Tuesday, January 29, 2019

Jangan sampai emak batuk!



Iya beneran, emak-emak jangan sampai kena batuk. Kalo batuk urusan rumah bisa jadi berat. Jangan mas suami yang ngurus rumah biar istri aja yang tanggung, mas suami gak akan kuat, malah tambah double PR nanti. 😆

Batuk, bukan hanya mengganggu kalian yang sibuk kerja di luar dan harus bertemu banyak orang, tapi emak yang kegiatannya di rumahpun sama pentingnya 😁

Saya ibu rumah tangga full 24 jam di rumah dan menghadapi segala drama urusan di dalam rumah, termasuk kebutuhan anggota keluarga. Seperti memasak, bonding terhadap buah hati, sentuhan untuk mas suami (ehm, next) dan berinteraksi terhadap setiap anggota keluarga. Kalo emak batuk terus menular ke anak dan mas suami, bisa super double PR nya. Anak sakit, bapaknya sakit, emaknya juga sakit yang lebih kualahan apalagi kalo punya bayi, baby jangan sampai sakit batuk! makannya emak dilarang batuk, jadi kalo mas suami (kalo punya 😂) pulang kerja para istri sudah mencium aroma gelagat batuk, istri wajib siapin amunisi. Amunisi seperti apakah itu? Baca sampai habis!

Amunisi ini bukan buat musnahkan mas suami ya tapi batuknya itu plus perlindungan untuk anggota keluarga supaya gak menular. Apalagi kalo ada baby di rumah. Jadi yang paling penting itu sebenarnya Ibu harus tetap sehat, karena kalo bukan para ibu yang merawat mereka, siapa lagi? 

Batuk berdahak adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyerang di saat pancaroba. Apalagi jika kekebalan tubuh tidak dijaga. Sedikit saja kelelahan, gampang kena flu, pilek, batuk. Rutinitas pekerjaan, menggunakan kendaraan umum, bertemu banyak orang, jajan sembarangan, polusi, memperbesar resiko kita terserang penyakit. Kemudian membawa virus tersebut ke dalam rumah dan siap menulari orang terkasih. Tidak mau kan?




Lalu, bagaimana mengahadapi dan mencegah penyakit di saat musim peralihan atau pancaroba?


Selain ilmu memasak dan mengajar, emak juga harus punya pengetahuan ilmu tentang kesehatan karena kita ini perawat rumah tangga 😉. Alhamdullillah, pada tanggal 25 Januari Bisolvon dan Fimela.com mengadakan talk show Bisolvon bersama dengan mereka yang berlatarbelakang dan berorientasi kepada keluarga. Pada blogger gathering Bisolvon dan Fimela membahas tentang Bagaimana melindungi keluarga kita dari batuk berdahak yang sering menyerang di musim pancaroba seperti sekarang ini. Tips sehat selama pancaroba ini bertema, "Jangan Batuk Berdahak Jauhkan yang Dekat".

Narasumber dalam talkshow Tips sehat selama pancaroba, menghadirkan 3 figure yang berperan penting dalam keluarga seperti, ibu amallia Sarah tokoh publik seorang ibu yang memiliki satu anak balita, dr.Riana , Kak Mega dari Bisolvon. 

Batuk berdahak paling sering disebabkan oleh infeksi dari bakteri, virus, atau jamur yang menyerang saluran pernapasan. Infeksi tersebut membuat produksi lendir jadi lebih banyak. Untuk menyingkirkan lendir yang berlebihan pada paru dan saluran udara lainnya, tubuh akan merangsang batuk disertai keluarnya lendir atau yang kita sebut dahak.

Beberapa penyebab batuk berdahak yang mungkin terjadi, antara lain,

  • Pilek atau flu. Batuk menjadi salah satu gejala dari flu atau pilek. Biasanya sebelum Anda demam, nyeri tubuh, batuk dan sakit tenggorokan menjadi gejala awal dari dua kondisi tersebut.
  • Bronkitis. Peradangan pada saluran bronkus (saluran yang membawa udara ke paru) yang disebabkan oleh virus. Kondisi ini menyebabkan Anda sering batuk berdahak bahkan terjadi selama lebih dari beberapa minggu.
  • Pneumonia. Adanya bakteri, virus, atau jamur yang bersarang di paru dapat menyebabkan infeksi. Kondisi ini membuat lendir di sekitar paru jadi lebih banyak sehingga Anda akan terus mengalami batuk berdahak dalam waktu yang cukup lama.
  • PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik). PPOK adalah sekelompok kondisi yang merusak paru dan saluran yang membawa udara ke paru. Selain batuk yang lebih sering terjadi, lendir yang dihasilkan bisa berwarna putih, hijau, atau kekuningan disertai gejala napas pendek.
  • Merokok. Selain penyakit, orang yang memiliki kebiasaan merokok juga cenderung lebih sering mengalami batuk-batuk. Ini terjadi karena asap rokok yang terhirup merangsang tubuh untuk mencegah iritasi pada saluran pernapasan. Merokok juga bisa meningkatkan risiko penyakit PPOK di kemudian hari.

