Friday, July 20, 2018

Ternyata 7 Kebiasaan Senderhana ini Besar Manfaatnya loh!

7 Kebiasaan sederhana yang ternyata besar manfaatnya

Menurut informasi yang saya baca seseorang yang cerdas (berpengetahuan luas) berpeluang besar untuk hidup lebih lama. Hmm, apa sih maksudnya? Apa pintar itu orang-orang yang pendidikannya tinggi? Eits ternyata bukan itu loh, maksudnya mereka yang berpengetahuan luas, cendrung lebih bisa merawat dirinya termasuk tentang kesehatan. Misalnya mereka tahu rokok itu tidak sehat, enggan minum alkohol, rajin berolahraga dan sudah mengerti dan menerapkannya gaya hidup sehat. Atau singkatnya panjang tidaknya umur seseorang ditentukan oleh gaya hidup dan pola makannya.

Wah kalo udah ngomongin gaya hidup pasti yang dipikiran kita macam-macam, makna gaya hidup sehat juga luas bukan sekedar memilih makanan saja, ya kan? Tetapi disampingnya itu gak sedikit mereka yang merasa berat membiasakan gaya hidup sehat atau minimal mau memulai langkah sederhananya. Langkah-langkah itu bisa kita mulai dari hal yang paling biasa sekalipun yang sebenarnya bisa banget buat kita lakuin setiap hari. Nah, kali ini aku mau sharing tentang 7 kebiasaan sederhana yang ternyata besar manfaatnya! langkah sederhana ini sangat bisa kita lakukan setiap hari, loh. Apa sajakah itu?

1. Sarapan sebelum jam 9


Sarapan versi akhdan saya (3thn)

Pagi adalah waktu terbaik untuk mengisi perut karena seduah lebih dari 8 jam kita berpuasa saat tidur. kinerja lambung dan usus pun sangat baik di jam ini. kalo bisa kamu tidak sarapan dengan nasi atau sejenisnya, seperti bubur, nasi goreng, nasi uduk. karena akan menyebabkan mudah ngantuk alhasil sulit konsentrasi saat pelajaran di sekolah maupun di tempat kerja. Sarapan yang baik adalah dengan yang berbahan dasar gandum ataupun karbohidrat ringan. bisa sereal, minuman sereal, roti gandum ataupun umbi-umbian seperti singkong rebus, ubi, kentang rebus. tapi kalo sudah dari sananya suka makan nasi, porsi nasinya bisa di kurangi saat sarapan, ya. 
    2. Buah dan sayur setiap hari.


    Buah dan sayur itu wajib setiap harinya, minimal 2 jenis buah dan 5 jenis sayuran. cara mendapatkan buah dan sayur sebenarnya gampang kok, juga tidak mahal jika dibandingkan dengan rokok, dan tidak harus ada di meja makan. kamu bisa mengganti cemilan snack dengan mengemil buah atau sayur, buah ini bisa kita dapatkan di tukang rujak keliling, pohon pekarangan rumah, dll. jangan lupa ganti minuman rasa-rasa dengan menyetok jus dirumah. Mengingat banyak sekali minuman rasa-rasa diluar sana sekalipun buah dalam bentuk kemasan tapi lebih sehat lagi jika kita membuatnya sendiri di rumah.

    Okeh, catat! stock jus pada wadah dan simpan di dalam lemari pendingin, jus bisa kita jadikan minuman 'me time' pengganti teh atau kopi. (Jika Sudah ditambahi gula tidak perlu pakai susu kental manis)

    khusus untuk anak, jangan lupa setiap satu kotak bekal makan siang sisipkan, buah dan sayur sebagai cemilan atau dessert. kita bisa membekalinya saus sendiri atau kecap dan mayones untuk cocolan salad/lalap. seperti brokoli kukus dengan mayonaise (sukses bikin anak saya suka brokoli), kecap, saus tomat, bumbu kacang, atau selai toping cair dan sejenisnya sesuai selera anak. ini mencegah anak untuk jajan di luar agar tidak mengonsumsi saus yang biasa dipakai penjual jajanan sekolah.

      3. Perbanyak minum air putih



      Faktanya air bersih semakin sedikit sedangkan minuman beraneka rasa semakin banyak dipasaran, dari yang rasa-rasa sampai yang 'katanya' sehat juga, ada. But, saya lebih memilih air putih atau air mineral karena pure ciptaan tuhan dan memang solusinya mencegah dehidrasi, juga meghindari stress. Jangan ragu untuk selalu minum air putih apapun makanannya dan dimanapun kamu melakukan aktifitas.

      4. tidak merokok dan stop minuman beralkohol



      Bagi yang sudah kecanduan berhenti merokok memang susah, tapi balik lagi pada komitmen sendiri untuk memulai hidup sehat. Kamu bisa meningkat kerugian apa saja dari rokok seperti pemborosan, kesehatan, mempersingkat usia, Agar kamu bertekad bulat untuk benar-benar total berhenti merokok maupun alkohol.

      5. Cemilan sehat
      Hidup sehat bukan berarti tidak boleh jajan. Siapa sih yang gak suka mengemil? Mengemil boleh saja asal jangan berlebihan. Kita bisa pilih jajanan sehat seperti minuman fermentasi, yakult, yogurt, susu UHT, biskuit kreakers, biskuit Marie, biskuit gandum, roti, kacang-kacangan. Jus dan buah juga termasuk cemilan atau buat es krim buah sendiri di rumahmu. Why not?

