Thursday, February 21, 2019

Pertolongan Pertama Saat Memar Atau Lebam

Memar adalah, adalah suatu jenis cedera pada jaringan tubuh, yang menyebabkan alirandarah dari sistem kardiovaskular mengendap pada jaringan sekitarnya, disebut hematoma, dan tidak disertai robeknya lapisan kulit. Memar ditimbulkan oleh trauma seperti tumbukan benda tumpul dan menimbulkan rasa sakit walaupun pada umumnya tidak berbahaya. Endapan sel darah pada jaringan kemudian mengalami fagositosis dan didaurulang oleh makrofaga. Warna biru atau ungu yang terdapat pada memar merupakan hasil reaksi konversi dari hemoglobin menjadi bilirubin. [Wikipedia]


Belum lama ini anak saya kakinya masuk ke dalam jari-jari roda sepeda saat saya kayuh. Sepeda ukuran besar loh, tau kan yang ada keranjangnya khusus perempuan. Kejadiannya cukup cepat, mohon maaf saya gak bisa cerita detailnya karena beneran masih trauma inget detik-detik itu. Intinya kaki sebelah kanannya seketika membiru sangat hitam dan mulai menjalar dalam hitungan menit. Saya terpogoh-pogoh menggendongnya, untung saja perjalanan kami masih sekitaran rumah beda satu blok saja alias baru berangkat pisan.

Panik?
Panik banget! Pengen ikut nangis tapi di tahan. Gimana sih, perasaan ibu muda yang masih newbie pengetahuan yang memiliki anak kesayangan karena cuma semata wayang.

Tapi akhirnya tertangani dengan baik, happy ending.

Sebagai rasa syukur saya mau share Pertolongan Pertama saat Mereka atau lebam, biar ibu baru, ibu perantauan yang jauh dari orangtua, ibu tunggal, ibu lagi sendiri, bingung untuk memberikan Pertolongan Pertama saat Memar karena minim pengetahuan, yang ditahu cuma luka luar pake Betadine, hehe. yang dipunya cuma hape dan internet ikhtiarnya cari di website kesehatan. Berarti kita sama.

Langsung saja!

Pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika lebam saat kecelakaan


1. Kompres bagian memar/lebam dengan air es. Fungsi mengurangi perdarahan dan pembengkakan.

Tahap pengompresan ini harus langsung ya bunda saat kejadian luka berlangsung.
Saya yang panik mencari-cari es batu di dalam kulkas, saya ingat "kenapa pain bola yang cedera langsung di kompres air es/es batu" ternyata agar mati rasa. Ya, emang segitu aja pengetahuan saya tentang es batu dan memar. Es batu dihancurkan, masukan bahan katun lembut lalu kompres, bisa pakai kaus dalam atau dalaman kerudung. 

Sambil di kompres tidaklah berjalan lancar karena anak menolak kesakitan terus. Hari itu hanya ada kami berdua di rumah, karena panik pikiran pun bercabang, ingin mencari tukang urut tapi pasti lebih sakit kasian anak dan belum tentu tukang urut ini ahli. 

Akhirnya saya browsing di internet pertolongan pertama saat memar, ternyata benar kompres pakai air es/es batu, ceklist (✔). Sembari membolak-balikkan balikan kompresan di kaki anak, saya perhatikan kebiruannya sudah hilang!

Note: memar terjadi pada lengan atau kaki, angkat bagian tersebut dengan posisi lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi aliran darah lokal.

Langsung saya naikan kaki si anak ke atas bantal masih tetap sambil di kompres es batu lapis kain katun agar tidak basah.

2. Kurang lebih setelah satu jam barulah kompres air hangat, untuk memperlancar peredaran darah. Tentunya setelah dijeda dari pengompresan air es/es batu.

Kalo di info yang saya dapat, kompres air hangat dapat di berikan setelah 24 jam, untuk membantu penyembuhan luka. Tapi tidak saya ikuti, saya lihat kesiapan anak lebih relax di kompres air hangat setelah sebelumnya pakai es batu yang sudah dijeda beberapa menit yang lalu. Kompresan hangat akan membuka pembulu darah sehingga memperlancar sirkulasi darah pada area tersebut.