Jika terjadi batuk berdahak selama pancaroba, apa yg harus dilakukan?

Sudah merasa maksimal dalam menjaga kekebalan tubuh tapi akhirnya tumbang juga, dan kena deh batuk berdahak. Entah si kakak, si adek, mas suami, atau orangtua kita yang sudah lanjut apalagi jika mereka memiliki diabetes sehingga tidak boleh sembarang di beri obat batuk. Mommy sebagai perawat rumah tangga jangan asal pilih tapi harus cermat. Jika orang terkasih atau kita sendiri yang batuk berdahak harus segera diatasi dengan obat yang tepat sebelum sebelum berlakunya "jangan ada jarak diantara emak dan anak, emak dan suami, hehe" untuk itu pemilihan obat batuk yang tepat itu penting banget. Seperti mencek asal usul brand dari obat tersebut, sudah terpercayakah? BPOM? Komposisi? Harga? dan lain sebagainya.

Lalu obat batuk berdahak seperti apa yg cocok diminum?

Obat batuk yang aman dikonsumsi semua usia mulai dari anak-anak hingga penderita diabetes. Karena ada bisolvon Kids untuk anak-anak, Bisolvon tablet yang praktis dibawa kemanapun dan Bisolvon Solution yang cocok untuk penderita diabetes.

Kenapa pilih Bisolvon?

Bisolvon sendiri merupakan obat batuk dari Sanofi sebuah perusahan biofarmasi global yang terkenal dengan inovasi ilmiahnya yang menjadi solusi perawatan kesehatan di seluruh dunia.

Jadi begitu batuk berdahak datang menyerang, jangan lupa pilih Bisolvon sesuai kebutuhan penderita ya moms, agar bisa kembali memeluk mereka erat-erat tanpa khawatir menularkan ke anak-anak dan keluarga.


TIPS sehat di masa Pancaroba

  • Banyak makan-makanan bergizi terutama yang mengandung vitamin C
  • Rajin Olahraga
  •  Tidak jajan sembarangan di luar
  • Perbanyak minum air putih 
  • Gunakan masker mulut kemanapun pergi  ke luar
  • Rajin cuci tangan dan berkumur
  • Jika perlu bawa handwash tanpa bilas jika sering berada di kendaraan umum seperti KRL, atau busway
  • Jaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat


Fix, emak-emak pergi keluar rumah lupakan make up dan kertas minyak, yang wajib ada di dalam tas yaitu, Vitamin C tablet, Air mineral, Masker mulut, Spray handwash dan jika batuk ada bisolvon tablet yang praktis di bawa kemanapun kita pergi.


Batuk berdahak, bye, bye!

21 comments:

  1. Iya banget ini aku udah lama batuk terus akhirnya ya menular ke semua sedih banget jadi berasa sumber penyakit mba..

    aku belum coba bisolvon nih jadi pengen cobain nanti kalau ke minimarket beli ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan sampe sekarang aku masih batuk karena waktu itu pagi kehujanan, sore kehujanan malam lgsg berisik batuk terus belum sempat coba bisolvon nih mba

      Delete
  2. Bisolvon ya aduh emang batuk tuh ganggu n lama banget inget pas hamil batuk, gamau lagi kena batuk huhu

    ReplyDelete
  3. aku kalau batuk lama sembuhnya dan bikin batuk terus dan dadaku sakit

    ReplyDelete
  4. Batuk memang proses normal tubuh tapi kalau yang lebih dari 3 hari bisa diindikasi ini infeksi saluran pernapasan yg disebabkan oleh virus. Kalau lg batuk sakit banget ya tenggorokkan, aku tau bisolvon dari suami saat itu dia cocok pake obat ini saat batuk menyerang dia.

