Saturday, September 9, 2017

Jajan sembarangan itu ga keren!


Hampir semua anak-anak menyukai jajanan, baik beli di toko sampai yang dijual di pinggir jalan. Seperti yang kita tahu, tidak semua makanan dalam bentuk jajanan itu aman. ditambah maraknya pemberitaan jajanan berbahaya membuat saya lebih waspada dalam memilih cemilan untuk si kecil. tidak hanya di lingkungan rumah di sekolah tempat saya mengajar pun ada banyak penjual jajanan. mulai dari warungan, gerobakan, stand sampai penjaja keliling. Kebetulan sekolah kami (SMP) dalam satu lingkup dengan SMA, MTS, dan dua SD NEGERI yang jaraknya tidak berjauhan. Bisa di bayangkan, betapa banyaknya penjual yang bertengger. tidak hanya murid SMP kebiasaan jajan di luar sekolah juga merambah seluruh sekolahan termasuk taman kanak-kanak (TK).

Berdasarakan survey badan pengawasan obat dan makanan (BPOM) lebih dari 99% anak mengonsumsi makanan saat di sekolah

Hampir seharian anak-anak berada di sekolah, kesempatan ini lebih memungkinannya untuk mengonsumsi jajanan di lingkungan sekolahnya.

Faktor dan alasan anak sekolah memilih jajan diluar 👦👧
➡Tidak cukup sarapan pagi atau tidak sarapan pagi di rumah
➡Tidak ada larangan berjualan di lingkungan sekolah
➡ Tidak ada kantin khusus
➡ Rendahnya kesadaran pihak sekolah maupun orang tua akan bahayanya jajan sembarangan
➡ Ketidak pedulian terhadap kesehatan
➡ Minimnya pendidikan bagi anak untuk lebih waspada terhadap konsumsi jajanan
🍫🍭🍬🍦🍧🍰🍪 🍡🍩🍔🍟🍕
➡ jajan di luar lebih beraneka ragam, inovasi dan rasa yang unik, gurih, dan praktis
➡Mengikuti tren
➡Harga yang sesuai dengan saku anak sekolah (murah)
➡ Sudah kebiasaan
➡Lingkungan yang mendukung (banyak penjual jajanan)
➡Mengikuti teman/rasa penasaran ingin mencoba.

Beberapa macam jajanan yang saya potret dan banyak dikonsumsi anak sekolah (TK, SD, SMP) 

Mi instant, saos, minuman es rasa-rasa

Aneka gorengan, makanan berkuah dengan saos

Sosis, otak-otak, bakso yang dibakar


Tidak ada label halal, pewarna, perasa terlalu kuat, beberapa diantaranya produksi luar

Setelah dilakukan berbagai pengamatan, jenis makanan yang sering dikonsumsi anak sekolah adalah mi instan, otak otak, sosis, nuget atau aneka gorengan, bakso, permen, minuman es rasa-rasa. jajanan olahan seperti bakso, sosis dan sebagainya. Sebenarnya boleh saja dikonsumsi, asal harus diperhatikan takarannya dan asal usulnya. kita harus tahu bahan apa saja yang biasa terkandungan pada makanan tersebut dan bagaimana cara pengolahannya.
Benarkah tanpa pengawet berbahaya? 
Benarkah takaran mecinya sudah sesuai? 
Jangan malu untuk bertanya atau menegur penjual,
Bagaimana es Batunya, buat sendiri atau pakai es balok? 
Apakah makanan itu ditutupi, agar tidak dihinggapi lalat? 
Periksa expried

Minimnya pengetahuan anak sekolah dan kurang waspadanya mereka akan bahaya jajanan yang dikonsumsi, membuat mereka rentan terkena penyakit bahkan terhambatnya tumbuh kembang.

Menurut hasil penelitian dari sumber yang saya dapatkan, mengatakan hampir semua pangan makanan jajanan di sekolah tidak memenuhi syarat keamanan pangan karena kandungan didalamnya. Berdasarkan uji coba laboratorium pada makanan daging olahan seperti bakso, otak-otak, nuget ditemukan formalin dan borax, sedangkan es sirop merah, sosis, saus, positif mengandung rhodamin B. Belum lagi ketidak higienisan sajiannya.

