Friday, September 1, 2017

Yuk berburu Pisang! Pisang Sunpride 100% Indonesia

100% buah nusantara

Pepaya jeruk jambu
Rambutan duren duku dll nya
Marilah mari kawan
Kawan semua
Membeli buah buahan

Papaya makanan rakyat
Karena sangat bermanfaat
Harganya juga tak mengikat
Setalen tuan boleh angkat

Masih ingatkah kalian dengan lirik lagu di atas??
Saya sendiri masih sering menyanyikannya dengan si kecil sebagai motivasi agar ia menyukai buah-buahan lokal. terutama jika ia menangis minta dibelikan anggur, bukan apa-apa tapi mahal. 😅

saya besar di kampung karenanya saya lebih suka buah ala kebon (baca: kebun) seperti Kecapi, rambutan, jambu, mangga, yang dengan mudahnya bisa dipetik di pohon tetangga belakang rumah dibandingkan buah yang kurang akrab dengan lidah kampungan saya, contohnya strawberry, kiwi, blueberry, canberry dan apalah apalah yang ujungnya berbery bery hehe...

Anak kampung seperti saya ini, dulunya hobi memanjat pohon. apalagi jika pohon itu sedang berbuah, kayak pohon mangga, jambu, lebih enak di petik langsung untuk dibuat rujakan.

Selain buah mentah yang asik dibuat ngerujak, ada juga olahan jajanan buah sedap seperti es pisang coklat, yang hampir setiap hari saya beli di rumah tetangga sehabis pulang madrasah. Sampai sekarang pisang coklat celup ini masih tetap exis di berbagai daerah. 

Bersyukur terlahir menjadi anak Indonesia, karena disinilah melimpahnya aneka ragam buah-buahan yang bernutrisi baik bagi kesehatan, mulai dari jambu, apel, pisang dan masih banyak lagi. selain murah, buah yang gampang kita temui ini, tak kalah tinggi gizinya dengan buah-buahan impor lainnya.

Faktanya Negara kita adalah negara yang kaya akan hasil alamnya, salah satu dari sekian banyak kekayaan Indonesia adalah kesuburan tanah terbaik di dunia. berkat suburnya tanah di Indonesia berbagai macam tumbuhan, tumbuh subur disini termasuk buah buahan.


mirisnya, dibalik melimpahnya buah-buahan di negeri ini, masih banyak orang yang tidak sadar betapa pentingnya mengonsumsi buah setiap hari dan hanya sedikit yang sudah menerapkan gaya hidup sehat. adapun yang rajin mengonsumsi buah tapi lebih memilih buah-buahan impor? Hayati sedih bang 😢

dari data yang saya temukan, tertulis bahwa sebagian masyarakat Indonesia menghabiskan porsi makanan dengan membeli makanan jadi, yang mencapai 12,56%. Kemudian disusul oleh beras mencapai angka 6,58%. Mirisnya 6,03% jatah pendapatan untuk makanan dihabiskan untuk minuman alkohol. 😥

Padahal dengan biasakan makan buah setiap hari dapat menurunkan resiko kematian dari berbagai sebab seperti, kardiovaskular, iskemik, dan kanker. itu semua disebabkan oleh kelainan faktor biologis seperti obesitas, gula darah, tekanan darah, dan lipid darah. Kelainan itu juga terjadi karena gaya hidup yang salah seperti kurang mengkonsumsi buah.



Indonesia Negara terendah konsumsi buah se'asia- menurut informasi yang bersumber dari CNN Indonesia, Indonesia menempati posisi pertama "Negara yang mengkonsumsi buah terendah se-asia".

📈 data dari balai penelitian dan pengembangan kementrian pertanian pada thn 2011, menyebutkan bahwa konsumsi buah-buahan masyarakat Indonesia 34,55 kilogram per kapita per tahun. Dari data ini Cina menjadi Negara terbanyak mengkonsumsi buah dengan capaian lebih dari 250 kilogram per kapita per tahun. Disusul dengan Singapura dan Vietnam, lalu Kamboja. Indonesia tidak sampai 50 kilogram per kapita per tahun.

