Sunday, November 6, 2016

Tips Hemat ala Ibu Rumah Tangga

Tips hemat ibu rumah tangga

Pernah ngerasa gak,  abis belanja bukannya heppi malah pusing karena sisa uang jadi tipis, lebih parahnya lagi utang jadi numpuk. oke, menghemat uang itu bukan berarti pelit ya, secara kebutuhan itu terus meningkat setiap tahunnya atau bahkan setiap bertambahnya anak. setuju buibu? setujuuuuu.....
apalagi yang namanya keuangan dalam rumah tangga itu ada pasang surutnya alias ga selalu lancar. semua orangtua pernah ngalamin "masa panceklik" situasi dimana hari itu gak megang uang sepeserpun, disisi lain ga tega lihat anak nangis minta jajan. Saya yakin pasti parents ga mau ngalamin yang seperti ini untuk yang berkali-kalinya. kita sebagai IRT (ibu rumah tangga) terutama yang tidak punya penghasilan dari luar selain dari suami, harus cermat mengelola keuangan. Selain suami makin cinta dan kita pun jauh dari kerugian di masa yang akan datang. Nah, berikut tipsnya cekidot.....

1. Ubahlah mindset kita


Mindset adalah sebuah pola pikir yang mempengaruhi pola kerja seseorang. simpelnya, prilaku seseorang dipengaruhi oleh pola pikirnya. bagi sebagian perempuan, terutama seorang ibu rumah tangga yang tugas nya sebagai menejer keuangan bertugas menyediakan kebutuhan sehari-hari. Seorang irt harus pintar mengatur keuangan dan itu jelas tidak mudah. (Kebutuhan keluarga beda loh, dengan selera kebutuhan pribadi ๐Ÿ˜…)

Judulnya juga tips hemat,  jadi yang akan saya bahas adalah cara mengendalikan diri dari laper mata ๐Ÿ˜‚. dengan me'mindset'kan niat untuk berhemat. So, jika mau menghilangkan kebiasaan boros atau sekedar ingin belajar berhemat, maka pola pikir dulu yang harus dirubah. Pola pikir berubah, prilaku pasti berubah!

Okey pertama-tama, tanamkan dipikiran kita ini "pioritaskan mana yang dibutuhkan bukan yang diinginkan". Saya selalu ingat kata-kata ini sebelum pergi ke pusat perbelanjaan seperti pasar, swalayan, minimarket sampai tempat hiburan kampung sekalipun (pasar malem ๐Ÿ˜‚)

Utamakan kebutuhan pokok. kebutuhan ini yang akan kita perlukan setiap harinya,

  • Stock beras (pastinya) 
  • Belanja bulanan seperti sabun sampai kebutuhan dapur (ga usah yang bermerk terlalu mahal, yang sudah terdaftar di bpom saja udah syukur dan pastinya teteuup pilih yang sedang promo, hehe) 
  • Bayar iuran bulanan tepat waktu. bayar listrik, telepon, gas alam, air, dll. (Usahakan bayar tepat waktu karena kalo telat akan ada denda) 
  • Membiasakan membeli makanan yang bergizi dengan harga terjangkau. makanan yang mahal itu selalu terlihat lebih enak, tapi belum tentu bergizi seimbang. padahal makanan yang enak itu tergantung dari cara pengolahannya, juga diimbangi dengan gizinya. tapi masih banyak loh, yang lebih memilih makanan kasohor meskipun harganya cukup mahal. sesekali boleh lah makan di solaria. Tapi kalo sudah menjadi rutinitas hampir setiap minggu itu namanya pemborosan ๐Ÿ˜‚

Siklus keuangan itu ga selalu diatas, ada kalanya kita mengalami masa seret, Bener ga? apalagi dalam soal makanan yang harus ada setiap harinya. Sebagai antisipasi jaga-jaga di masa panceklik atau tanggal tua, siapkan menu darurat.

Menu darurat? 

