Wednesday, December 26, 2018

Pelajaran Ke 1: Menjaga Amanah Kesehatan, Apa yang masuk ke dalam tubuh dan hindari stres


Punya sakit maag sejujurnya membuat saya ditegur lebih keras oleh Tuhan untuk menjaga amanahnya yakni menjaga  kesehatan lebih baik lagi. Terutama dalam hal pola makan dan gaya hidup. Dan saya anggap penyakit ini adalah teguran awal karena Tuhan sayang dengan saya. Bayangkan, jika saya tetap melakukan kebiasaan buruk maka hasilnya akan lebih berat ketika tua nanti. maka dari sekarang adalah waktu yang tepat untuk koreksi mencegah penyakit berat di hari tua nanti (insha Allah jika berumur panjang, amiin).

Saya akui memang gaya hidup dan pola makan yang buruk dapat memperparah gejala mag. Misalnya mie instan. Saya suka sekali makan mie sejak remaja. Hmmm, sejak SD sepertinya. Berawal dari ketidakpahaman mamah tentang efek negatif mie instan dan mulai terbiasa saat saya remaja ditambah jam tidur yang tidak teratur (ceritanya panjang kenapa saya suka makan mie saat remaja).

Namun, semenjak hamil pertama saya banyak mencari ilmu tentang kesehatan dan belajar tentang mengatur pola hidup sehat. Sedikit demi sedikit saya hilangkan kebiasaan buruk makan mie instan, meskipun tidur awal malam masih sulit dilakukan.

Jika junk food atau fast food saya memang tidak terlalu suka, karena memang menu nya yang biasa saja tapi harganya lumayan tidak normal, ditambah yang punya biasanya adalah brand luar negeri, bener2 sedang membatasi ini. 

Bagaimana dengan mie instan?

Oh no, itu seperti candu. Rasanya gak bisa seminggu itu gak bisa tanpa mie instan meskipun hanya sebungkus. mie yang pedesnya paket cabe rawit, telor, sawi atau mie dan cabainya aja sudah ok. Ditambah cemilan pedas, fastfood di saat tertentu, makan tidak teratur.


Bahkan saya pernah rela tidak makan siang waktu ada job di luar hanya sarapan minum susu kotak sari kacang hijau (sarapan asal-asalan termasuk kebiasaan buruk) demi membawa oleh-oleh snack untuk anak di rumah. Ini antara logika dan perasaan. Perasaan perjuangan ibu tapi dengan logika menyiksa diri sendiri memang 😬 (gak akan diulangi lagi). Perasaan disertai logika. Kalo gak makan, sakit. Kalo sakit anak siapa yang urus??? Lagian Alhamdulillah di rumah anak sama neneknya 😬

Awalnya sakit maag yang saya alami mempunyai gejala ringan seperti perasaan mual, dan perih di lambung yang saya anggap biasa. Biasa??? yang lama kelamaan tahun demi tahun menjadi tidak biasa!

Jika mengingat rasa sakitnya perasaan tidak enak, tidak nyaman, menderita, seperti di lambung dipukuli, sampai membuat tubuh saya semakin bertambah kurus karena selama kurang dari seminggu itu saya tidak nafsu makan, semakin kosong perut semakin mual, muntah dan asam lambung meningkat. 

Buat kalian yang baru punya merasakan gejala awal maag jangan dianggap sepele sebelum maag kamu kronis. Dan yang belum merasakan maag, jangan sampeldeh ngerasain. Oleh karena itu hindari pemicu maag, selain pola hidup dari makanan yang lebih penting itu dari pikiran, seperti hindari stres.

Punya penyakit maag dilarang!

  • Makan-makanan Pedas, berminyak, banyak lemak, 
  • Stres atau depresi karena akan membuat jam makan terganggu atau tidak mood makan.
  • Makan terlalu cepat dan porsi terlalu banyak 
  • Begadang atau tidur larut malam
  • Jangan terlalu sibuk sampai lupa jam makan
  • Jajan sembarangan saat sudah kelewat jam makan


Maag akan terus kambuh Lagi!

