Monday, May 7, 2018

Berawal dari Sakit Gigi dan BPJS Kesehatan Serta Cara Mendaftar BPJS Secara online

Berawal dari Sakit Gigi dan BPJS Kesehatan

Sejak kejadian Impaksi gigi (sudah pernah saya tulis beberapa hari yang lalu) membuat saya sadar betapa pentingnya menjaga amanah jasmani dan memiliki Asuransi Kesehatan atau minimal BPJS. oleh sebab itu saya ingin sharing tentang ""Pentingnya Memiliki BPJS dan Cara Mendaftar BPJS Secara Online". Kenapa BPJS? Begini ceritanya... 

Sebelumnya saya dan keluarga memang pernah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. waktu itu suami masih kerja di pabrik sebelum akhirnya memutuskan untuk membangung wirausaha mandiri di rumah. beberapa tahun kemudian saya memutuskan untuk mengambil saldo JHT yang ada. cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan lewat E-klaim sudah pernah saya tulis di sini.

Kehidupan kami berjalan dengan baik termasuk masalah kesehatan. sesekali pernah berobat tapi hanya sebatas pemeriksaan yang ringan alias tidak parah. sakit ringan biasa ditangani oleh dokter puskesmas karena gratis. Meskipun sesekali kami mengeluarkan biaya saat anak sakit demam beberapa tahun yang lalu itupun sudah lama sekali. Drama dimulai saat anak saya mengalami sakit gigi yang cukup menyita energi kala itu. dimulai dari Faskes puskesmas yang belum lengkap, Dokter gigi yang harus di cari dulu di google map, udah gitu jauh pula. Baca selengkapnya Cerita tentang Akhdan sakit gigi

Jangan Lehaleha, Sedia Payung Sebelum Hujan
Kejadian ini sekaligus menjadi pelajaran berharga untuk saya sebagai mamah newbie tentang "Merawat Gigi Sejak Usia Dini itu Penting Pake Banget! " akibat saya yang merasa keadaan akan baik-baik saja tapi ternyata yang namanya masalah itu "tidak ada yang tahu kapan datangnya" Apalagi disaat mendesak kita tidak memiliki jaminan kesehatan seperti BPJS.

"sejak tahun 2013 pemerintah sudah mengharuskan semua penduduk indonesia mengikuti program BPJS Kesehatan sesuai peraturan pemerintah no.111 tahun 2013"

Program penjamin kesehatan masyarakat yang berasal dari pemerintah ini memang dinilai memberikan alternatif atau solusi lain untuk masyarakat dari asuransi kesehatan. mengingat biaya kesehatan yang setiap tahunya semakin tinggi juga asuransi swasta yang banyak ditawarkan memang lumayan high untuk kantong masyarakat kita.

Kesehatan menjadi aset berharga bagi siapa saja bukan hanya setiap orang tapi untuk kesejahteraan bangsa di dalam suatu negara itu sendiri. tetapi masih banyak masyarakat yang tidak memiliki BPJS atau minimal KISnamun sayangnya tidak semua orang dapat menikmati fasilitas kesehatan secara mudah terutama masyarakat kalangan dibawah rata-rata. banyak dari mereka yang memilih bertahan menjalani perawatan seadanya di rumah tanpa perawatan medis. ada pula yang dalam kecukupan ekonomi tetapi tidak mengikuti program kesehatan pemerintah maupun asuransi swasta. kurangnya kesadaran masyarakat dan kurangnya sosialisasi menjadi salah satu penyebabnya.

KEUNTUNGAN IKUT BPJS KESEHATAN

1. Premi terjangkau dan mudah. iuran setiap bulannya sangat terjangkau, hanya sebesar Rp.25.500/orang untuk kelas III, RP. 50.000/orang untuk kelas II dan Rp.60.000/orang untuk kelas I. untuk melakukan iurannya pun cukup mudah, bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank bisa bayar melalui indomaret atau alfamart. meskipun harga terjangkau bukan berarti kualitas murahan loh, peserta BPJS dilayani dengan sangat baik. layanan dan perlindungan yang didapatkan seperti pemeriksaan, rawat inap, pembedahan, obat, bahkan cuci darah dan biaya persalinan bisa didapat oleh peserta.

2. Tanpa Medical Chek up. jika kamu mendaftar pada asuransi kesehatan swasta, kamu akan di medical check up terlebih dahulu. dan bila ada penyakit kritis serta sudah berumur di atas 40 tahun maka premi yang ditanggung akan semakin mahal. kemungkinan terburuk seperti pengajuan polis yang ditolak juga sangat mungkin terjadi. tetapi tidak di BPJS, di usia berapapun kamu bisa mendaftar tanpa adanya medical check up, bahkan bayi yang masih di kandungan pun bisa didaftarkan.