    ReplyDelete
  5. sekarang musim batuk ya Mba, di sini juga sudah mulai banyak yang batuk. Harus sedia Bisolvon juga ini untuk jaga-jaga :D

    ReplyDelete
  6. Emak dilarang sakit ya mom slogannya hahaha... Kalo emak sakit, seisi rumah juga berantakan. Bahkan parahnya, anggota keluarga lain juga bisa tertular

    ReplyDelete
  7. Wah iya, emak-emak mah gak boleh batuk. Nanti bisa nular ke yang lainnya. Mana kudu masak juga emak-emak mah. Itu makanya, aku paling gemes sama batuk. Baru dikit aja langsung nyari obat. Dan Bisolvon ini salah satu yang cocok buatku.

    ReplyDelete
  8. Bener banget kalau lagi batuk merasa enggak nyaman deketan apalagi sama mas suami dan anak-anak..kuatir mereka ketularan.
    Paling pas ya sedia Bisolvon di rumah, terus cepetan diminum kalau batuk, biar enggak kelamaan jauh-jauhan sama yang terrsayang...

    ReplyDelete
  9. Aku pernah batuk rejan/batuk 100hari mba. Aduuuuh itu mah nightmare. Beneram ampe terkenc***kenci** loh saking nggak bisa nahan batuk. Pergi ke dokter gak sembuh-sembuh sampe akhirnya di hari ke 101 sembuh sendiri hehehe... emang kalo emak batuk mah bahaya yes... perlu nih sedia Bisolvon

    ReplyDelete
  10. Musim seperti ini kesehatan sangat perlu dijaga. gerak cepet saat sakit terutama batuk nggak perlu panik lagi karena ada bisolvon yang dekat dengan keluarga

    ReplyDelete
  11. Bisolvon ini menurutku lengkap banget variannya, bahkan sampe buat anak pun ada ya mom.

    ReplyDelete
  12. Baner banget ya mba, dan pas batuk melanda langsung pasang kuda-kuda buat jaga jarak biar enggak ada yg nular, hihii. Dan, pas banget nih mba rekomendasi bisolvonnya buat meredakan batuk, terlebih di musim penghujan kayak gini. Karena, mamak kudu sehat hehee.

    ReplyDelete
  13. Kalau batuk rasanya risih juga klo di depan umum mom. Org org memandang aneh trus menjauh pdhl udh ditutupin masker. Jaga kesehatan aja deh ya

    ReplyDelete
  14. Anakku yang kecil mulai kemarin batuk disertai pilek, kasihan juga ngelihatnya, untung badannya nggak panas. Aku coba bisolvon aja semoga batuknya segera reda

    ReplyDelete
  15. Selama musim pancaroba ini akhirmya aku minum vitamin terus mbak. Trus kalau keluar2 aku pakai jaket. Mulai nyadar jg nih faktor U, aku jd gampang sakit. Kasian anak2 emang ya kalau emak sakit, jd gk keurus hiks

    ReplyDelete
  16. Paling menyiksa emang kalau batuk ya mom, aku soalnya ngerasain banget kalau pas batuk paling aku hindari. Nah tapi kemarin nih saat aku pergi tidak bersama anak, dikasih tau orang rumah kalau anakku batuk. Nah aku kasih dia Bisolvon Kids dan memang lebih mendingan deh.

    ReplyDelete
  17. Aku baca ini jadi inget kasus si abang yang dulu pernah kena pneumonia. Itu dari satu rumah sakit langsung dirujuk ke rumah sakit lain karena harus cari nicu. Awalnya memang karena batuk berdahak ya enggak sembuh-sembuh. Hiks, sedih eui.

    ReplyDelete
  18. mbaa setuju banget jadi ibu jangan sampai batuk, bisa barabe 1 isi rumah bisa ketularan. haha... Tapi emang Bisolvon ini kayak udah obat batuk legend yaaa . Udah branding dari dulu kalo obat batuk yang tokcer.

    ReplyDelete
  19. Batuk berdahak memang gak enak banget ya, aku pun terganggu kalo udah batuk. Untung ada Bisolvon.

    ReplyDelete
  20. Ini pas banget aku ngalamin. Hiks.... Anak2 dan emak lagi drop dan bakal ditinggal suami dinas luar kota 3 pekan. Udah ancang2 amunisi imun supaya ga berabe urusan. Dulu aku anti obat waktu single, sekarang udah jadi emak kayanya ga bisa lagi, kudu sehat secepatnya, takut nularin anak2, takut kerjaan dirumah keteteran

    ReplyDelete