📊 Sedangkan riset kesehatan dasar (riskesdas) kementrian kesehatan pada 2013 menyatakan bahwa sekitar 93% anak di atas 10 tahun mengalami kekurangan konsumsi buah dan sayur. Data tersebut terkumpul sejak 2007 hingga 2013 dari seluruh provinsi di Indonesia. Dalam data Riskesdas tersebut, daerah istimewa Yogyakarta adalah provinsi dengan angka terbaik konsumsi buah dan sayur, sedangkan Kalimantan Selatan menjadi provinsi dengan angka anak kurang konsumsi buah dan sayur tertinggi di Indonesia.


Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya seperti "Kampanye Buah" pada tahun 2016 lalu atau Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang ikut mengampanyekan buah lokal di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, beberapa pekan yang lalu (minggu, 13 agustus 2017) dari kampanye tersebut, Menteri Pertanian Amran Sulaiman berharap masyarakat bisa mencintai buah lokal Indonesia yang rasanya sangat enak, variasi buah yang beraneka ragam, dan yang paling penting dengan mengonsumsi buah lokal kita juga ikut menyejahterakan petani lokal.


Tapi ternyata berbagai upaya ini masih belum mempan untuk sebagian masyarakat Indonesia. Kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia tentang gizi seimbang, karena kebanyakan dari mereka menganggap,
❌ "asal banyak makan nasi saja sudah sehat"
adapun masyarakat kalangan atas yang lebih mudah mendapatkan buah impor di swalayan.
terbiasa membeli buah impor
Untuk masyarakat kalangan menengah sampai bawah, atau daerah yang sulit buah menganggap,
buah itu mahal
Padahal mahal itu kan relatif, kenapa membeli rokok mampu tapi untuk membiasakan konsumsi buah tidak bisa? Banyak kok buah lokal yang harganya terjangkau, contohnya pisang.

Menurut data dari www.fruit-indonesia.com, buah pisang adalah buah yang paling banyak diproduksi di indonesia

Buah pisang lebih mudah di jumpai seperti di pasar maupun di supermarket. harga pisang masih bisa di jangkau semua kalangan. Kandungan Gizinya pun sangat tinggi tak kalah dengan buah yang lebih mahal darinya.


Buah pisang tumbuh subur di negara tropis. Mungkin ini salah satu kebesaran tuhan yang menciptakan buah sesuai daerah dan fungsinya di tempat itu sendiri. Jadi kenapa kita harus tergoda untuk membeli buah impor? 
Sebagai warga negara yang cerdas saya lebih memilih buah lokal produksi dalam negeri.

membeli buah-buahan lokal produksi dalam negeri
☑ membiasakan konsumsi buah dan sayur setiap hari.

Buah pisang termasuk buah favorite saya. tapi mendapatkan buah pisang tidak semudah jaman dulu, asal petik sendiri dari hasil panen menanam atau beli dipasar. beda dulu beda sekarang, dulu tanah merah yang masih berhektar-hektar biasa dimanfaatkan untuk berkebun termasuk menanam pohon pisang. sudah 20 tahun lebih berlalu kini usia saya 25 tahun, Kampung bantargebang sudah bukan hutan kebon lagi. Hampir dari semua lahan perkebunan berubah menjadi pabrik, perumahan, pusat perbelanjaan, kontrakan, ruko. Sulit bagi saya menemukan kebon untuk sekedar berteduh apalagi menanam pohon pisang. 





untuk memenuhi kebutuhan buah harian, yang sudah tidak lagi memungkinkan untuk berkebun (baca: lebih praktis) keluarga akhirnya membeli buah pisang di toko buah atau swalayan. buah pisang masih tetap bisa saya temui dengan mudah, bahkan penampilannya pun lebih mulus dan kekinian dan yang lebih penting harganya terjangkau, kalo beli buah Pisang pasti Sunpride. Kalian pasti Sudah tidak asing lagi dengan Pisang Cavendish atau yang lebih dikenal dengan Pisang Sunpride. 

Eits, jangan salah paham dulu men'cap pisang mulus ini buah impor. Mungkin karena pisang sunpride lebih menggoda penampilanya dibanding pisang lainnya, sedikit yang tahu kalo ternyata pisang Cavendish sunpride ini berasal dari Indonesia. Ternyata proses pembibitannya dikelola langsung oleh petani kita sendiri,  loh.