Menu darurat ini sebenarnya memang harus ada setiap harinya tapi bisa juga sebagai lauk pauk alternatif jika buibu tidak sempat masak atau sedang dalam kesulitan keuangan alias bokek ๐Ÿ˜‚

Jadi Buibu harus ada makanan ini, catet yeee!

  • Tahu atau tempe -> tahu dan tempe sangat mudah kita dapati selain karena harganya murah, kandungan gizi pada makanan berbahan dasar kedele ini sangat tinggi. Persentase kandungan protein yang ada di dalam tahu atau tempe bahkan jauh lebih unggul daripada kandungan protein yang ada pada daging, ikan segar, telur. dan masih banyak lagi lauk pauk yang bergizi tinggi dengan harga terjangkau. Wah, dengan harga yang terjangkau kita bisa memperoleh gizi yang tinggi ya ๐Ÿ˜Š
  • Telur 1 kg buat stock (berat per kilo tergantung kebutuhan dan banyaknya anggota keluarga ya ๐Ÿ˜‚)
  • Kerupuk (selain sebagai pendamping lauk pauk, kerupuk juga bisa menjadi makanan pengganti lauk jika benar benar darurat) 
  • Ikan asin (makan ikan asin dengan sambal trasi plus nasi hangat sangatlah lezat. jangan lupa untuk menambah lalapan dan sayur sayuran. konon kandungan ikan teri setara dengan ikan salmon, loh. Eh, ikan teri sama saja dengan ikan asin kan ๐Ÿ˜) 
  • Selalu sedia sambal (cabai ga mahal qo, kalo disesuaikan dengan kebutuhan konsumsi dengan anggarannya, hehe)  Tidak perlu heboh membuat sambal heboh jika krisis sedang keuangan. Buat sambal mentah atau goang ternyata nikmat ๐Ÿ˜Š


Makanan yang gampang kita temui dengan harga terjangkau ternyata gak kalah tinggi kandungan gizinya, dan pastinya mengemat pengeluaran. Tinggal cara kita mengolah dan menikmatinya ala menu di restoran, its perfect!  (makan ikan asin, lalapan plus sambal goang di saung lesehan kebon belakang rumah, serasa makan steak di restoran๐Ÿ˜‚)


Dibanding dengan mie instan sebagai menu darurat, kandungan gizi yang terdapat didalamnya tidaklah seberapa bahkan lebih banyak pengawetnya. Biasakan untuk tidak memakan mie instan meskipun harga yang tidak jauh berbeda dengan makanan murah sekelas tahu tempe, telor, ikan asin, tapi gizinya sangat berbanding jauh.

Menanam sayur di kebun belakang rumah
Siapa bilang kegiatan menanam ini cocok untuk orangtua yang sudah pensiun ๐Ÿ˜œ. hey kenapa kita gak belajar berkebun dari sekarang?! Saya sendiripun menyukai jenis kegiatan berkebun ini. selain kegiatan ini banyak manfaatnya seperti berolahraga, hasilnyapun dapat kita nikmati.

Kita bisa memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah untuk menanam pohon dan jenis sayuran sampai apotik hidup. beberapa jenis sayuran atau pohon buah yang dapat kita tanam adalah, pohon mangga, rambutan, jambu, pepaya, selain buahnya bergizi pohonya bermanfaat sebagai oksigen alami juga ac alam. Hmmmm, ademmmm, bikin ayunan deh ๐Ÿ˜

Jika nanti butuh obat tradisional, kita punya apotik hidup. tanam jenis tumbuhan obat obatan, seprti daun sirih, kunyit, sereh, jangan lupa sayur mayur seperti pohon cabai, Pare, kacang panjang, singkong dan masih banyak lagi. butuh cabai? tinggal petik di kebun, buah mateng? tinggal panen, Lumayankan ๐Ÿ˜


2. Stop membeli make up berlebihan! 

Oh tidak ini yang paling mengerikan! (lebay deh) tidak membeli bukan berarti sama sekali tidak dandan, loh yee ๐Ÿ˜‚. Saya tidak melarang kalian dandan qok, apalagi jika sudah emak emak, yang harus nya tetap jaga penampilan di depan suami meskipun berteman dengan bau bumbu dapur.

