Wednesday, July 10, 2019

Bisnis Kuliner

Kuliner

Siapa yang tidak suka dengan wisata kuliner?

Keanekaragaman kuliner di Indonesia dengan segala keunikan inovasinya seakan tidak pernah bosan untuk dinikmati. Kesempatan ini memberi peluang besar untuk dijadikan usaha. Selain mudah dijangkau mulai dari kalangan bawah, menengah, public figure, artis, bahkan putra presiden RI menggeluti bisnis kuliner. Bisnis kuliner sekarang ini bisa dibilang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, masyarakat indonesia dengan keragaman kulinernya terus menciptakan keunikan tersendiri tanpa menghilangkan ciri khas masakan tersebut. Bisnis kuliner menjadi suatu ladang yang menguntungkan di tanah rantau maupun masyarakat lokal.

Bagi anda yang ingin menggeluti bisnis kuliner sebaiknya simak tips berikut:

1. Tempat yang strategis
Pentingnya memilih tempat yang strategis. Tempat yang mudah di lalui banyak orang sangat mempengaruhi pemasaran secara langsung. Contohnya dekat dengan sekolahan, kantor-kantor, tempat hiburan, persimpangan, jalan utama, dan sebagainya.

2. Inovasi yang unik
Di zaman seperti sekarang ini ada banyak sekali macam-macam nama jajanan yang sebenarnya bahan utamanya sangat sederhana dan umum. Kreatifnya orang Indonesia, nama makanan yang diciptakan selalu unik tanpa menghilangkan kekhasan masakan tersebut. Misalnya, pisang nyemplung, nasi setan, seafood tumpah ruah, nasi goreng jomblo, mie ayam bakar (hot plate), Bakso rendang, Ayam geprek sambal matah, Bakso Aci mantan, poligami, Bakso beranak dan sebagainya.

Kamu bisa menciptakan dengan sedikit sentuhan kreatif pada resep atau nama pada makanan tersebut. Semakin nama atau tampilan makanan tersebut unik, semakin banyak menarik khalayak ramai. tidak bisa dipungkiri manusia lebih mudah penasaran, setelahnya turun ke lidah (rasa).

4. Rasa yang khas
Ketika inovasi yang unik sudah didapatkan atau kuasai, saatnya konsumen menilai rasanya. Ada dua kemungkinan, konsumen bisa balik lagi dikemudian hari dan menjadi pelanggan atau menjadi konsumen sekali, karena resep yang disajikan tidak enak dan hanya heboh diawalnya. Jadi inovasi yang unik harus diimbangi dengan kualitas yang rasa.

5. Harga
Untuk harga kamu harus sesuaikan sesuai target "kepada siapa ingin dijual" umum? Anak sekolahan? Masyarakat kota? Atau masyarakat perkampungan? Menengah atau kelas atas?

Karena jika inovasi yang unik, rasa dan harga yang seimbang akan memudahkan pemasaran dengan sendirinya. Utamakan harga tidak menghianati kualitas rasa.

TIPS Memasarkan usaha kuliner di zaman now


1. Andalkan media sosial sebagai marketing

Ada banyak sekali peluang di era digital, salah satunya memanfaatkan media sosial. Buatlah medsos toko kuliner kamu seperti instagram, fanpage facebok. Atau kamu juga bisa sewa influncer/buzzer sebagai barang enorser. Kamu juga bisa buat Give Away atau kuis kepada konsumen dengan syarat tertentu seperti tag, share, dan upload produk kamu sebagai soft selling.


2. Berani beriklan


Jangan ragu untuk beriklan ataupun ikut kelas marketing online meskipun berbayar. Dengan iklan yang sering muncul di timeline lebih berpeluang membuat konsumen tertarik. Beriklan bisa dalam bentuk online maupun ofline. Pilihlah gambar yang mudah menarik perhatian konsumen, misalnya bakso lava dengan lelehan saus cabai super merah, atau yang disana ada photo artisnya.

3. Teaster gratis sampai jadi Sponsor di acara tertentu

Jadilah sponsor di sebuah acara tertentu. Hal ini bisa dimuali dari acara kecil terlebih dahulu jika kamu baru memulai bisnis kuliner. Seperti Arisan RT, seminar kecil, acara sekolahan, dan sebagainya.

Intinya membuka usaha kuliner akan percuma jika salah memilih lokasi penjualan meskipun rasa masakannya enak tapi pemasarannya buruk.

Itulah 5 langkah awal memulai bisnis kuliner dan Tips memasarkan usaha kuliner di zaman now. Bagaimana, anda siap membuka usaha kuliner?

3 comments:

  1. Terimakasih infonya, semoga sukses terus..

    ReplyDelete
  2. Setuju soal rasa dan harga, itu penting banget especially kalau bisnisnya dibidang kuliner karena rasa dan harga itu saling berhubungan satu sama lain. Kadang kalau rasanya super enak, walau harga agak mahal pun jatuhnya jadi worth it :D

    ReplyDelete
  3. tester gratis dan enak yang paling penting ya :D

    ReplyDelete