Yuk, Lebih kenal dengan Pisang Sunpride



Pisang Cavendish sunpride di produksi oleh PT. Sewu Segar Nusantara yang berlokasi di jl. Telesonic dalam (jl. Raya gatot subroto km. 8) Tangerang, Banten 15810 merupakan bagian dari Gunung Sewu group. Pisang Sunpride ditanam dikebun milik Group Gunung Sewu yang ada di Lampung. PT. SSN sendiri mempunyai 3 brand yang memiliki target pasar yang berbeda yakni,

  • Sweety untuk medium market di wholesaler
  • Sunfresh untuk wide market yang penjualannya secara grosir atau masal
  • Sunpride yang ditargetkan dari modern market, toko buah, hypermart, supermarket, convenience store. 

beberapa varian Pisang Cavendish sunpride yang dijual dipasaran,

  • cluster, Cavendish cluster terdiri dari 3-8 fingers, 
  • finger, Cavendish cluster terdiri dari 3-8 fingers
  • single sedangkan Cavendish single hanya ada satu finger yang di kemas dalam plastik khusus.
Kita bisa memilih varian nya sesuai kebutuhan. Misalnya yang single cocok untuk ngemil dimanapun kita berada tanpa repot (biasanya di mini market ada) yang cluster untuk stock buah harian keluarga 😘

Kandungan Pisang Cavendish Sunpride


Buah pisang sangat baik bagi kesehatan, pisang mengandung vitamin, mineral, yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan gizi yang bisa kita dapatkan dari buah Pisang Sunpride yakni,
Rendah kalori. Recommend untuk program diet.
Cepat kenyang tanpa khawatir gemuk
☑ secara alami bebas lemak dan kolestrol
Tinggi kalium
Tinggi vit. C yang baik untuk daya tahan tubuh
Sumber vitamin B6. Vit B6 baik untuk pembentukan sel baru
Mengandung sumber zat mangan. Zat ini penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh
Mengandung serat yang menyehatkan sistem pencernaan
Mengandung sejumlah asam amino yang baik untuk tubuh
☑ Merupakan sumber energi karena mengandung karbohidrat,
Mengobati penyakit pencernaan dan menghaluskan kulit. dagingnya yang halus/empuk, membuat buah pisang mudah dicerna. Ketika penyakit yang disebabkan virus atau bakteri seperti gangguan pencernaan, pisang dapat menjadi cara penyembuhan menarik untuk memasukkan beberapa nutrisi penting tanpa mengganggu perut.
☑ Buah ini baik untuk MP- ASI dan selalu menjadi pilihan ibu ibu untuk anak mereka.

Pisang Cavendish Sunpride selalu menjadi unggulan pisang berkualitas international, sehingga bisa dikenal luas masyarakat Indonesia. Berkat kulitnya yang mulus dengan full volume (royal taste)  membuat ciri khas istimewa yang dimiliki pisang sunpride.


Tahukah kamu?  Kulit pisang sunpride yang mulus, dikarenakan perawatannya yang maksimal. Mulai dari pembibitan sampai pengemasanya.
Nah, gambar dibawah ini adalah cuplikan "Rahasia di balik mulusnya pisang sunpride"
Kita boleh bangga sekarang karena pisang cavendish sunpride ini adalah salah satu buah lokal asli produksi milik Indonesia,  yeay 👏

#PisangPastiSunpride

Selain buah pisang PT. Sewu Segar Nusantara juga memproduksi Buah-buahan lokal lainnya seperti, Buah Naga, Guava Crystal, Jeruk Baby, Mangga chokanan, Melon, Nanas Honi, Pepaya California dan beberapa buah Mancanegara.


Berbagai penghargaan telah diraih PT.SSN Salah satunya penghargaan Rising Global Stars 2017 yang diberikan majalah Forbes untuk Perusahaan yang dinilai berhasil menciptakan, memperkenalkan dan memasarkan merek lokal sehingga mampu menembus pasar international.  🙌👏


Menjadi Ratu di negeri sendiri- Di Indonesia sendiri pisang candevish sunpride banyak dipilih masyarakat sebagai buah tangan, mp-asi, sajian acara formal atau untuk menu harian buah. Bangganya produksi dari anak bangsa telah menjadi ratu di negerinya sendiri. Buah-buahan lokal produksi PT. SSN ini adalah salah satu bukti keberhasilan anak bangsa memaksimalkan Sumber daya alam Indonesia sampai ke tingkat internasional.

