Tuesday, December 1, 2020

IBU RUMAH TANGGA JUGA PUNYA SCDHULE TAU

 


Jam Sibuk IRT

Jam Sibuk Irt

Sebenernya bikin jadwal tugas IRT ini karena saya mudah lupa orangnya. Jadi kerjaan rumah kok ya selalu berujung penumpukan tugas, emak yang kelelahan, dan mudah marah-marah. Jadi ini buat selfreminder aja sebelum saya beli buku planner muslimah yang bagus, mupeng, 😍tapi mahal πŸ™„ karena SPP si sulung lebih terngiang-ngiang di otak.


Sejak diberlakukannya Pengajaran Jarak Jauh atau PJJ, tugas emak jadi double lipat, lipat, setiap pagi selalu timbul drama. Baru pindah kontrakan cari yang lebih besar, bareng pas masuk SD si kakak nambah tugas lagi, sekolah di rumah edisi pandemi covid 19 belum berakhir. Setelah pulih dari melahirkan dan masih masa nifas, belum urus bayi merah sendiri, suami LDM pulang seminggu sekali di weekend. Udah kebayang riweuhnya kaya apa. Alhamdulillah nya kali ini tidak kena baby blues tidak seperti saat melahirkan si sulung 8 tahun lalu saat usia saya masih sangat muda urus bayi yakni 20 tahun. Namun tetap saja hal hal bermasalah lainya muncul silih berganti. Paling rutin dan selalu berulang terus sih yaitu KETETER CUCIAN dan MASAK. Karena gak pakai jasa ART minimal bantuan setengah hari untuk bantu-bantu nyucilah, mandiin bayi lah, nyiapin makanan lah, atau sekedar ngebayang bisa pesen go food, laundry dan spa gratis. Sayangnya cuma bisa ngebayang demi penghematan anggaran rumah tangga. 😜


Kalo inget itu, hmm masa masa yang bisa dibilang saat ini "tangguh juga ya saya haha.. ogah ah kalo lahiran 3 kali nanti mah butuh bantuan pokoknya" 🀣


Dan beginilah kehidupan ibu rumah tangga dengan 2 anak (anak 1 SD - bayi) yang LDM dengan suami.


Pagi buta,

Setelah semalam begadang nyusuin bayi yg DBF mengashi kepotong sama adzan subuh, sholat, nemenin debay yang udan on lagi jam 5 pagi. Biasanya emak masih rebahan, dan keluar kalo langit sudah terang sekitar jam 6 pagi. 


Dari jam 5an ke jam 6an itu sambil ajak dedek keluar sayangnya jam 6 sarapan masih belum lengkap semua dan gak memungkinkan naik motor untuk cari (dedek belum bisa dibawa motoran berdua), dan berakhir tidur di jam setengah 7 pagi dimana sekolah kakak mulai aktif. Emak? Ikut ketiduran bareng bayi. 


Bayi tuh jam segini biasanya cuma tidur sejam dengan waktu main 2 jam.


Bangun jam setengah 8 barengan semua, dedek, emak, kakak, mulai riweuh nyiapin tugas sekolah dulu, absen, nyimak, nyuruh mandi kakak, mandiin bayi, nyiapin sarapan bayi, kadang nyebokin bayi, juga pernah eek, eeknya terjatuh di kasur atau playmat. Seringnya waktu sarapan jadi terlewat. Keadaan rumah? Seperti kapal pecah. Kepala ngiung-ngiung ngadepin kakak yang seringnya nawar-nawar tugas sekolah, sedangkan setoran tugas kali ini lebih banyak dari biasanya, pelajaranya lebih susah, dan kakak masih butuh dampingan belajar. Emaknya tinggal bentar urus adiknya dia udah kabur duluan keluar dengan alasan jajan dulu, istirahat dulu, ya ya kurleb 1 jam lebih. Disisi urus anak-anak emak juga aktif berjualan onlen, update di SW, update di marketplace, dsb. Pikiran bercabang dimana-mana. πŸ˜‚πŸ˜ͺ


Emaknya belum sarapan, pernah maag, riwayat anemia, kurang gula darah vertigo mudah kambuh. Di tambah tekanan batin kadang-kadang yaa gitu deh..😜🀣


Seorang teman mengatakan, 


"Emaknya dulu, emaknya dulu prioritaskan minimal bisa sarapan on time"


Yess bener banget, perut kenyang pikiran enakan semua bisa terkendali. Tapi seringnya tidak semudah itu. Untuk mengalihkan pikiran yang rungsing biasanya keadaan rumah kapal pecah menjadi korbannya. Yakni biarlah berantakan demi menjaga kewarasan πŸ€—


Aslinya saya tuh gak suka rumah berantakan. Rumah adalah surga, tempat saya bekerja jadi kalo pikiran ruwet liat rumah rapih seenggaknya sedikit lebih tenang. Ini sudah rungsing ditambah semerawutnya pekerjaan rumah tangga, syedep bener emang, semoga lelah menjadi lillah, udah itu aja. 