Cantik dan menarik adalah impian semua wanita, jadi wajar jika kita rela membelanjakan uang kita demi sebuah perawatan pribadi. Taapiiii....  (dandan model kaya gimana dulu nih?  Merk kosmetiknya apa?๐Ÿ˜‚ )
tapi jangan berlebihan tetep harus disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. bukan sekedar ikut ikutan orang yang pada akhirnya belum tentu cocok dengan kita. Alhasil numpukin koleksi makeup yang ga dipakai karena ga cocok, mubajir kan????

Kandungan berbahaya pada kosmetik
Saat ini banyak kosmetik berbahaya, seperti pemutih wajah yang banyak di pasaran online maupun offline. Berbagai merk berlomba lomba menjanjikan hasil, seperti misalnya putih kinclong. dengan harga yang lumayan tapi blum dipastikan kandungannya aman atau tidak. iih, ngeri deh jika tidak teliti dampaknya fatal sekali.
๐Ÿ˜ฐ
sebenarnya islam telah mengajarkan kepada kita, cara berhias yang syar'i untuk wanita. islam tidak melarang sepenuhnya seorang wanita 'berdandan' malah mengajarkan cara berdandan yang baik, yang justru mencegah dari hal yang merugikan.

Sesungguhnya Allah ta'ala berfirman,

ูŠَุง ุจَู†ِูŠ ุขุฏَู…َ ุฎُุฐُูˆุง ุฒِูŠู†َุชَูƒُู…ْ ุนِู†ْุฏَ ูƒُู„ِّ ู…َุณْุฌِุฏٍ ูˆَูƒُู„ُูˆุง ูˆَุงุดْุฑَุจُูˆุง ูˆَู„ุง ุชُุณْุฑِูُูˆุง ุฅِู†َّู‡ُ ู„ุง ูŠُุญِุจُّ ุงู„ْู…ُุณْุฑِูِูŠู†َ
“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” (QS. Al-A‘raaf, 7: 31).

Cantik itu alami
Untuk meminimalisir resiko itu saya sendiri lebih memilih untuk memakai kosmetik yang di butuhkan saja seperti hand body, bedak, lipen, pembersih wajah, parfume biang. intinya memilih kosmetik sesuai kebutuhan dan isi dompet bukan menurut selera atau merk, hihi. Untuk mendapatkan kulit sehat bukan dari kosmetik saja, salah satunya kulit mendapatkan suplai nutrisi yang cukup.

Ternyata banyak manfaatnya juga nih dari berhemat untuk kesehatan ๐Ÿ˜


3. Belilah pakaian yang lebih sering digunakan daripada yang Bagus tapi jarang di pakai


Saran saya banyakin daster atau 2 in 1 contohnya daster gamis. Memakai daster bukan berarti tidak cantik loh, tergantung kitanya pintar-pintar memilih model, banyak loh baju santai yang unyu unyu ๐Ÿ˜œ dengan harga terjangkau atau mengaplikasikan nya agar terlihat mecing. 

berlatihlah untuk tidak lapar mata ketika melihat baju yang bagus karna, 
Pertama -> belum tentu cocok juga saat kita pakai, secara beda model orangnya beda juga penampilan orang yang memakainya atau bisa jadi saat di katalog sangat bagus tapi aslinya mengecewakan (ini yang paling membuat saya sedih ๐Ÿ˜‚)
Kedua -> biasanya pakaian formal itu selalu bagus tapi hanya untuk acara tertentu. sesuaikan sama jadwal kegiatanmu jika kamu tipe orange yang sedikit melakukan kegiatan di luar (bukan orang sibuk ๐Ÿ˜‚) lebih baik pikir 2x untuk belanja baju yang super wah (biasanya ini terjadi saat lebaran karena cuma di pakai 1x). gapapa beli juga kalo disesuaikan dengan kebutuhan dan isi dompet. Pokoknya  paling penting ibu-ibu, cari yang diskonan, hehe ๐Ÿ˜‰

