Thursday, May 10, 2018

KONFERENSI PERS: Stop Flu dan Kenali Jenis Vaksinasi Musiman yang sesuai

Jakarta, 27 April 2018- Sanofi Indonesia bermitra dengan Indonesia Influenza Fundation (IIF) dan Satgas Imunisasi Dewasa, memberikan informasi berdasarkan rekomendasi WHO terbaru di tahun 2018 mengenai vaksin influenza yang sesuai untuk melindungi diri dan keluarga melalui acara Konferensi Pers, ayo #Stopflu yang diselenggaraan pada di Hotel Borobudur, Jakarta.
Masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan flu. atau kamu sendiri termasuk orang yang sering terkena flu? wah, jangan anggap spele loh yang satu ini. flu sangat mudah ditemui dan dapat membuat kamu sakit parah. virus ini dapat menyerangmu tanpa kenal usia. sebagian orang dapat mengalami komplikasi serius, namun kematian yang paling sering terjadi adalah pada lansia dan mereka yang menderita penyakit penyerta.

KONFERENSI PERS: Stop Flu dan Kenali Jenis Vaksinasi Musiman yang sesuai
Keterangan foto: Dari kiri ke kanan: Joselito STA. ANA, MD (General Manager Sanofi Pasteur Indonesia), Prof. dr. Cissy B Kartasasmita, SpA(K), PhD (IIF), dan Prof. Dr. dr.  Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI (Satgas Imunisasi Dewasa) dan Dr. dr. Sukamto Koesnoe (Moderator) pada saat sesi tanya jawab media di Konferensi Pers “Ayo #StopFlu Kenali Tipe Vaksin Flu yang Sesuai”.

KONFERENSI PERS: Stop Flu dan Kenali Jenis Vaksinasi Musiman yang sesuai
Prof. dr. Cissy B Kartasasmita, SpA(K), PhD selaku perwakilan dari Indonesia Influenza Foundation (IIF) memberikan presentasi dengan topik “Dampak Penyakit Influenza Musiman di Indonesia” di Konferensi Pers “Ayo #StopFlu Kenali Tipe Vaksin Flu yang Sesuai”

KONFERENSI PERS: Stop Flu dan Kenali Jenis Vaksinasi Musiman yang sesuai
Prof. Dr. dr.  Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI selaku perwakilan dari Satgas Imunisasi Dewasa memberikan presentasi dengan topik “Rekomendasi Strain Vaksin Terbaru - Southern Hemisphere 2018” di Konferensi Pers “Ayo #StopFlu Kenali Tipe Vaksin Flu yang Sesuai”

KONFERENSI PERS: Stop Flu dan Kenali Jenis Vaksinasi Musiman yang sesuai
Joselito STA. ANA, MD selaku General Manager Sanofi Pasteur Indonesia memberikan presentasi dengan topik “Sanofi Pasteur in the front of influenza protection” di Konferensi Pers “Ayo #StopFlu Kenali Tipe Vaksin Flu yang Sesuai”.

Tidak banyak yang tahu bahwa salesma dan flu itu penyakit yang berbeda. gejala flu lebih berat dibandingkan dengan salesma. flu dan salesma itu tidak sama, tidak sama dari jenis virusnya, gejala serta pengobatannya. berikut perbedaan salesma dan flu ;

1. Beda virus
SALESMA disebabkan lebih dari 200 virus yang berbeda, termasuk coronavirus, rhinovirus, metapneumovirus, enterovirus, dan parainfluenza. sulit menemukan obat salesma.

FLU disebabkan hanya oleh satu virus yakni Influenza (meskipun ada berbagai mutasi influenza). flu merupakan penyakit saluran nafas akut yang mudah menular dan disebabkan oleh virus influenza. virus Influenza sendiri tersebar di seluruh penjuru dunia. Penularan virus influenza sangat mudah terjadi, seperti melalui udara (aerosol) dan percikan ludah (droplet) yang terkontak langsung dari seseorang yang terinfeksi. 

2. Gejala
Gejala Flu lebih berat dibanding salesma. Seperti demam dan sakit kepala, namun gejala salesma lebih ringan dari itu. secara umum salesma hanya berupa gejala batuk, pilek maupun hidung tersumbat. tidak ada gejala lanjutan yang lebih parah seperti kemungkinan terjadi infeksi lain halnya dengan Influenza yang dapat menyebabkan komplikasi seperti meningtis atau radang paru-paru.

Setiap orang dapat terkena influenza dan komplikasi dapat terjadi terutama pada kelompok beresiko tinggi seperti anak-anak, lansia, seseorang dengan penyakit kronis dan ibu hamil.

TAHUKAH KALIAN?

Pada saat batuk dan bersin, cairan droplet yang dikeluarkan dapat menjangkau hingga 1 meter dan bisa menginfeksi orang disekitarnya.

? Virus flu terdapat di permukaan, seperti di atas meja atau komputer, hingga 3 bulan pada ruangan yang sejuk

? Gejala flu biasanya dirasakan antara 2-7 hari. diperlukan waktu hingga 2 minggu untuk pulih sepenuhnya.

? Tiap tahun 5%-15% populasi akan terkena flu meskipun sebenarnya ada cara efektif untuk mencegahnya, yaitu vaksinasi.


