Sunday, April 1, 2018

Haruskah Sekolah TK Sebelum Usia 5 Tahun?


Wah sudah bulan april saja nih, ga kerasa ya satu tahun itu cepet banget. Nah, di bulan April ini murid saya yang kelas IX akan menghadapi Ujian Nasional. saya lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan ujian, itu berarti tinggal beberapa bulan lagi menyambut tahun ajaran baru.

Ngomongin soal pendidikan sekolah ada yang mengganggu pikiran saya, nih. karena sebentar lagi akhdan masuk sekolah saya masih bimbang apakah tahun ini dia TK atau tahun depan ya?

Begini ceritanya,
Januari 2018 usia akhdan sudah 5 tahun. pas banget usianya anak TK. menurut peraturan pemerintah minimal usia anak SD kelas satu adalah 7 tahun. berarti jika akhdan masuk tahun ini ia akan melewati masa TK selama 2 tahun, 0 kecil lalu 0 besar. sedangkan saya punya pemikiran sendiri tentang TK zaman now mayoritas. kalo saya perhatikan anak TK itu pelajarannya hampir sama seperti SD apalagi sekarang ada tambahan Calistung (baca, tulis, hitung). Saya tahu ini karena pernah masukin akhdan ke PGTK saat usianya 3 tahun, hanya beberapa bulan lalu berhenti. setelah mengamati itu akhirnya saya berpikir untuk menyekolahkan TK akhdan satu tahun saja, yakni pas akhdan berusia 6 tahun. saya tidak MAU memaksakan anak untuk Calistung di usia yang masih bereksplorasi.

okey, begini mungkin kita berpikir di TK itu juga anak di ajarkan untuk bersosialisasi, mengenal lebih banyak karakter temannya, mengenal huruf sampai hafalan doa-doa. Fungsi Pendidikan Usia Dini (PAUD) sendiri adalah sebagai persiapan sebelum memasuki sekolah dasar. Seperti pengembangan kepribadian anak, mengajari sikap berprilaku, dan ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan.

Tetapi saat ini tuntutan terhadap peran sekolah TK menjadi sangat tinggi. Beberapa sekolah dasar bahkan menerapkan sistem harus memiliki ijazah TK agar bisa masuk SD. seperti ujian test baca tulis dimana ini bertentangan dengan UU Sisdiknas no. 20/2003 Pasal28.

Ada juga oangtua yang terlalu memaksakan anaknya harus bisa baca sebelum SD. Saya pernah mengamati seorang ibu yang membentak anaknya di depan umum dengan kata kasar jika si anak tidak mau belajar atau mencela anak jika hasil belajarnya jelek, padahal si anak ini baru berusia 4 tahun. mereka berlomba-lomba menjadikan anak mereka juara di kelasnya. tanpa memikirkan kemampuan belajar si anak, padahal selain prestasi akademik semua anak punya bakatnya tersendiri yang patut kita dukung. menurut saya pribadi pintar itu tidak harus dibidang mata pelajaran saja.

itu sebabnya saya enggan masukin akhdan TK kelamaan. ibu-ibu lain suka menegur akhdan (3s) yang kala itu lagi asik mainan dibanding berkumpul nyanyi-nyanyi. Akhdan juga baca kalo lagi mood kalo enggak mood gak mau dia. memang tidak saya paksakan juga karena bukan pembelajaran untuk seusianya. Selain itu anak segede gini lebih banyak jajan mainanya di lingkungan TK di banding belajarnya.

Melihat kemajuan generasi zaman now, saya akui dan salut sekarang anak TK sudah pintar. Mereka sudah lancar membaca, berhitung, hafal doa-doa, main hape. tidak perlu berkecil hati jika anak diusia pra SD belum bisa baca, bukan berarti mereka malas belajar. kemampuan setiap anak itu berbeda-beda.

Baca juga Usia Ideal Anak Masuk SD


hmm, jadi bingung untuk memasukan akhdan TK apa tidak?
apa lebih baik TK satu tahun saja dimana usia akhdan 6 tahun. itu berarti tahun depan 🤔

jika bercermin lagi kepada pengalaman kecil saya, dulu masuk TPA di usia 3 tahun dan itu masih tidur siang di kelas. masuk SD diusia 5 tahun tapi saya berhenti karena belum mampu menerima pelajaran (bukan tidak naik kelas ya, ini lebih ke rasa malas dan tertekan akhirnya mogok sekolah) kembali lagi SD di usia 6 tahun dan belum bisa baca, lancar membaca ketika sudah triwulan kedua di sekolah. dan saya sangat jago membaca, sampai di kelas 2 SD membaca sudah menjadi hobi saya. Saya bahkan sudah bisa menulis surat. majalah BOBO adalah bacaan paling favorit.

Jika flasback dari pengalaman saya tidak efektif memasukan anak SD Saat usia 5-6 tahun. Saya sangat sejutu peraturan baru bahwa kematangan belajar dan kesiapan mental anak SD benar-benar siap ketika usia 7 tahun. bahkan di kelas 2 saya pernah mendapat rangking 3 (prestasi pertama bagi seorang anak yang TK tukang tidur siang, pernah mogok sekolah dan belum bisa baca saat mask SD)

finally pada intinya akhdan masuk SD ketika berumur 7 tahun. ngomong2 soal TK nya akhdan saya memutuskan satu tahun saja cukup di usia 6 tahun.

 Ini alasanya kenapa usia 7 tahun adalah usia yang tepat untuk masuk Sekolah Dasar.


____________________________________________

4 comments:

  1. Anak saya di usia 5 tahun masuk TK mba, jadi cukup 2 tahun aja di TK, biar gak jenuh dan bosan. BTW, ada loh kalo mo beli domain doang di Niagahoster. Tapi malah lebih murah kalo beli hostingnya sekalian, karena harga paket web hosting sudah termasuk domain. Info lengkap langsung ke website nya aja mba... *eh kenapa malah promosi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dibalas disini 😁 oke okeh. Saya kan gaptek jadi gak ngerti hosting. Bisa kasih contohnya web pribdi yg pake hosting? Apakah nanti dashbor Nya sama seperti blogspot?
      BTW pass anaknya daftar sd di usia 6 thn di terima ga?
      Bales mas hendra 😂

      Delete
  2. nah itulah mbak, aku pernah nanya sama sebuah TK dekat rumah, katanya kalau gak ngajarin baac TKnya bakal gak laku, jd krn permintaan ortu juga

    ReplyDelete