Beberapa menit kemudian, setelah melalui proses tahapan keduanya. Kakinya mulai tidak terlihat kebiruan. Anakpun mulai diam dan bisa ditinggal di rumah, saya beli minyak tawon. Hanya tinggal kelihatan bengkaknya saja. Sesekali saya pijat ringan bagian betisnya saja agar anak merasa relax.

Satu jam yang menegangkan pasalnya ia terus kesakitan saat diberi pertolongan pertama, saya sangat khawatir patah tulang alhamdullillah ternyata tidak.

Oia, bunda ini sekedar sepengatahuan baru saya saja bahwa ada salep khusu luka memar namanya tromboflash, bunda bisa beli ini sebagai P3K. Saat itu aku belum punya jadi gak pakai tromboflash.

3. Masih dalam perawatan, olesi minyak tawon atau ramuan alami seperti beras kencur yang di balur lalu perban. Ramuan yang membuat efek hangat.

Sore itu sampai malam anak kenyang diolesi minyak tawon sekalian pijat ringan oleh saya. Saya belum berani ketukang urut karena tidak biasa diurut oleh orang. Histori yang udah-udah malah nambah parah setelah di urut. Kalo masalah urut tergantung kepercayaan bunda masing-masing, soalnya saya belum cari informasi akurat tentang mengatasi luka lebam atau memar ini seperti kejadian anak saya dengan metode urut. Tapi saya sarankan jangan langsung dulu sebelum diberi pertolongan pertama. Atau setelah mencari informasi yang akurat. Tapi kalo sudah terbiasa dan sudah menjadi sugesti gak papa. Intinya pilihan ada ditangan kita.


4. Bila perlu beri parasetamol jika masih terasa sakit.

Malam itu sudah lebih baik, tapi saat tidur malam,
Anak terbangun tidak nyenyak karena merasa nyut-nyutan kerasa lagi memarnya. Terus saya kompres air hangat dan minyak tawon. Sesekali saya kasih parasetamol sebagai pereda nyeri.

Semalaman itu memar sore masih dalam pantauan saya. Apakah membaik atau memburuk, atau lebih dari memar.


Keesokan harinya, 

Alhamdullillah, ia bisa berjalan lagi meskipun terlihat berjinjit-jinjit katanya sudah lebih baik. Bahkan tadi sore hujan-hujanan. Hanya sedikit meninggalkan bengkak tapi jarang kambuh dan dalam batas normal. Alhamdullillah.

Oia, perlu dicatat bunda,

Bila memar bertambah parah atau bengkak dengan rasa sakit tak tertahankan, segera bawa ke rumah sakit karena ada kemungkinan patah tulang atau luka lainnya.


Semoga Bermanfaat!







Sumber referensi https://m.detik.com/health/first-aid/d-2024667/pertolongan-pertama-untuk-memar


4 comments:

  1. Halo, mba..salam kenal.

    Iyaa aku juga enggak berani ke tukang urut, malah takut salah. Makasih tipsnya, mba.. berguna banget buat ibu baru yang punya anak menuju toddler. Karena lagi seneng2nya eksplor. Hihi.

    ReplyDelete
  2. Ya ampun ikut deg degan bacanya, Kak. Trimakasih sharingnya....

    ReplyDelete
  3. ikutan ngilu mbaaa bayanginnya. syukurlah kalo si kecil udh baikan yaaa. aku prnh ngerasain tangan msk ke jari2 sepeda papa. akunya msh Sd wkt itu. untung ga sampe patah juga jari2 tangan.. memang ptg sih ya nyediain obat pertolongan pertama. supaya setidaknya anak jgn sampe mengalami yg lbh parah.

    eh akupun tipe org yg ga percaya pijit :D. takut aja malah salah urat ato gmn, kalo dilakuin bukan dgn yg ahli ;). makanya pas mama nyuruh aku utk bawa anak2 ke tukang pijit tiap kali masuk angin ato apalah, aku nolak scara halus. ga prnh mau aja dipijit2 gitu, termasuk anak2 ga kuizinin. pdhl papinya rutin slalu dipijit ama langganan dia. masalahnya itu memang tukang pijit yg udh sertifikasi. berarti memabg ahli. cm krn cowo, aku ga tertarik ikutan nyoba :D

    ReplyDelete
  4. Wah saya baru tahu tentang ramuan beras kencur bisa meringankan lebam anak. Makasih ya mbak ^^

    ReplyDelete