      Baca juga Jajan Sembarangan itu gak keren!

        6. Ayo berkebun dan jalan kaki! 
        Olahraga juga banyak macamnya, tapi yang paling simpel  adalah yang bisa kita lakukan sehari-hari seperti jalan kaki pagi dan  berkebun di sore hari. Tapi, Rasanya zaman sekarang anak sekolah lebih banyak yang bawa kendaraan ya kalo sekolah, beda sama zaman kita dulu masih jalan kaki lewat kebon. Ini sebenarnya gak kurang baik loh bunda. Ada bagusnya kalo setiap bagi anak-anak berjalan kaki ke sekolah kecuali jarak sekolahnya jauh sekali.

        Nah kalo Anak susah makan sayur, tidak perlu dipaksa atau malah diancam. Mulai sekarang ajak anak berkebun, seperti menanam sayur di belakang rumah. bunda bisa mengajak anak untuk memetik sayuran yang sudah ia tanam ketika panen. Dan melibatkan buah hati ketika memasak sayuran yang sudah ia tanam dan petik. Insha Allah anak semangat makan sayuran.

        Kegiatan berkebun ini juga sangat baik untuk kesehatan karena tubuh aktif bergerak, mengencangkan otot, menguatkan tulang, dan membuang sisa metabolisme tubuh lewat keringat. selain sebagai olahraga kegiatan berkebun juga ikut menjaga lingkungan kita tetap bersih dan asri.

          7. Sedia menu darurat bukan mie instan
          Sering ya mie instan kita jadikan menu pengganjal perut atau menu praktis saat repot masak. Boleh saja sih sekali-kali, dua Minggu sekali, atau seminggu sekali itupun harus pakai  sayuran. But, kebanyakan kita tidak memperhatikan batasan konsumsinya. Dan sebenarnya boleh saja makan mie tapi bukan yang instan, mie bikinan sendiri yang langsung diolah atau bakmi. Hmm ribet ya, hehe.

          Okeh kalo bunda merasa itu ribet, sediakan saja menu alternatif selain mie instan. Contohnya, saat parents tidak sempat memasak atau sedang bokek, bunda bisa stock telur, ikan asin, sambal, kerupuk, (just saran: menu alternatif disediakan dari jauh-jauh hari  pas belanja bulanan) ingat ya bukan stock mie instant! 😁

            Semua itu hanya tinggal kitanya saja yang tinggal menguatkan komitmen untuk membiasakannya hidup sehat.

            Parents, indonesia cerdas dimulai dari generasi yang sehat. mulai dari sekarang, ayo kita benahi kebiasaan yang tidak sehat sebagai contoh untuk anak-anak kita, anak bangsa, bisa kita mulai dari sekarang, terutama dari lingkungan keluarga.

            Happy Weekend! 😊

            10 comments:

            1. bebrapa poin di atas , seperti minum air putih 2 liter sehari, berhenti merokok, perbanyak buah, lalu cemilan ganti yg sehat seperti yoghurt, udah aku lakuin... tapi sisanya, kayak sarapan sblm jam 9, apalagi yg berkebun ... huahahaha, susaaah sih mba.. masih blm bisa itu :D.dan untuk anakku sendiri juga msh susah ngebiasain mereka ama sayur.. pdahal, aku sendiri doyaaan bgt sayur, cuma anak2 kok malah picky eaternya lbh sulit dari aku..rada ngikutin papi mereka yg kalo makan juga pilih2 :(

              ReplyDelete
            2. Bagian buahnya jarang sekali dilakukan padahal ada stok buah di kulkas, hihihi.

              ReplyDelete
            3. Wah mom makasih banget sharing nya. Aku selalu rutin konsumsi buah nih setiap hari, dan memang efek positif nya berasa banget. Alhamdulillah Rayyan juga suka, untuk sayur anakku rada susah nih, butuh trik khusus kayaknya

              ReplyDelete
              Replies
              1. ajak terlibat dalam setiap kegiatan sayur mom, atau dicocol kecap biasanya anak mau

                Delete
            4. Meskipun sangat sederhana tapi ternyata manfaatnya emang besar mbak. Sayangnya saya masih jarang konsumsi buah �� lupaan bahkan kadang males

              ReplyDelete
            5. Makan bakso boleh kan, Mbak Bella? hehehe.

              Untuk nomor 7, di rumah memang stok telur. Soalnya praktis. Hanya kadang masih tergoda pakai mie instan, Mbak hehehe. Lainnya kadang sosis siap makan, ikan kaleng atau naget.

              Terima kasih sharingnya, Mbak.

              ReplyDelete
            6. Alhamdulillah, ternyata ada point diatas yang saya jalani..

              Nanti point yg lainnya dijalanin lagi deh, biar tetap menjaga kesehatan tubuh...

              Thanks infonya.

              ReplyDelete
            7. Yang nomer 5 masih sulit nih hiks.
              Lah, badan sering gemetaran kalau telat makan atau makan sedikit.
              Alhasil camilan apa saja di sikat juga hahaha

              ReplyDelete