Friday, April 20, 2018

Ketika Mengalami Lumpuh Dalam Tidur


Pernah denger istilah dierep-erep?

Atau kata orangtua jaman dulu ketindihan mahluk halus saat tidur. Dierep-erep merupakan suatu kejadian dimana seseorang yang sedang dalam kondisi tertidur, tersadar dalam tidurnya dan merasakan tubuhnya sedang tidur tetapi tubuhnya tidak bisa digerakan. yang lebih menakutkan jika kamu mengalami ini, kamu tidak bisa terbangun dari tidur meskipun kamu berusaha berbicara, bergerak atau berteriak sekuat tenaga, kamu hanya bisa menyaksikan tubuhmu terbaring. maka reaksi yang terjadi adalah panik dan mengarah pada hal gaib seperti ada mahluk halus yang menindih tubuh kita.

Kalian sudah pernah ngalamin?

Saya sering  😄
setidaknya dalam satu tahun sudah dua kali mengalami ini. kejadian ini saya rasakan lagi beberapa hari yang lalu. anehnya terjadi setiap tidur siang saja. kala itu saya merasakan lelah yang amat sangat setelah pagi berkebun. sebelum ashar sekitar jam 2-4 saya tertidur sangat pulas. sesekali terbangun melirik jam dan mengintip akhdan yang sedang main rumah-rumahan bersama temannya. yang saya rasakan saat itu antara badan yang ingin melanjutkan tidurnya karena ngantuk yang amat sangat karena kelelahan, juga dengan perasaan yang ingin bangun atau masih setengah tersadar. posisi tidur saya saat itu terlentang, tidak sedang terlungkup.

Panik? jelas. gelisah dan sesak amat sangat menyaksikan kita teridur, tetapi disisi lain bisa melihat aktifitas akhdan seperti mimpi tapi sadar. sekuat tenaga saya berusaha bangun. "Tolong liat ke mamah, bangunin gue dong siapapun juga, ayah bangunin mamah plis". menyaksikan, bisa mendengar keberadaa mereka dan berharap ada yang bangunin atau setidaknya menyenggol tubuh saya agar saya kaget dan badan ini terbangun, tapi lagi lagi tidak ada yang sadar jika saya sedang dalam kelumpuhan tidur. sungguh lelah rasanya memaksa tubuh terbangun. dan ini berlangsung beberapa detik atau menit.

Anehnya saya tidak bisa menahan rasa kantuk itu lagi dan akhirnya permisah, dierep-erep itu muncul lagi! terus sampai 3 kali meskipun saya sudah merubah posisi tidur. yang pada akhirnya saya bertekad bangun dari tidur, meludah 3 kali ke arah kiri, mengucap takbir, lalu cuci muka.

mungkin karena sudah pernah mengalami erep-erep sebelumnya, yang saya alami bukan tentang hal gaib lagi. Sugesti tentang "seperti ada mahluk halus memperhatikan kita" sudah tidak ada dalam lumpuh tidur yang saya alami. meskipun tidak berbahaya, tapi sangat mengganggu dan pastinya membuat saya sangat gelisah dan ketakutan saat tidur.
Mengalami lumpuh dalam tidur

Okeh, kita flashback! 👻😂

Pertama mengalami lumpuh dalam tidur saat saya berusia 17 tahun. saat itu posisi tidur saya tengkurap. jadi ketika saya mengalami dierep-erep rasanya benar sekali seperti ada mahluk halus yang duduk di atas punggung dan memperhatikan saya. seketika saya langsung membaca doa al-ikhlas, annas dan semua doa yang saya tau. pertama mengalami ini rasa takut luar biasa, begitupun perasaan panik karena tidak bisa bangun. gelisah, sesak, ketakutan bercampur jadi satu. kejadian ini berlangsung hanya beberapa menit, parahnya saat terbangun tubuh tak kuasa menahan ngantuk meskipun saya sudah trauma dan bertekad tidak mau tidur tetap saja ketika bangun sebentar bandan langsung tertidur lagi dan mengalami kejadian serupa. hiks menyebalkan ya... 😬

Menurut medis mengatakan,

Selain dari pandangan yang berhubungan dengan hal mistis ternyata ada penjelasan medis soal fenomena ini, loh. Sleep paralysis atau lumpuh tidur bisa dialami oleh siapapun terutama mereka yang berusia remaja. Kelumpuhan tidur dapat terjadi ketika mekanisme yang menyebabkan otot-otot yang rileks selama tidur, terus berlanjut untuk terus berada dalam kondisi rileks meski orang yang mengalaminya telah bangun tidur.

Kamu perlu tahu, bahwa selama kita tidur aktifitas otak mengalami dua hal yang berbeda yakni tidur aktif (Rapid Eye Movement/REM) dan tidur non-REM. selama tidur NON-REM masih menghasilkan gerakan meski sedang tidur seperti mengigau atau berjalan ketika tidur. Sedangkan REM adalah fase tidur yang dalam dan bisa terjadi sleep paralysis. otak mendadak terbangun dari tahap REM namun tubuh belum siap. Ditambah halusinasi horor. 👻

Faktor lainnya yang menyebabkan lumpuh tidur adalah gejala penyakit narkolepsi. Narkolepsi adalah penyakit tidur yang menyebabkan gangguan serius pada siklus tidur dan bangun. Penderita akan mengalami kesulitan untuk tetap bertahan terjaga selama kurang lebih 3-4 jam. Sehingga lebih besar mengalami resiko kelumpuhan tidur karena kurangnya waktu tidur, pola tidur yang tak beraturan, serta usia produktif seperti remaja, dan dewasa muda.

Jika dilihat dari sisi syariat, mengatakan..

