Thursday, August 29, 2019

Pengobatan TB Paru setelah 3 bulan, dari Rumah Sakit ke Puskesmas


Lanjutan artikel, Pengobatan 2 Bulan TB Paru/TBC

Alhamdulillah, gak kerasa 3 bulan aja pengobatan TB Paru dan udah 2 kali ngalamin telat minum obat huhuhu ๐Ÿ˜ขgara-garanya ketiduran. Iya karena jadwal minum obat OAT akoh toh malam menjelang bobok dan waktu itu capek banget jadi langsung cus tidur. Biasanya ada alaram tapi entah kenapa alaram gak bunyi karena si akhdan main hape sampe lowbet sampai-sampai kegiatan bobok itu tidak ada yang mengganggu gugat. Akhirnya pas bangun sadar belum minum obat saya reflek langsung ambil obat, dan itu kejadiannya subuh menjelang pagi sama pagi menjelang siang ๐Ÿ˜‚

Udah tanya dokter di aplikasi online (takut diomelin kalo tanya bu dokter langsung haha) gapapa asal jangan sampe gak minum dan keseringan telat!

Dan nanti mau konsul lagi ke dokter paru puskesmas, tentang keterlambatan minum obat TB.

Okeh tadi sampe mana? Mau bahas pindah kontrol dari Rumah Sakit ke Puskesmas ya? Haha...

Jadi gini, dari awal ranap pengobatan, prawatan dan kontrol mingguan rutin saya di rujuk dari klinik BPJS ke Rumah Sakit pilihan saya. Saya pilih Rumah Sakit Graha Juanda.

Artikel terkait,  Kenapa saya pilih berobat di Rumah Sakit Graha Juanda

Namun setelah jalan 3 bulan dan waktu surat rujukan sudah habis (maks 3 bulan berlakunya surat rujukan BPJS) saya mau perpanjang tapi ternyata pengambilan obat OAT TBC dialihlan ke Puskesmas terdekat. Yaaaahhh...

Kenapa "yaaaahh" ? ๐Ÿ˜†

Karena yang sebelumnya di RS ditangai dokter Evata Sp.p dan perawatnya itu sudah bikin saya merasa nyaman. Ya, maklum selama ini saya berobat gak pernah suka sama dokter, terlebih dokter umum (karena dari kecil gak pernah sakit macem2)

"Keluhannya apa?" Kata dokter umum

"Begini dok, begitu dok, bla bla bla". pasien sudah menjelaskan panjang kali lebar

Set set set, nyatet resep suruh ambil obat, selesai..

Jujur saya gak pernah puas sama dokter yang tipe ini. Tipe diajak ngobrol susah, haha...

Kalo dokter Evata spesialis paru di Rs. Graha Juanda, dokternya humble, asyik, saking asiknya nyuruh saya kontrol hampir setiap minggu, bayangin aja gaes gimana gak pegel nih tenaga buat antri dan jajan di kantin, haha..

Tapi aku suka beliau orangnya perhatian, begitu ada gejala beliau langsung respon dan nanya keadan saya. Sampai pas saya akhirnya di oper juga ke Puskesmas, karena obat OAT TBC sudah digratiskan oleh pemerintah, maka saya tidak perlu ke rumah sakit lagi. Uhuuuyyy gratis buibu...

Cukup simpel dan praktis, datang ke puskesmas gak perlu daftar apalagi antri, temui langsung dokter paru (yang alhamdulillah cewek juga) kemudian di beri obat OAT TB Paru. Gak tanggung-tanggung jumlah blisternya banyak lumayan buat stock kurleb 2 minggu sampai 1 bulan. Jadi gak perlu bolak balik keseringan kaya di Rumah sakit sebelumnya. Ambil obat, balik lagi jika OAT sudah habis, atau konsultasi jika ada keluhan, kelar langsung pulang.

Plus minus sih,

Kalo di Rumah Sakit
➕ Kontrol rutin dan sering komunikasi sama dokter bikin termotivasi dan nambah edukasi tentang penyakit ini. Juga jika ada keluhan cepat tanggap.

➖ Boros jajan, capek tenaga karena antri, beresiko tertular penyakit karena isinya rumah sakit, ya orang sakit juga.

Kalo di Puskesmas
➕ Praktis, cepat gak boros waktu/jajan
➖ sayangnya tempat puskes dari rumah ku lumayan berkelok dan minim trasportasi (di dalem perumahan boo)


Udah itu aja, intinya sih penyakit TB bisa diobati jadi tetap istiqomah ikhtiar sembuh ya.. horor horor dulu tentang tetangga banyak yang meninggal karena TB sekarang saya bisa optimis sembuh. Iya kamu juga ๐Ÿ˜Š


Boleh, dibaca juga artikel sebelumnya, 



Semoga bermanfaat!

2 comments:

  1. Tetap semangat mba yah dan semoga 3 bulan sisanya sudah benar2 sembuh.

    ReplyDelete
  2. pengobatan tbc ini hrs disiplin sekali bolong harus ulang lagi ya

    ReplyDelete