Dampak jajanan berbahaya jika dikonsumsi terus menerus. 

Bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam jajanan ini bersifat jangka panjang yang bisa menyebabkan penyakit kanker dan tumor. Penyakit umum yang diderita anak SD akibat kebiasaan jajanan sebarangan di antaranya, cacingan, anemia, karies gigi dan periodontal.

Bukan hanya itu saja, efek negatif lainnya yang amat fatal yaitu mempengaruhi fungsi otak, seperti
penurunan kemampuan belajar dan tingkat kecerdadan atau intelegensi, Perubahan kepribadian, tremor/gemeteran, Gangguan penglihatan, Ketulian, Gangguan kordinasi otot, dan kehilangan memorial. Selain mempengaruhi fungsi otak juga menimbulkan gangguan prilaku. Gangguan perilaku ini berupa, gangguan tidur, Sulit konsentrasi, Emosi, hiperaktif, dan memperberat gejala pada penderita autisme.


Bisa kalian bayangkan jika generasi bangsa terus menerus mengonsumsi jajanan yang tidak sehat.!
Bukan hanya mempengaruhi kesehatannya saja bahkan kecerdasannya pun berkurang!
Jangan jadikan kebiasaan buruk ini sebagai budaya masyarakat kita. membiarkan anak kita jajan sembarangan tanpa di bekali pengetahuan kewaspadaan memilih makanan, kita membiarkan anak didik kita terkontaminasi bahan bahan kimia yang akan merusak otaknya, Pemerintah yang kurang meng'edukasi para pedagang yang 'mungkin kurang mengerti' atau bandel "Asal dagangan laku, it's okay" tanpa Peduli kandungan apa yang ada di dalam jualannya. Pemerintah harus tegas menghukum jera para oknum nakal yang memasukan bahan kimia berbahaya. memperketat perdagangan bebas terutama produksi asing yang belum mendapat izin BPOM maupun label HALAL, itu banyak, banyak sekali.

Orang tua dan pihak sekolah harus mengajarkan anak memilih jajanan yang aman


Pentingnya kesadaran orang tua dan pihak sekolah untuk memperhatikan bahaya jajan sembarangan. Para pedagang pun  perlu di bekali Ilmu pengetahuan dan rasa peduli terhadap konsumen mereka yang mayoritas anak kecil.

Perihatin akan dampak jajanan yang sering anak murid saya konsumsi membuat saya berinisyatif melakukan edukasi tentang "cerdas memilih jajanan". Bukan melarang anak untuk jajan tapi lebih memilih jajanan yang aman, yang higienis.

"Keburukan terjadi karena lingkungan yang mendukung"

Memang saat ini edukasi tentang jajanan berbahaya masih sangat kurang terutama di daerah perkampungan seperti sekolah tempat saya mengajar contohnya. Pemerintah setempat biasanya hanya melakukan penelitian dan razia di kota-kota besar. Tetapi itu bukan masalah, Seiringnya berkembang informasi yang mudah di dapatkan kita pun bisa melakukan edukasi mandiri kepada anak.

Di sekolah saya mengajar sebagai guru bahasa Indonesia. kebetulan materi yang sedang dipelajari adalah tentang "Fakta dan Opini", saya ambil bahan materinya dari sebuah artikel tentang "Bahaya jajan sembarangan" alhamdullilah mereka menyimak dengan baik dan berbondong bondong mencari sample jajanan untuk di teliti.

Memberikan pengarahan kepada murid, bagaimana cara memilih jajanan yang baik



Salah satu murid yang sedang menganalisis kandungan snack pada kemasan

"Boleh kok berjualan, asal bahan pangannya dipilih yang aman, boleh kok jajan asal tau di mana tempatnya dan jajanan apa yang aman dan juga jangan berlebihan!"

"Jika, kita haus pilih minuman yang aman seperti air mineral. yogurt, susu juga boleh asal jangan soda maupun minuman rasa-rasa. Jika kita ingin minuman dingin pilih yang dalam kemasan sudah dingin, jangan yang di beri es Batu dan kurangi makanan gurih, pedas dan terlalu manis". Dari pengarahan tersebut saya berharap anak-anak bisa kritis dan cerdas dalam memilih jajanan yang aman.