"Pengaruh 'ain itu benar-benar ada, seandainya ada sesuatu yang bisa mendahului takdir,' ainlah yang dapat melakukannya." (HR. Muslim) 

Selain penyakit dari sebab fisik atau gangguan dari syaitan sebagaimana hadits diatas. Mimpi yang buruk pun seperti ketakutan, merasa terganggu, bisa berasal dari syaitan.

"Mimpi itu ada tiga macam: [1]bisikan hati, [2] ditakut-takuti setan, dan [3] kabar gembira dari Allah." 

Sedangkan setiap mahluk hidup yang sedang tertidur nyawanya sementara di pegang Allah.

"Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) ruh (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka dia tahanlah ruh (orang) yang telah dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan ruh yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir" (Az-Zumar:42) 


Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma, berkata, 

"Sesungguhnya ruh orang yang hidup dan ruh orang mati bertemu dalam mimpi. Mereka saling mengenal sesuai yang Allah kehendaki. Ketika masing-masing hendak kembali ke jasadnya, Allah menahan ruh orang yang sudah mati di sisi-Nya, dan Allah melepaskan ruh orang yang masih hidup ke jasadnya, sampai batas waktu tertentu yaitu selama hidupnya." 

Memang ada banyak hal di dunia ini yang tidak masuk logika oleh karena itu sebagai umat yang beriman kita wajib percaya hal gaib di luar pengetahuan manusia biasa. Hmmm, kalo menurut opini aku pribadi lumpuh dalam tidur memang ada hubungannya dengan kesalahan adab tidur yang pada akhirnya memancing hal mistis.

TIPS Mencegah Lumpuh Dalam Tidur Datang Lagi

Secara nalar penyebab yang pasti dari kelumpuhan tidur ini belum dapat diketahui, meskipun begitu ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegah datang kembali si erep-erep ini.
  • Beri tubuh waktu tidur yang cukup. Tidur 6-8 jam untuk orang dewasa sudah cukup, usahakan juga tidur malam di jam yang sama secara teratur setiap harinya. Dengan tidur yang cukup tubuh tidak kekurangan waktu istirahat. Kerja ototpun tidak terganggu. 
  • Hindari Stres dan Bekerja jangan terlalu keras, apalagi tidak diimbangi istirahat yang cukup.  
  • Mengikuti adab-adab Rasullulah. yang harus dilakukan sebelum dan sesudah tidur
  • Jangan tidur menjelang waktu fardu, seperti magrib, ashar. saat seperti ini tidak dianjurkan dari segi kesehatan dan dilarang juga dari agama. 
  • Jangan tidur tengkurap atau terlentang (ada penjelasan medisnya juga) 
Tetapi, jika kamu lebih sering mengalami gangguan lumpuh tidur, kemungkinan besar terjadi masalah pada saraf dan sebaiknya ditangani lebih lanjut oleh pihak medis seperti ahli saraf atau neurologist. 

Tapi bukan tidak mungkin kejadian ini terulang lagi. Bener-bener kala itu saya sedang kelelahan dan waktu tidur yang tidak tepat pas menjelang fardu. Mudah-mudahan tidak ketemu lagi sama si sleep paralysis ini karena sungguh mengganggu. Dan tau gak, saking udah ngalaminnya pas detik-detik itu saya sudah pasrah loh, nunggu bangun sendiri sambil baca surah kursi. Untungnya selalu kebangun.

Kalo kamu udah pernah belum ngalamin ini?

Kalo belum hati-hati ya.. rasanya menyeramkan loh, hihihihiiii 👻👻

_______________________________________________________


Sumber refrensi: https://muslimafiyah.com/fenomena-ketindihan-syariat-dan-medis.html
www.meetdoctor.com Oleh: dr. Aria Wibowo



14 comments:

  1. Saya sering banget mengalami tindihen tersebut, biasanya cara yang saya lakukan adalah dengan e
    membaca ayat kursi. Alhamdulillah berhasil membangunkan diri sendiri

    ReplyDelete
  2. Aku baru ngalami ini bulan lalu.
    Waktu itu memang lagi kurang tidur dan salah posisi tidur juga. Tapi tetep aja ya bikin panik 😂

    ReplyDelete
  3. Belum pernah sih, tapi bberapa teman dan saudara ada yg ngalamin. Dari cerita mereka, yg pasti tiap yg merasakan panik semua. Krn dikira kena tindihan setan :D. Jangan sampe sih aku kena juga. Walopun skr udah tahu ada penjelasan medis nya, ttp ga mau ngerasain

    ReplyDelete
  4. Tiap mau tidur harus baca do'a dulu dan ya mbak. Faktor stress dan kurangnya waktu tidur itu memang pengaruhnya besar banget ya mbak. Kudu ati-ati nih ya, makasih infonya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, tetap pada rambu rambu adab sebelum bobok yak. mencegah erep2

      Delete
  5. Saya sering banget nih apa lagi waktu dulu kecil, sampe paham kalo mau di rep rep ,jadi kadang dibikin santai karna udh biasa ,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu kecil? wah serem juga ya namanya bocah kan. kalo aku remaja pas pertama kalinya tuh. iya sama udah pernah ngalami sering jd udah tau rambu2 nya ya... semoga ga mampir lg erepan ntuh ya

      Delete
  6. Iya mbak, pernah dinga.. Pas dulu SMP masi bolong2 sholatnya, hehehe
    Alhamdulillah udah gak pernah lagi

    ReplyDelete
  7. Dulu sering dan pernah paling mengerikan pas SMP. Tapi sekarang alhamdulillah gak karena gak pernah sendirian lg di rumah. Aku fikir karena pengaruh otak jg sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo baru pertama kali ngalamin ini serem ya

      Delete