Sunday, May 27, 2018

Lebih dari Sekedar Kewajiban, ini yang harus kamu tahu Dahsyatnya Dampak dari berzakat


Sedikit yang tau bahwa sebenarnya Zakat memiliki peranan penting dalam mensejahterakan perekonomian rakyat. Oleh karena itu saya ingin memaparkan bagaimana peran zakat bukan sebagai tindakan 'keikhlasan' menjadi sebuah 'keharusan' bukan mau lakukan, tidak mampu juga tidak usah Tetapi mengubah kewajiban yang biasa dilakukan setiap saat. Pertama, saya akan menjelaskan bagaimana dengan berzakat masyarakat dapat mandiri secara ekonomi.

lebih dari yang kita tahu, fungsi dan manfaat zakat sebenarnya lebih dari sekedar bantuan sembako. zakat yang sifatnya bergotong royong ternyata mampu mengatasi masalah kemandirian ekonomi umat.

Apa hubungannya zakat dengan kemandirian umat?

Jumlah kemiskinan di indonesia masih berkisar antara 100 juta jiwa. Angka tersebut tidak bisa dikatakan bahwa masyarakat kita sudah mandiri secara ekonomi. Betul?
Faktanya masyarakat kita masih bergantung pada produksi asing. Contohnya saja kebutuhan pangan yang masih didapatkan dari impor semakin tinggi, dan kebutuhan sehari-hari yang lebih banyak diproduksi minhum (non-umat) seperti sabun, kosmetik, makanan, belum lagi kekayaaan sumber daya alam yang strategis lebih banyak di kelola pihak asing.

"Kuasailah ekonomi dan produktiflah! Kalau tidak, saya khawatir kalian akan tergantung kepada mereka"
Umar bin Khattab Ra.

Ada banyak rintangan untuk mewujudkan masyarakat agar mandiri secara ekonomi. rintangan itu seperti SDM (sumber daya manusia) dan modal. beberapa ikhtiar yang sudah dilakukan untuk meningkatkan mutu SDM adalah pelatihan khusus, workshop, skill/keterampilan. Kedua modal yang terbatas dan daya beli masyarakat yang rendah.

Salah satu lembaga filantropi yaitu Dompet Dhuafa adalah lembaga pengelola zakat yang bertujuan memperdayakan zakat dan sedekah menjadi jalan yang tepat untuk mengatasi permasalahan modal usaha yang dihadapi umat. Dompet Dhuafa sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena sudah berkiprah selama 25 tahun dalam mengabdi pada kepedulian sosial kemanusiaan melalui dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf) serta dana lainnya yang halal, legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga, ikut memberikan konstribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan CSR. Lembaga pengelola zakat seperti Dompet Dhuafa menjadi sesuatu yang produktif dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. banyak produk pemberdayaan masyarakat yang diusung oleh dompet dhuafa melalui dana yang dikelola bersama. dari kita untuk kita.

PRODUK PEMBERDAYAAN YANG DIUSUNG DOMPET DHUAFA

Minimarket De'fresh



Kedua, #BerawalDariZakatMerekaBerdaya
membantu masyarakat mengembangkan usaha miliknya sendiri, membantu mengurangi jumlah pengangguran, mempromosikan bahwa produk buatan negeri tidak kalah bagus dengan produk impor dengan mengajak masyarakat untuk cinta produk dalam negeri. oleh sebab itu demi terwujudnya ekonomi yang mandiri sudah seharusnya kita mendukung program pemberdayaan ini dengan bergotong-royong.

Sebagaimana Rasullullah telah memberikan zakat dan menyuruh untuk dikembangkan atau disedekahkan lagi sampai seseorang itu mampu memberikan sedekah dari usaha tersebut. maka menurut sejarah inilah yang menjadi awal bagaimana mengelola zakat sehingga menjadi sesuatu yang peoduktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. kita bisa mencontek pada kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz dengan konsep distribusi "zakat merupakan bentuk subsidi silang yang seharusnya dapat dirasakan secara langsung dampak ekonominya bagi umat. zakat harus memiliki dampak yang signifikan pada peningkatan masyarakat yang memiliki daya beli rendah".

Ketiga, menjadikan sodakoh itu bukan sekedar keikhlasan Tapi kebiasaan yang wajib dilakukan. 

Benar, dengan berzakat tidak akan membuat seseorang miskin. Seandainya kebiasaan berzakat itu sama biasanya seperti kebiasaan merokok pasti lebih banyak faedahnya dari pada mudoratnya. Uang yang dibelikan rokok akan terbuang sia-sia Tetapi jika jatah yang rokok di ganti menjadi jatah sodakoh pasti akan jauh bernilai manfaatnya. Akan banyak masyarakat yang terbantu dalam hal finansial dan kesejahteraan karena panjang umur.

setelah membaca tulisan yang saya buat ini, saya belajar lagi tentang manfaat zakat lebih dalam lagi. Betapa dahsyatnya kekuatan bergotong-royong dari berzakat. Dengan berzakat kita mampu membantu seluruh masyarakat yang berdaya dan mandiri.