☑ Bawa saus sambal atau mayones kemasan sachet sendiri

☑ Pilih minuman dingin daripada yang dicampur es batu

☑ Pilih minuman air mineral atau susu daripada minuman es rasa-rasa ataupun minuman bersoda

Ayo dari sekarang kita perbaiki kebiasaan tidak sehat ini, mulailah dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. 

🔎 Beri Anak Pengetahuan tentang jajanan tidak sehat dan jajanan yang boleh dikonsumsi

Memberi informasi kepada anak bagaimana cara memilih jajanan anak sekolah yang sehat. seperti menjauhi jajanan yang memiliki warna terlalu mencolok, kenyal, rasa terlalu manis ataupun gurih. selain itu waspadai jajanan anak sekolah yang gosong akibat digoreng berlebihan atau minyak yang dipakai berulang kali serta produk yang kadarluarsa. adapun jajanan berupa cemilan dalam kemasan perhatikan labelnya,

☑ Perhatikan kandungannya atau komposisi

☑ Cek tanggal kadarluarsa

☑ Cek label halal

☑ Cek izin BPOM

☑ Cermati warna dan tekstur jajanan, jangan membeli makanan yang berwarna terlalu mencolok, atau terlalu kenyal

☑ perhatikan cara pedagang menjaga kebersihan jajanan tersebut,

✅ Berikan Anak Bekal Untuk Dibawa Ke Sekolah 🍱

biasakan anak untuk memulai harinya dengan sarapan pagi sebelum jam 9. kebiasaan mengonsumsi makanan sehat sejak dini akan mempengaruhi kualitas generasi muda kita. alangkah baiknya jika kita memilih memberi bekal kepada anak untuk dibawa ke sekolah.

Baca juga Ternyata 7 Kebiasaan Sederhana ini Besar Manfaatnya loh!

Kebiasaan sejak dini yang sering kita terapkan kepada anak seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, terjaga kebersihannya, tidak dibiasakan jajan sebarangan akan membuatnya lebih cermat dalam memilih jajanan karena anak terbiasa mengonsumsi makanan sehat yang sering kita siapkan di rumah.

Jajan Sembarangan itu ga keren!
So, bagaimana cara bunda mencegah anak jajan sembarangan? tulis di kolom komentar ya!

8 comments:

  1. Iya ikh bun ngeri ngeliat jajanan anak jaman sekarang. Tugas kita nih brusaha nyiapin bekel sehat untuk anak k sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bener. Sesuatu yg baik memang dimulai dari keluarga dulu seperti meniapkan sarapan yg bergizi

      Delete
  2. iya ngeriin abnget jajanan di pinggir jalan dkt sekolah itu , belum warnanya mencolok lagi, tp susah kalau anak yg lain jajan pasti kepingin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kenapa memberi informasi ttg jajanan sehat sejak Dini sangat penting. Kalo aku sih sering peringatkan anak untuk tidak mengikuti temannya yg jajan sembarangan. Misalnya "ih lihat jari mamang permen gulalinya, kukunya hitam mamah pengen muntah" anak jadi tersugesti kalo makanan baik itu salah satunya harus higienis

      Delete
  3. Padahal jajanan-jajanan di luar itu sebenarnya enak-enak ya? Sayang, kita tak tahu mana yang sehat dan yang tidak.. Jadi, tetep harus hati-hati..

    ReplyDelete
  4. Jajanan di sekolah memang tidak memperhatikan nilai kandungan nutrisi, makanya gizinya pun kurang atau bahkan tidak ada, parahnya lagi tidak sedikit jajanan yang mengandung bahan berbahaya. Makanya saya membiasakan anak untuk membawa bekal dari rumah, lebih sehat dan lebih irit, hehehe..

    ReplyDelete
  5. Makanan yang di ada di gorrygourmet walaupun kelihanya seperti berlemak, tapi takarannya pas, jadi gak bikin gemuk bagi yang memakanya. Kangamir dot kom

    ReplyDelete
  6. Lebih aman bawa bekal sendiri dr rumah apalagi masakan mama, pasti anak2 doyan deh ga bakalan jajan2 di luar :) Kalau mau jajan di luar ya mesti bareng orangtua deh dan cari jajanannya yang bersih juga makanan yang cocok/ baik buat anak2 kita.

    ReplyDelete