Tuesday, January 8, 2019

Punya Jasa Sewa Bus Pariwisata Sendiri? Ini Dia Cara Mengolahnya yang Benar

Track Astra

Membuka usaha jasa penyewaan bus pariwisata saat ini sudah mulai berkembang. Siapa saja kini berani membuka usaha tersebut, karena dipercaya membawa keuntungan yang berlipat-lipat. Namun, adanya manajemen yang kurang baik dan tidak tertata rapi, tentu akan membuat jasa sewa bus pariwisata tersebut akan bangkrut dengan sendirinya.

Supaya bisa berjalan dengan baik dan sukses, pastinya Anda harus membutuhkan teknik yang matang. Kalau Anda masih kurang paham caranya, cek dulu cara pengolahannya yang benar di bawah ini.

1. Segmen Pasar
Bagi Anda sebagai pelaku usaha sewa bus pariwisata, ada baiknya Anda mengetahui segmen pasar yang Anda targetkan. Anda harus menentukannya secara akurat supaya Anda bisa mendapat segmen pasar yang sesuai dengan target yang ingin dicapai. Namun, tiap daerah atau kota tentu memiliki potensi pengguna yang berbeda-beda, sehingga Anda harus pintar-pintar mencari celahnya.

Sebagai contoh, di daerah yang memiliki banyak tempat wisata, pastinya akan ada banyak orang yang menggunakan bus pariwisata untuk kebutuhan akomodasinya, sehingga mereka akan menjadi lebih mudah mengunjungi tempat tersebut. Berbeda kalau kota tertentu tidak memiliki bus pariwisata, sehingga pasar penggunaannya tentu akan sangat minim.

Pastikan Anda menentukan segmen pasar yang tepat dan tidak sembarangan, sehingga Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

2. Daya Beli
Selain segmen pasar, daya beli juga harus Anda perhatikan, karena merupakan hal yang sangat penting untuk mendapat keuntungan yang diinginkan. Jika Anda membuka usahanya di daerah yang lebih banyak kalangan menengah ke bawah, lebih baik gunakan bus yang kelas ekonomi saja yang memiliki sistem tempat duduk 2-3.

Kalau Anda berada di lingkungan menengah atas, tidak ada salahnya menyediakan armada bus dengan kelas bisnis atau eksekutif. Sesuaikan saja dengan daya beli masyarakat yang berada di sekitar Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mendapatkan konsumen.

3. Karakteristik pesaing
Persaingan dalam jasa sewa bus pariwisata memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Dari tahun ke tahun, pastinya perusahaan penyewaan bus akan semakin bertambah jumlahnya, sehingga daya saingannya juga akan menjadi semakin tinggi. Karena dampak itulah, Anda harus bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi karakteristik para pesaing Anda.

Tapi, mengetahui karakteristik pesaing Anda tentu menjadi sebuah teknik yang ampuh, karena Anda bisa mengetahui kelebihan maupun kekurangannya. Kalau Anda sudah mengetahui keunggulan yang dimiliki pesaing Anda, Anda bisa menirunya dan lebih menyempurnakannya lagi supaya konsumen bisa puas dan senang dengan pelayanannya.

Sedangkan untuk kekurangannya, lebih baik Anda hindari saja agar Anda tidak mendapat keluhan atau kritik pedas dari para konsumen Anda, ya.

4. Pemilihan Armada
Selain dari menentukan sistem tempat duduk tadi, Anda pun juga tidak boleh lupa menggunakan armada yang memiliki mesin yang masih kuat dan prima. Pilih bus dengan mesin dan perangkatnya yang masih stabil, sehingga bus tidak mudah mengalami kerusakan secara tiba-tiba.

Selain itu, Anda juga harus memilih bahan bakar yang awet atau irit. Bahan bakar yang irit tentu membuat bus Anda tidak akan mudah mengisi bensin terlalu cepat yang pastinya akan memboroskan biaya pengeluarannya lagi.

5. Kru atau Staff
Kalau Anda sudah mengelola busnya, menjadi perhatian Anda yang lain dalam membuka jasa sewa bus pariwisata adalah ketersediaan kru atau staff Anda. Lakukan training kepada mereka secara berkala supaya keahlian mereka bisa semakin meningkat. Dengan begitu, konsumen akan senang dengan pelayanan yang Anda berikan.

Jika tadi dikhususkan untuk Anda yang membuka usaha penyewaan bus pariwisata, Anda yang ingin mencari sendiri bus untuk kebutuhan pariwisata Anda bisa menggunakan trac.astra.co.id. Situs tersebut bisa menjadi solusi terbaik Anda yang ingin memesan bus dari manapun karena dilakukan secara online.

Pemilihan kapasitas busnya pun juga terbilang banyak, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Intinya, Anda akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang nyaman, sehingga Anda pasti akan betah menggunakan bus dari Trac Astra ini.


No comments:

Post a Comment