Kamu jangan terkecoh apabila sakit maag mu di rasa sembuh, karena akan muncul lagi apabila kamu melakukan kesalahan dalam memilih makanan lagi, setidaknya itu yang saya rasakan kemarin. Waktu berjalan kembali, nyeri lambung sudah tidak terasa lagi saat saya mulai membiasakan sedikit-sedikit menjadi vegetarian. Tapi disuatu kondisi diluar rumah terpaksa saya harus mengisi perut di jam makan siang dengan menu yang ada di sana yakni soto mie bogor (ada dagingnya), Bakso, junk food serta jus mangga yang mengandung banyak susu (gara2 udh janji sama anak, yang janjinya minta dibeliin hadiah mainan di MCD)

And you know semalaman saya merintih kesakitan perut bagian tengah yang amat sangat lagi, rasanya seperti lambung dipukuli, keringat dingin dan napas ngosngosan, intinya kapok. 

Katakan say goodbye kepada makanan ini!

Selamat tinggal, makanan kesukaan 😥
  • Keju, coklat, susu, pop mie dower geledek, mie rebus cabe rawit, sop sapi/kambing pedas, satai Maranggi, bakso, dan semua yang mengandung daging merah yang diolah dengan pedas dan berlebihan.
  • Donts: ngeteh, ngopi, makanan atau minuman yang terlalu asam, beralkohol dan tinggi gas. 
Kalo begitu makan apa dong? Rata2 makanan mengandung pedas, berminyak

Akhirnya, demi kebaikan tim saya di dalam perut saya memutuskan untuk belajar dikit demi sedikit membatasi konsumsi yang dilarang di atas karena jika ingetin sakitnya membuat saya trauma. lebayy 😂


Belajar jadi vegetarian ala ala

Vegetarian ala Bella bukan vegetarian kaya dampingan dokter segala ya. Tapi, lebih tepatnya membiasakan makan sayur dan buah lebih banyak dan lebih sering. Sebenarnya, ini merupakan langkah bagus juga untuk akhdan karena ikut emaknya makan sayur, buah lebih sering. Buah dan sayur tidak mahal kok malah lebih murah dan mudah didapat. Belanja stock sayur di pasar, beli buah sebagai cemilan di rumah. 

12 Buah yang tidak boleh dikonsumsi pengidap Maag

Lagi-lagi ada pantang nya juga termasuk makan buah untuk orang maag. Bukan berarti gak boleh sama sekali tapi biasanya buah ini kurang cocok, atau saat maag kambuh sebaiknya jangan makan buah ini. Buah apa sajakah itu? 

Jeruk, durian, kedondong, nanas, pisang Ambon, nangka, anggur, duku, kiwi, buah ara, buah kering (kismis, kurma, aprikot) buah berry (strawberry, blueberry, blackberyy) 

Buah-bahan tersebut mengandung asam, sitrus, gas, dan alkohol yang kurang baik bagi lambung maag. 


Saatnya Ganti Cemilan mu!
Rata-rata cemilan itu paling mantap kalo ada pedas-pedasnya, betulkan? Apalagi seringnya pengolahannya yang digoreng sampaiyang instan2, ditambah cemilan yang manis seperti coklat itu banyak sekali dipasaran.

Tapi sebenarnya kalo udah niat apalagi udah rasain sakit maag yang bener-bener bikin trauma 😂 bisa kok menjauhkan makanan yang dilarang. Yang tadinya suka 
cemilan yang digoreng atau mengandung banyak minyak mulai ganti deh dengan buah-buahan. Minuman juga, apapun makanannya minumnya air putih!

Sebenarnya penyakit maag yang di derita almarhum dr. Thamrin yang sempat heboh beberapa waktu lalu membuat saya semangat pengin sembuh dan mengatur pola hidup, makan, dan iman, bahwa untuk menyayangi tubuh yang merupakan amanah yang harus dijaga itu penting. 

Selama ini saya masih dibantu obat maag resep dokter, yang terkadang masih kambuh tiba-tiba. Pengen segara sembuh total ya meskipun kata dokter maag gak bisa sembuh kalo makanan pantangan tersebut diulang lagi. Semoga saja maag ini gak kambuh atau bertambah parah, karena setiap sakit yang dipikiran saya yang pertama adalah anak, masa depan anak, kalo bukan saya siapa lagi.




------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------





1 comment:

  1. Aku pun punya sakit maag akut sister, dan itu memang bisa sembuh total kalau makan pedas dan junk food di kurangi. Selanjutnya adalah jangan stres 🤣

    ReplyDelete