FAKTA
"Antibiotik tidak akan membantu dalam mengobati flu atau salesma. Antibiotik melawan bakteri, Tetapi tidak bisa berbuat banyak untuk memerangi virus"

Setiap tahun, flu menyebabkan hingga 500.000 kematian di dunia.

lalu bagaimana cara pencegahan yang benar agar kita terhindar dari virus ini?
berikut ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan flu yakni,

✔️Menjaga kebersihan
Selalu mencuci tangan, misalnya sebelum makan atau setelah berpergian.
✔️Menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk
✔️Memakai masker saat berpergia, mengendarai kendaraan, atau ketika berada di rumah sakit.
✔️Mengonsumsi makanan bergizi
✔️Istirahat yang cukup
✔️Olahraga secara teratur
✔️Banyak minum air putih
✔️diberi Vaksin Influenza
Vaksin Influenza ini mengandung virus tidak aktif dan diberikan dengan cara disuntikan ke otot (intramuskular). Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah potensi penyakit Flu pada kamu dan keluarga. Saat ini, vaksin influenza terbaru yang berisi 4 strain, dapat memberi perlindungan lebih luas terhadap virus influenza yang beredar. 



REKOMENDASI TAHUNAN WHO UNTUK STRAIN VAKSIN INFLUENZA SOUTHERN HEMISPHERE

Virus influenza musiman yang dominan beredar dapat berubah setiap tahun, sehingga WHO sebagai otoritas lembaga kesehatan dnia, mengeluarkan rekomendasi tahunan komposisi strainvirus influenza yang terkandung pada vaksin influenza di setiap musimnya baik NH (Northern Hemisphere) mauun SH (Southern Hemisphere)

berikut adalah rekomendasi komposisi vrus pada vaksin influenza untuk digunakan pada musim influenza Southern Hemisphere tahun 2018.

Vaksin Influenza Trivalen :
  • A/Michigan/45/2015 (h1n1)PDM09-like virus
  • A/Singapore/INFIMH-16-0019/2016(h3n2)-like virus
  • B/phuket/3073/2013-like virus
Vaksin Influenza Kuadrivalen:
  • A/Michigan/45/2015(H2N1)pdm09-like virus
  • A/Singapore/INFIMH-16-0019/2016(H3N2)-like virus
  • B/Phuket/3073/2013-like virus
  • B/Brisbane/60/2008-like virus
Rekomendasi WHO tersebut untuk digunakan mulai bulan Maret hingga Oktober 2018.

Ketidaksesuaian strain dalam vaksin dengan virus yang beredar dapat menyebabkan penurunan efektifitas vaksin influenza sehinga perlindungan yang dihasilkan tidak optimal. saatnya bagi masyarakat melakukan pencegahnan flu melalui vaksinasi menggunakan vaksin flu yang sesuai.

PENTINGNYA VAKSINASI INFLUENZA

1. Vaksinasi merupakan perlindungan yang paling efektif terhadap flu.
Virus flu dapat berubah dari musim ke musim. oleh karenanya, efektivitas vaksin bertahan paling lama satu tahun. Vaksin flu tahun lalu tidak dapat melindungi anda dari virus flu tahun ini, oleh karena itu Vaksinasi Flu dilakukan setahun satu kali.

2. Vaksinasi flu telah terbukti efektif
✔️ Vaksin influenza tidak menyebabkan flu, karena terdiri dari virus yang tidak aktif.
✔️ Vaksin influenza telah digunakan sejak lebih dari 60 tahun dan memiliki rekam jejak yang baik dimana telah ratusan juta orang telah divaksin melawan flu dengannya.
bila terdapat efek samping, biasanya bersifat ringan dan sementara saja (seperti sakit di sekitar tempat suntikan, menggigil/lemah/nyeri otot)

Mereka yang memerlukan vaksinasi influenza:
  1. Bayi yang berusia lebih dari 6 bulan
  2. Semua orang dewasa terutama :
  • Usia lanjut
  • Wanita hamil
  • Penderita diabetes, gangguan ginjal kronis, kanker
  • Penderita dengan penurunan kekebalan tubuh
  • Penderita gangguan pernafasan kronis
  • Penderita penyakit kardiovaskular
  • Pekerja/Karyawan
  • Calon jemaah haji dan umroh
  • Petugas kesehatan

Sanofi Pasteur, divisi vaksin dari Sanofi, menyediakan lebih dari 1 miliar dosis vaksin setiap tahun, sehingga memungkinkan untuk mengimunisasi lebih dari 500  juta orang di seluruh dunia. sebagai pemimpin global dalam industri vaksin, Sanofi Pasteur menyediakan portofolio vaksin berkualitas tinggi yang sesuai dengan keahilannya dan permintaan pasar.

Sanofi Pasteur adalah perusahaan terbesar yang seluruhnya didedikasikan untuk vaksin. setiap hari, perusahaan ini berinvestasi lebih dari 1 juta EURO untuk penelitian dan pengembangan. informasi lebih lanjut, kunjungi; www.sanofipasteur.com atau www.sanofipasteur.us

Ayo kenali jenis vaksinasi musiman yang sesuai dan tanyakan kepada dokter mu!

3 comments:

  1. Flu seperti saudara sepupu yang rutin berkunjung. Vaksin pun menjadi perlu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener seperti sodara yg sering mampir tiap tahun ya.. kalo udh sakit parah gra2 flu bs jd gawat darurat 🤔

      Delete
  2. Common cold atau salesma itu bisa sampai seminggu bahkan lebih tergantung sikon badan seseorang ya mbak. Menular juga ke mana2, makanya kudu pakai masker. Obat utama selain secara medis, perlu istirahat yang cukup dan vaksin itu penting banget. Anak2ku juga sudah diimunisasi flu beberapa waktu lalu.

    ReplyDelete