  • Besaran bunga tetap
  • Profit oriented (kebahagiaan dunia saja)
  • Pola hubungan bank & nasabah : debitur-kreditur
  • Tidak ada pengawasan syariah 
Berdasarkan Prinsip Syariah Dalam Oprerasional Perbankan Syariah,


HARUS
✔️ Prinsip Kemitraan (ta'awun)
✔️ Prinsip Keadilan (saling ridho)
✔️ Prinsip Kemanfaatan (kemaslahatan)
✔️ Prinsip Keseimbangan (tawazun)       
✔️ Prinsip Keuniversalan (rahmatan lil'alamin)

DILARANG
✖️ Riba (penambahan pendapatan secara tidak sah)
✖️ Haram (transaksi yang objeknya dilarang syariah)
✖️ Maisir (transaksi yang tidak pasti & bersifat untung-untungan)
✖️ Zalim (transaksi yg menimbulkan ketidakadilan bagi pihak lain)
✖️ Gharar (transaksi yang objeknya tidak jelas)
✖️ Praktik penimbunan

Setelah beberapa bulan pindah ke BJB Syariah saya memutuskan pindah rekening lagi. What lagi? Kenapa?
Karena merasa tekor kalo harus bertransaksi ke beda bank. πŸ˜‚
awalnya masih bimbang "Bank Syariah mana yang persyaratannya mudah tapi tetap bersahabat dengan Bank lain?" Search in google belum dapet pencerahan juga.

Kebetulan hari itu saya sedang mengurus BPJS di bulan-bulan kota Bekasi melewati kantor Bank BCA Juanda. sering terlintas dipikiran saya untuk balik lagi ke bank konvensional seperti BCA. apalagi buka rekening di BCA sekarang cukup mudah, hanya dengan E-ktp. di Kantor Cabang BCA Juanda ada plang bertuliskan BCA dan BCA Syariah. jadilah saya belok dan mampir sebentar untuk memenuhi rasa penasaran saya.

Memang sudah lama saya tertarik dengan BCA karena mayoritas orang-orang memakai BCA. BCA pun Merupakan Bank swasta yang paling bagus dari segi Fasilitas dan pelayanan. Tapi waktu itu belum kesampaian karena kantor BCA Indramayu cukup jauh. Nah, setelah berkonsultasi oleh pihak BCA dan BCA Syariah cab. Bekasi, akhirnya saya menemukan solusi tepat dengan senyum lebar dan keyakinan.

"saya yakin BCA Syariah adalah pilihan tepat!" 

Kelebihan Menabung di Bank BCA Syariah,
  • Bebas admin transfer ke BCA Konvensional dan tarik tunai di ATM BCA. Poin ini yang paling saya sukai karena memudahkan saya bertransaksi. 
  • Pendaftaran mudah cukup E-ktp
  • Setoran awal minimal Rp. 50.000
  • Memudahkan beramal karena adanya menu zakat
  • Fasilitas M-Banking yang user friendly
  • Biaya bulanan sedikit 7500/bulan
Jika kita menemukan sesuatu yang cocok rasanya seperti menemukan jodoh ya. (yaelah) 😁

BCA SYARIAH BEKASI KOTA

Namun ada sedikit kekurangan nih, yaitu kantor cabang yang terbatas. Jadi kalo mau nabung harus ke kantor cabang BCA Syariah, Kota Bekasi. dan hanya ada beberapa saja. Kalo tidak salah Menurut sepengetahuan saya ada dua di Bekasi, di proyek dan Jl. Juanda. Di indramayu belum ada.

Alhamdullilah akhirnya dimudahkan juga memiliki rekening Bank Syariah setelah sekian kali dipersulit yang lain, berjodoh juga sama BCA Syariah. next harapan saya kedepannya, keinginan untuk mempermudah rencana keuangan ibadah seperti Zakat, Investasi Emas, Tabungan Haji atau Umroh, dimudahkan rezeki yang halalnya, semoga terkabul amiin. πŸ˜‡

_________________________________________________________________________________

sumber refrensi: edukasi perbankan syariah "mari mengenal Bank Syariah lebih dekat" oleh BCA Syariah



20 comments:

  1. Saya ada 2 rekening syariah tapi buat transaksi masih pakai yang konvensional sih soalnya bisa debit kemana-mana. Kalau bank syariah katanya bni juga bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga dia, tuh yg BRI sama BCA syariah. Pelan pelan sajaa hehe

      Delete
  2. Transfer dari BCA konven ke BCA Syariah kena potongan ya? Soalnya lumayan sering transaksi via BCA konven

    Keluargamulyana (dot)com

    ReplyDelete
  3. Woww... mantap banget. Saya juga lagi hijrah dari konsional ke syariah.

    ReplyDelete
  4. Pengennya semua pakai yang syariah, mba. Namun gaji suami sudah konek sama bank konvensional. Aturan kantornya gitu sih.

    ReplyDelete
  5. saya punya yg konvensional n syariah mba, ada bni, bri n mandiri syariah, saya bikin 3 rekening bank karena 2 kantor saya sebelumnya menggunakan bank yg berbeda untuk trf gaji, semenyara itu baru mulai tahun 2017 instansi saya membolehkan bank syariah yaitu mandiri syariah.

    memang biaya admin lebih murah tapi soal atm n kantor cabang masih terbatas,

    yang saya tau sebenarnya bisa diakali pakai aplikasi flip biar trf abtar bank jad gratis, cuma saya belum pernah nyoba sampe skrng padHal udah verified akun saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarkah? Oh ada ya apa yg bikin bebas admin. Asik dong. Next mau cari info lengkapnya dulu ahh

      Delete
  6. Setoran awalnya boleh juga πŸ˜ƒ mau cek lokasi cabangnya😁 semoga ada yang dekat dengan rumah (jaksel)

    ReplyDelete
  7. coba pakai aplikasi flip, mba...mau transfer ke beda bank, tanpa biaya lho...heheh

    ReplyDelete
  8. Saya juga pake Bank syariah Bun. Soalnya lebih menenangkan juga heheh. Sekaligus memajukan perekonomian syariah di negara kita

    ReplyDelete
  9. sama, aku juga lebih memilih bank syariah...lebih nyaman di hati^^

    ReplyDelete
  10. Setoran awalnya cukup murah ya, Teh. Ah, cari di bank terdekat coba kapan2.. Kalau biaya bulannya murah atau bahkan free kan bagus juga..he

    ReplyDelete