3. Dijamin seumur hidup. BPJS berani menanggung proteksi peserta hingga seumur hidup.


4. Tidak ada pengecualian. Dalam pendaftaran asuransi swasta, seseorang yang sudah terkena penyakit kronis biasanya lebih besar kemungkinan mengalami penolakan. kalaupun diterima, premi yang dibebankan akan menjadi mahal atau bahkan polis bisa ditolak kalau terdeteksi adanya kebohongan. klaim dana juga bisa dipersulit ketika kamu dianggap melakukan kebohongan saat mendaftar. nah, di BPJS kamu bisa dengan mudah mendaftar tanpa harus ditanyakan riwayat penyakit berat yang diderita.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online untuk Peserta Baru

Pertama, instal Aplikasi JKN Mobile Google Play atau Play store

Cara Mendaftar BPJS Secara online
  • Pilih opsi Pendaftaran Peserta Baru
Cara Mendaftar BPJS Secara online
  • Jika sudah, baca persetujuaan penggunaan dengan baik. jika setuju, pilih opsi saya setuju. nanti kamu akan di alihkan ke halaman selanjutnya. yaitu pengisian No. KTP/NIK
Cara Mendaftar BPJS Secara online

  • Next, isi beberapa data yang harus diisi. Seperti Nama, Tanggal Lahir, Nama ibu kandung, Faskes yang dipilih, Kelas atau jumlah premi, Email dan No. HP. 
Tunggu beberapa saat, nanti akan ada email dan sms konfirmasi. pihak BPJS akan mengirim nomor Virtual Acount (VA) kode pembayaran iuran yang nantinya akan kita bayar.  kode VA setiap peserta dalam satu KK berbeda-beda, namun saat pembayaran itu sekaligus satu Kartu Keluarga (KK). misal per anggota KK Rp. 25.500 berarti jika dalam satu KK ada 3 anggota keluarga, premi menjadi Rp. 76.500

setelah menerima no.VA iuran tidak bisa langsung dibayarkan, kamu harus menunggu selama kurang lebih 14 hari kerja. jika sudah melakukan pembayaran iuran pertama, silahkan masuk ke aplikasi JKN mobile dan pilih opsi PENDAFTARAN PENGGUNAAN MOBILE.

isi data-data tersebut seperti
  • No. Kartu BPJS
  • No. KTP/NIK
  • Tanggal Lahir
  • Nama Ibu Kandung
  • Password
  • Konfirmasi Password
  • E-mail 
  • No. HP
Apabila ada pertanyaan yang kurang jelas silahkan datang ke kantor BPJS terdekat di kotamu atau bisa juga melalu twitter BPJS yakni @BPJSKesehatanRI. Jika sudah masuk kamu bisa langsung cetak ID sendiri. ๐Ÿ˜Š

Kalo dari pengalaman pribadi untuk masuk ke aplikasi setelah melakukan iuran pertama saya mentweet pihak BPJS untuk menanyai nomer peserta saya untuk log in. 

Di Aplikasi JKN Mobile ini kamu juga bisa Cetak kartu E-ID, dan banyak opsi lainnya yang memudahkan seperti
✔️ Cek tagihan BPJS
✔️ Mengubah Data Peserta
✔️ Melihat Data peserta
✔️ Pembayaran
✔️ Cek VA
✔️ adanya Catatan Pembayaran
✔️ Riwayat Pelayanan
✔️ Skrining Riwayat Kesehatan
✔️ Lokasi Faskes
✔️ Pengaduan Keluhan dan
✔️ Pengaturan akun.

Setelah log in kita bisa melihat wujud ID di menu pada Aplikasi. Saya sarankan untuk cetak ID sebaiknya di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Karena hasil ID Card yang di cetak di kantor BPJS lebih baik ketimbang cetak sendiri melalui kertas/karton. 

Harapan saya dengan adanya program pemerintah seperti BPJS dan KIS ini membantu seluruh masyarakat indonesia mendapatkan layanan kesehatan secara maksimal. BPJS ikut membantu gotong royong mensejahteakan masyarakat dalam kesehatan. karena negara yang maju adalah generasi yang cerdas dan sehat.

Apakah kamu belum tetdaftar di BPJS? Ayo segera ajukan, mudah kok!

YUK SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN!

_____________________________________________
sumber refrensi 
https://www.cermati.com/artikel/bpjs-kesehatan-apa-kelebihan-dan-kekurangannya


16 comments:

  1. Duh blm daftar BPJS nih. Sdh berniat tapi entah kenapa blm segera dilaksanakan๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Ayo bun,.. gampang koq ga ribet. Ky daftar FB aja ๐Ÿ˜

      Delete
  2. Wah asyik bgt bs scra online..gak perlu ngantri2. Kalo bs berobatnya jg jgn ngantri donk hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti berobatnya lewat online klo g pke ngantri ya

      Delete
  3. Gua sekeluarga, nenek dan paman gua udah ada, jadi kalau sakit, cukup pakai kartu, langsung dilayanin hehe

    ReplyDelete
  4. ooo di JKN mobile, oke-oke-oke.
    Mesti disimpen nih, biar tahu teknisnya.

    ReplyDelete
  5. iya sekarang dg JKN mobile akan memudahkan kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jamannya aplikasi ya skrg apa2 jadi gampang ๐Ÿ˜Š

      Delete
  6. Baru kemarin saya pakai fasilitas bpjs utk cabut gigi anak saya, Ale. Selama ini BPJS ga pernah dipakai karena underestimate dulu dengan pelayanan bpjs. Apalagi di kantor suami, juga ada fasilitas reimburse dan asuransi swasta. Ternyata kemarin pelayanannya cukup memuaskan. Hihihi...maaf yaa bpjs๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pelayanannya cukup memuaskan loh. Skrg kan wajib Soalnya py BPJS meskipun kita py asuransi kesehatan,

      Delete
  7. Aku sering pake BPJS juga kakau periksa, tapi mau ke gigi takut terus hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga takut ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ just kidding hehe. Awalnya takut Tapi ini demi kebaikan maka baiklah hehehe. Baru baru ini sy jalani pengobatan pencabutan impaksi gigi lewat BPJS loh

      Delete
  8. bisa online lebih praktis y mba kmrin mertua sampe nyuruh orang deuh repot

    ReplyDelete