Wednesday, July 31, 2019

Cara Makan Saat Kenakan Niqab atau Cadar

Cadar adalah kain penutup kepala atau wajah. Niqab adalah istilah syar'i untuk cadar yaitu sejenis kain yang digunakan untuk menutupi wajah. Niqab dikenakan oleh sebagian kaum perempuan Muslimah sebagai kesatuan dengan jilbab (hijab). -wikipedia-

Pelajaran pertama saat kamu pake cadar keluar terus jajan dan makan di tempat umum yaitu menjaga agar cadarmu gak belepotan saat makan 😂

Beneran buat pemula ini sulit banget untuk tetap anggun pas lagi makan, memang ada triknya. Makan mengenakan cadar tanpa di lepas. Hmmm, lihat ukhti bercadar makan sih sepertinya mudah. Tetap rapih dan enjoy, eh kok pas dipraktekin susah ya, haha..

Bahkan pernah, saat lagi laper-lapernya makan jagung bakar di tempat wisata, saya makan jagung di bawah cadar. Sembunyi, muka masuk semua ke cadar. Tapi dikondisikan lah ya, itu pas sepi gak ada pembeli dan cuma keluarga kita yang nimbel makan disitu. Saking gemesnya,  krauk krauk aja di dalam cadar 😂

Apalagi jika kamu pecinta wisata kuliner, yang apa aja penasaran pengen dicoba. Well, cadararan gak menghalangi kita mencicipi segala macam masakan tapi memang mencegah kerakusan ya.

Makanan yang sulit dimakan saat pakai cadar: Mie, jagung bakar, es krim, sajian berbentuk sate, makanan dalam bentuk porsi besar yang harus di cuil dulu pake jari baru dimakan,

Dan yang paling males itu saat kita (orang yang cadaran) makan di tempat umum ada aja orang yang merhatiin. Kaya waktu itu saat saya kontrol ke rumah sakit. Saat antri membuat lapar dan saya memesan indomie kuah di kantin, seorang ibu memperhatikan saya makan, ia terus melihat saya sehingga membuat saya grogi. Bayangin lagi makan mie, diliatin, dan itu susah tau makan mie sambil pake cadar. Itu pun saya sedang belajar membiasakan diri, alhasil karena grogi diliatin terus malah belepotan airnya ke cadar. Kata suami "kamu makannya berantakan, bukan begitu caranya, de el el" 😂
"heloow aku lagi grogi nih, si ibu  dibelakang kamu ngeliatin terus" 😑


CARA MAKAN SAAT KENAKAN CADAR


Andalkan ibu jari dan telunjuk untuk menahan bagian sisi cadar.



Jangan lupa sedikan tisu, karena siap-siap buat cadars juniors bakal belepotan 😂 

Rules tertentu,

✔ Makan makanan yang berbentuk sate
Makan dari bawah, dengan posisi tusuk satai berdiri atau vertikal sedikit serong. Jika sudah setengah tusuk, tarik makanan ke atas. Iyaa kan, kalo gak ditarik nyodok tenggorokan tusukannya 😂

Hindari memakan dari arah horizontal atau dari sisi wajah. Biasanya sebelum pakai cadarkan kita makannya dari arah samping ya. Atau jika sulit banget, kondisikanlah yaa sesuai ide kreatif masing-masing 😂

? (Boleh ditiru boleh enggak)
Jika terpaksa makan makanan
Angkat semua cadarmu ke depan menggunakan lengan. Biarkan kegiatan makan seperti hanya kamu dan mangkok yang di dalam cadar (hayo bisa bayangin gak kaya apa😂) serius ini pernah saya coba saat makan jagung bakar. Tentunya dikondisikanlah ya saat sepi pembeli. 😆

✔ Lebih mudah pakai cadar rempel.
Jadi kalo mau pergi saya mikir dulu pilih cadar. Kalo perginya ke tempat yang banyak makanannya pake cadar rempel. Tapi kalo sekedar berkunjung ke suatu tempat, ootd, dsb, pakai cadar anggun aja yang no jahitan di bawah mata itu loh (kesukaan sih sebenernya)

✔ Bawa cadar cadangan.
Nah tapi kalo pergi ketempat yang tadinya pakai cadar biasa, cadar formal, cadar anggun (yang tipenya di masukin ke dalam talinya -versi saya) terus tiba-tiba pengen makan di luar, bawa deh cadar rempel yang biasa dipakai talinya di luar dan agak lebar gitu. Nanti deh saya upload poto jenis cadarnya, tapi insyaallah ya kalo lagi rajin dan gak lupa. 😆

Sebenarnya gak sulit sih kalo sudah terbiasa, hanya saja memang pelajaran banget buat pemula. Kadang saya pun masih kesulitan makan. Tapi ada untungnya juga, yang tadinya kalo makan main habek aja, blek, blek, blek, sekarang setelah pakai cadar ada kontrol. Kita juga lebih gak semberono alias meminimalisir kecerobohan saat makan, pilih jajanan, gak rakus, kalo belepotan mehong-mehong kaya makan jagung bakar atau ada cabe nyangkut di gigi gak keliatan. 😂

Gimana, mau coba celen ini? 😎



Baca juga, Kelebihan dan Kekurangan Hijab Cadar


4 comments:

  1. Wah, salut sama effortnya mba hehe memang ada banyak jalan menuju Roma ya mba. Lama kelamaan dari yang tadinya newbie jadi profesional bisa makan saat pakai cadar :D

    ReplyDelete
  2. kalau saya pengalaman enak pakai cadar safar mbak.. kalau makan2 berkuah, tinggal buka reslteing trus cadar layernya di kedepankan. kalau pakai cadar ini gak bisa makan eskrim kecuali kalau di meja makan bisa. Nah yg kedua pakai cadar tali makannya dari samping, tapi susah harus megangin cadar hehe. Salam kenal ya..

    kalau cadar yg lain belum pernah coba sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah suka deh dapet info baru lagi tentang cadar. Aku sendiri baru tau cadar safar yg ada risletingnya hihihi...

      Next insyaallah kalo gak males kalo lagi mood �� nulis ttg macam2 cadar

      Delete