Foya foya itu Mubajir
Perempuan yang smart adalah perempuan yang bisa mengatur keuangannya. Setuju?
Seperti mindset kita "belilah yang dibutuh kan bukan yang diinginkan" karena manusia tidak akan pernah puas meskipun emas segunung sudah di raihnya. Hidup bahagia itu hidup dengan rasa syukur #eeaaa. Jadi mulai sekarang hentikan kebiasaan foya-foya (kebanyakan orang tidak sadar kalo sebenarnya sedang foya - foya, jadi gimana ya negur nya ๐Ÿ˜‚)


4. Daur ulang, sumbangkan atau jual barang bekas yang masih layak! 


Dimulai dari memisahkan sampah organik non organik dan barang rongsok (tidak terpakai). Satu keluarga membiasakan kebiasaan ini ikut menyelamatkan bumi dari sampah plastik. Bayangkan jika satu, dua, tiga keluarga, satu RT, satu DESA, Satu KECAMATAN, satu KOTA, melakukan kebiasaan ini betapa tertatanya bumi kita, betapa produktifnya setiap keluarga yang berhasil memanfaatkan sampah daur ulang. Aksi kecil membuat perubahan besar, yuk masih belum terlambat!

Jual atau sumbangkan barang tak terpakai
"Duh, banyak barang bekas numpuk nih. Dibuang sayang, ditumpuk ga bermanfaat di gudang" ๐Ÿ˜ท๐Ÿ˜•

Ada dua pilihan yang harus kamu lakukan dengan barang tak terpakai dirumah mu ⤵

1. Donasikan barang! ini bermanfaat ketika kamu ingin beramal tapi tak punya uang.

Sumbangkan barang layak pakai yang masih Bagus ke panti sosial atau panti asuhan, korban bencana alam, tunawisma, tetangga fakir miskin. dari pada numpukin sampah digudang lebih baik di daur ulang toh jadi uang juga kan. Saat buang sampah pisahkan sampah daur ulang, organik dan non organik ini akan memudahkan kita untuk memilah milih sampah yang ingin kita jual (rongsokan).

2. jual barang bekas preloved kamu di situs online khusus barang bekas
barang-barang pribadi yang bagus, unyu, bermerk tapi jarang kita pakai rasanya sayang di sentuh tapi jarang juga dipakai. 


Hey, kenapa tidak dijual kembali saja situasi ini sangat membantu saat kita membutuhkan uang atau hanya sekedar membersihkan kamar karena numpuknya barang yang tak terpakai. banyak ko situs online yang bisa promosiin preloved atau barang bekas.
Tapi ingat yang masih layak loh ya!

5. Jangan, Jangan dan Jangan pernah Membiasakan Pinjam Duit !

Ada kalanya di dalam perjalanan hidup kita berada di titik sulit, seperti lagi kere misalnya. ditambah ada sesuatu yang kita butuhkan namun terpentok oleh materi. kesabaran seorang IRT sangat di uji di sini. saya bukannya melarang parents minjem duit loh, tapi kalau bisa jangan pinjam duit terutama untuk hal yang sepele. karna dari yang spele berkembang menjadi yang besar. meminjam boleh saja asal kita sudah siap dengan tanggung jawab seperti mengembalikan pinjaman sesuai janji, pinjaman tanpa riba, sistem penggadaian syariah. karena biasanya kebiasaan meminjam uang ini bisa menjadi peluang keteledoran yang amat merugikan jika kita tidak bijak memanfaatkannya. 

Sebenarnya ada banyak manfaat jika kita mampu menahan hasrat dengan tidak meminjam uang. contohnya, kita akan belajar untuk tidak menggampangkan masalah, bersabar dan berusaha, belajar mengendalikan keuangan. 