Sedikit yang kita lakukan dengan membeli buah lokal seperti pisang sunpride, bernilai besar dampaknya karena dengan membeli buah-buahan lokal produksi negeri sendiri kita ikut,
💞 Menunjukan rasa cinta terhadap tanah air.
💪 membangun masyarakat sehat, cerdas dan sejahtera dengan biasa mengonsumsi buah, sayur lokal setiap hari
🏆 Menjaga nama baik bangsa dimata internasional
💵 Meningkatkan pendapatan negara
👷 Meningkatkan lapangan pekerjaan. Semakin banyak kita menggunakan produk dalam negeri semakin luas lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia. dengan begitu angka pengangguran akan berkurang
👬 Meningkatkan kesajehtraan masyarakat indonesia. Terutama petani dan buruh.
👍 Meningkatkan kualitas produksi. Produsen akan berpikir untuk meningkatkan kualitas produksi agar nilai jual tinggi. (Tidak murahan dimata dunia)
📉 Mengurangi tingkat kemiskinan dan kriminalitas
📈 Meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara
💹 Memperbanyak jumlah investasi negara
🏢 Bertambah besar sekala usaha dalam negeri
💡 Memperbaiki Sumber daya manusia negara indonesia
✅ Memanfaatkan Sumber daya alam bagi kehidupan akan maksimal
✅Memperluas pasar produk indonesia
🌏 Dapat mempererat hubungan internasional.

Saya sendiri biasa membeli pisang sunpride di pasar atau toko buah. Karena ada rasa bahagia tersendiri jika membeli langsung kepada pedagang lokal. Seperti memilih Pisang pasti Sunpride asli brand milik Indonesia.



" Mencintai produk lokal itu sama dengan mencintai merah putih, mencintai bngsa Indonesia, mencintai negeri ini, mencintai petani". Menteri pertanian, bpk. Amran sulaiman


"Saya bangga mengonsumsi buah lokal kualitas international. Buah Pisang pasti sunpride " 


Yuk, biasakan makan buah setiap hari! untuk Indonesia yang lebih baik, cerdas, sehat dan sejahtera. Sudahkah kamu makan buah hari ini? 


-------------------------------------------------------------



#Pisang pasti Sunpride
#ayoMakanBuahNusantara

Sumber refrensi
https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160526032604-262-133498/konsumsi-buah-indonesia-paling-rendah-se-asia/
Www.sunpride.co.id

Photo ilustrasi
Dok. Pribadi
Www.fruits-indonesia.com
https://m.dream.co.id/culinary/menakjubkan-yang-terjadi-jika-makan-2-buah-pisang-setiap-hari-1704073.html
Www.pixabay.com
http://www.varia.id/2015/03/18/mayoritas-orang-indonesia-tak-makan-sayur-dan-buah/




10 comments:

  1. rasa buah pisang sunpride memang enak dan saya suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buah favorite bgt ya, kalo untuk suguhan acara resmi pisang ini selalu jd andalannya

      Delete
  2. Pisang sunpride itu pisang kesukaanku, mba. Awalnya mengira itu pisang luar negeri, teryata Indonesia ya. Hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya kita jadi tahu ya mba kalo pisang ini produksi dlm negeri.

      Delete
  3. jenis pisang ini memang favorit untuk di makan, rasanya manis dan jika di olah menjadi aneka penganan pun tidak ada masalah, disini juga di jual bebas di pasar2 tradisional,.... cuman yang jadi kendala jarang dapat pisang jenis ini masak karena alaminya, biasanya masak karena di peram di suhu ruangan..hingga rasa manisnya biasa jadi kurang bahkan hambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang keunikan pisang cavendish (ambon putih) tidak bisa matang dipohon. Matang disuhu ruangan juga bisa jadi caraa awet lebih lama,

      Delete
  4. Wuidiih, lengkap betul artikelnya. Awalnya saya pikirpisang sunpride adalah import, eh ternyata bukan, jadi malu sendiri...

    Meluncur berburu pisang dan nulis artikel. Good luck ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ikutan yuk... 😀 ajang pamer presatasi buah Indonesia hehe

      Delete
  5. Suka gemes klo lihat Cavendish Sunpride, bawaannya pngn metik trs am ke mulut 😀

    ReplyDelete