Alhamdulilah sampai detik ini kita masih diberi kesempatan melewati bulan Ramadhan tahun ini. melakukan kewajibanpun semakin dimudahkan seperti melaksanakan zakat sekarang bisa melalui online di website Dompet dhuafa. dan caranya sangat mudah, semudah belanja online.

untuk melakukan donasi atau membayar zakat, kamu bisa masuk ke website Donasi Dompet Dhuafa atau klik disini. nanti kamu akan di alihkan ke halaman website donasi Dompet dhuafa.

1. Pilih jenis donasi, yang ingin kamu sedekahkan (misalnya zakat)
  • Zakat ✔️
  • Infak/Sedekah
  • Wakaf
  • Kemanusiaan

2. Lalu pilih pengkhususan donasi,
  • Zakat Maal
  • Zakat Fitrah ✔️
  • Zakat Penghasilan
  • Fidyah
(Kalo saya pilih zakat fitrah)
3. Keterangan donasi (kosongkan saja)
4. Jumlah (minimal Rp.10.000 *bukan untuk zakat fitrah)


Next, mengisi profil donatur. kolom yang harus diisi adalah,
Sapaan ✔️
Nama lengkap ✔️
Email ✔️
Telepon/hp ✔️
Alamat ✔️
Setelah itu kita tinggal memilih metode pembayaran yang ingin dilakukan. misalnya via trasfer bank lalu klik Donasi Sekarang pada opsi yang sudah tersedia.

 Dompet Dhuafa akan mengirim nomer rekening Bank yang dikirimkan lewat no.hape dan email yang tadi sudah di daftarkan melalui website. data tersebut berupa no.refrensi (catat), tanggal transaksi, jenis donasi, jumlah donasi, rekening donasi yang bisa dipilih; MANDIRI, BCA dan BNI Syariah. 

Saya menggunakan mobile banking BCA Syariah untuk zakat melalui website Dompet Dhuafa

Jika sudah pilih opsi Konfirmasi Pembayaran. kamu akan dialihkan ke halaman selanjutnya untuk mengoreksi dan mengisi kembali data donatur, sepert;
Sapaan ✔️
Ref. no (diisi yang tadi diterima)
Nama✔️
Email✔️
No.hp✔️
Jenis donasi✔️
Jumlah donasi✔️
Nomer rek tujuan✔️
Upload bukti transfer✔️
Isi kode lalu kirim (kode capcha)
SELESAI

Cat: saran saya untuk zakat fitrah jangan digabungan satu keluarga sekaligus. Misalnya saya, suami, dan anak, berarti 3 kali donasi.
***

Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, sudah seharusnya kita membangkitkan dan mengembangkan lembaga-lembaga Lazis dengan ikut bergotong-royong, bukan lagi menjadikan sodakoh itu sebagai keikhlasan tapi kewajiban yang dibiasakan.

islam adalah agama yang sempurna, islam memperhatikan hal sekecil apapun demi kesejahteraan dan keselamatan umatnya di dunia maupun di akhirat. maka peraturan-peraturan ini yang kita sebut sebagai syariat salah satunya kewajiban zakat. tujuan pensyariatan zakat adalah untuk membantu sesama bagi yang membutuhkan bantuan dan pertolongan. Subhanallah 😇

Semoga bermanfaat..


Tulisan ini diikutsertakan dalamKompetisi Blog Berawal Dari Zakat, #25thnMembentangKebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa cek info lomba di donasi.dompetdhuafa.org/lombablog”
_________________________________________________________________________________



sumber refrensi;
http://www.kangmasroer.com/2017/09/indonesia-berzakat-untuk-kemandirian-umat.html

16 comments:

  1. berbagai kemudahan berzakat membuat kita tidak ada alasan buat menunda nunda membayar zakat

    ReplyDelete
  2. Dengan uang Rp 10.000 saja sudah bisa berzakat melalui Dompet Dhuafa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dompet dhuafa memang Memudahkan beramal ya 😘

      Delete
  3. Ada kemudahan untuk berzakat, inovasi yang luar biasa,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semudah belanja online, makannya inget belanja inget zakat hehe

      Delete
  4. Zakat emang wajib ya mbak buat muslim yang mampu atau yang sampai hisab hartanya. Wah, bisa saya diskusikan sama suami nih tentang zakat di dompet dhuafa. Makasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dompet dhuafa sudah 25 tahun berkiprah ini juga lazis pilihan keluarga saya dr dulu mba 😊

      Delete
  5. Sayalebih suka zakat daripada pajak hhehe

    ReplyDelete
  6. mmg dahsyat ya mbak kekuatan zakat itu.mknya aku cepet2an byr kalau ada imbauan zakat

    ReplyDelete
  7. Bayar zakat jd lebih mudaah dengan dompet dhuafa ya mbak, alhamdulillaah makin banyak kemudahan untuk berbuat baik, makasih sharingnya :D

    ReplyDelete
  8. masyaallah ternyata begitu besar manfaat zakat bagi umat

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, tambah ilmu juga tentang inovasi dalam berzakat, jazakillahu khairan mbak Bella, lam lenal dan,#happyblogging

    ReplyDelete
  10. Baru sekali via DD saat bayar zakat fitrah kemaren

    ReplyDelete