HUTANG WAJIB DIBAYAR MESKIPUN TIDAK DITAGIH
"orang yang mati miskin karena membayar hutangnya jauh lebih terhormat daripada mati membawa hutang itu kehinaan"

6. Catet, Emak-emak Zaman Now Wajib Memiliki Simpanan

Jika tidak punya deposito, atau asuransi minimal punya simpanan laah,  mengingat roda kehidupan ga selalu di atas, hehe. parents manfaat menabung itu banyak loh. dengan kebiasaan menabung ini melatih kita untuk bersabar, disiplin, hemat dan cerdas mengelola keuangan. lebih baik bersusah susah dahulu, bersenang senang kemudian maksudnya jika kita menginginkan sesuatu lebih baik bersabar dahulu dengan menabung, ketika tabungan sudah cukup baru beli apa yang kita inginkan. dibanding dengan kridit menabung lebih baik aman dan tidak stres memikirkan setoran atau denda keterlambatan, ya kan.

Biasakan untuk menyisihkan uang belanja untuk di tabung. sekarang ini sudah banyak jenis tabungan yang menguntungkan, seperti tabungan emas, berjangka, celengan ayam dan lain sebagainya. jangan anggap remeh uang seperak dua perak bahkan kembalian receh 100, 200 dari minimarket bisa kita kumpulin.


7. Berpuasalah!

Ngakunya pengen diet tapi makan aja ga terkontrol atau malah diet yang menyiksa bukannya sehat malah timbul penyakit. sekalinya beli paket diet eh mahal ujung-ujungnya pemborosan. makan mulu boros, diet boros, berobat boros, hehe. hey kenapa gak membiasakan puasa aja?
Ada banyak manfaat puasa dari segi kesehatan fisikis maupun mental, selain itu dengan berpuasa kita juga bisa menghemat pengeluaran. dengan berpuasa kita bisa mengontrol hasrat jajan atau makan berlebihan. eits tapi bukan hanya bertujuan untuk mengontrol makanan atau sekedar berhemat puasa juga melatih kesabaran kita dengan mengontrol emosi yang bisa bikin emak-emak cepet tua, keriput, apalagi emak yang doyan ngomel plus bawel. hayo puasa yuk, sekalian tuh bayar utangnya senin kamis nyok.


8. Jangan Lupa Sodakoh!

Sebagai orang yang beriman kita pasti sudah tau "sodakoh itu tidak membuat kita miskin" semakin kita royal untuk bersodakoh semakin tuhan memngamanahkan rezeki lebih, tentunya ada hak orang lain disana. ingat!  hilangkan citra negatif bahwa hemat iti berarti pelit, oh no, no, no, no. meski sepertinya hampir 11, 12 kesamaanya tapi kamu jangan sampe salah kaprah dengan " berhemat".  hemat itu bukan pelit tapi lebih ke mengutamakan mana yang di butuhkan, mana yang di inginkan, dan mana yang menjadi hak orang lain. jangan sampe niat smart kita berhemat ini jadi ga bermanfaat untuk orang sekitar ya temans.

Kamu bisa ikut menjadi donatur tetap di sebuah lembaga LAZIS atau setidaknya menyisihkan penghasilanmu untuk sodakoh. sodakoh juga tidak hanya berbentuk uang loh, bantuan yang bisa kita amalkan pun merupakan sodakoh. Setiap hari adalah amal, dan dunia itu merupakan ladang amal.


9. Manfaatkan waktu luang!

Sering dengar kata ini "Waktu adalah uang" waktu jangan sampai terbuang sia-sia karena waktu adalah uang setiap detiknya berharga atau mengandung uang, hehe. kamu bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat, seperti mengembangkan hobi, aktif dalam kegiatan positife, berkebun, membuat kerajinan tangan, berjualan, memasak, menata ulang rumah, menulis, membaca buku resep atau pengetahuan, ikut pengajian, olahraga.
Daripada nongkrong di luar dan bergosip atau seharian online ngomongin pelakor, is no, no, no ๐Ÿ˜‚

***
Jadi buibu hemat itu bukan berarti pelit. ada banyak cara kita untuk berhemat tapi yang lebih penting adalah mindset kita dengan arti berhemat itu sendiri.

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk mahluk di sekitarnya"

Semoga Istiqomah hematnya ya,  hehe..

No comments:

Post a Comment