Sudah pernah berunding dengan suami untuk meringankan pekerjaan saya di kantor (baca: rumah) dengan menyediakan beberapa perabot yang Alhamdulillah tidak se hetic sebelumnya. Kadang juga jadi Pundungan mengingat suami jauh dan tidak selalu ada saat dibutuhkan, hmm percuma mengandalkan seseorang. Okay daripada menyalahkan keadaan lebih baik saya mengubah cara pandang saya salah satunya dengan "Membuat Schedule"


JADWAL TUGAS IRT ALA BELLA AGMIA


Jam Sibuk Irt

Saya mulai buat jadwal dari jam malam disaat anak-anak sudah tidur. Kenapa saya mulai dengan waktu malam dulu, kenapa gak langsung pagi?


Soalnya pagi waktu hetic, waktu on, semua nyala, semua gerak, jadi seenggaknya pagi itu adalah waktu memulai tugas baru bukan tugas lama semalam baru dikerjain pagi.


Pukul 21:00  (Beberes Rumah)

Biasanya jam segini anak-anak udah kumpul semua tinggal ngerjain tugas yang tertunda buat si kakak kaya hafalan dan tematik dan bayi sudah bobok sejak ba'da isya, kadang-kadang ba'da mahgrib. 


Kakak akhdan tuh belum bisa jalan sendiri buat ngerjain tugas sekolah jadi masih didampingi, kalo emaknya tidur duluan dia ikut tidur atau gak belajar-belajar. Emaknya keburu tepar 🀭 nah ini makanya mau di re scdhule atau baca Indonesianya skejul.


Udah pada kenyeng, pada tidur, emak lanjut beberes kaya nyapu, ngepel, nyuci piring, nyuci baju - pagi tinggal jemur, dengan catatan tadi siang emak udah tidur siang kali enggak jam segini udah kompak molor semua dan itu acak-acakan paginya πŸ˜‚πŸ™ˆ


22:00- 23:00 (Me Time / Kelarin Kerjaan Job / Dagang Online )

Kadang ada tugas lembur seperti, nulis blog kaya gini, edit konten buat channel YouTube. Kalo ada suami itu semua ganji jadi lemburan. 

Emak tidur. Semoga dedek gak ngajak main di jam-jam seperti ini. Biasanya bangun sebentar minta nyusu sambil tidur dan itu 2 kali bangun sampai jam 5 atau kadang-kadang jam 4.


02:30 (Bangun Bentar)

Nyusuin bayi



Jam Sibuk Ibu Rumah Tangga


05:00 - 06:00 (Rebahan)

Bayi bangun, nyusuin, ngajak main. Emak sholat subuh, masih rebahan ngeladenin bayi. Nunggu terang baru ke depan.


06:00 - 07:00 (Cari Sarapan)

Keluar liat udara dan matahari pagi sama bayi. Sayangnya dedek belum bisa diajak naik motor berdua sama mamah. Emaknya belum bisa gendongnya, ada gendongan khusus SSC tapi masih nyicil. Tunggu aku cuddleme Ultimo 😍


07:00 - 08:00 (Prepare)

❌ Sebelumnya: Bayi tidur lagi, sayangnya cuma sejam. Emak ikut tidur ajalah ngantuk berat lumayan cuma sejam. Tapi pas bangun hetic bentrok sama sekolah daring dan acak adul, belum pada sarapan pula.


✅ Jam segini manfaatin beli sarapan, biarin gak bisa motoran sama bayi, masih bisa jalan kaki, ke tukang sayur.


Tidur pagi diganti masak sarapan. Bangunin kakak akhdan. Masih PR banget bangunin solat subuh si sulung πŸ˜“

(Beli nasi uduk akhdan gak suka. Beli lauk jadi, jauh)


08:00 (Waktu Sibuk Part 1)

Sebenarnya sekolah udah opening dari jam 7 pagi untuk absensi. Dan materi mulai sekitar jam 07:30 kadang gmeet dan mulai riweuh mempersiapkan kakak akhdan. 

Dampingin tugas sambil sarapan bareng-bareng anak. Bayi bangun lagi biasanya jam segini. Lanjut mandiin


09:00 - 10:00

Selesai kerjaan sekolah (gak langsung sekaligus, seringnya kepotong sama kakak yang mood moodan ngerjain tugas) kabur keluar saat emak mandiin adiknya.  πŸ˜“


10:00 - 11:00

Tidur ikut jam bayi tidur. 

Biasanya jam segini online ngerjain kerjaan kaya update dagangan, edit konten, publish, dll. Tapi utamakan istirahat dulu.


11:00 - 12: 30 (prepare maksi)

Waktu bebas kaya jualan online, browsing. Nyiapin makan siang, dan makan siang, abis itu beberes part 2. 


12: 30 - 15:00 (Tidur Siang)

Udah rapih, sholat Dzuhur cuss tidur siang bareng bayi. Pokoknya paling penting itu emak harus punya waktu istirahat seperti cukup tidur, dan cukup makan.

Kakak kadang ikut tidur siang bareng, yang penting di jam-jam ini dia gak boleh keluar main. Pintu dikunci.

Bangun tidur cek cek hape main sama bayi kalo udah bangun, siapin cemilan. Lanjut sholat ashar.


16:00 (Waktu Hetic Part 2)


Ini waktu sibuk part 2 setelah pagi.. 


Kakak boleh main ✅

Angkat jemuran, lipetin jemuran✅ belum sempet ada waktu gosok kecuali pakaian yang penting banget atau kali ada acara 😬

Siapin makan malam keluarga ✅

Mandiin bayi ✅

Ajak keluar bayi, nyuapin bayi ✅

Beri warning ke si sulung, mandi, mandi, makan✅

Beberes ruah berantakan ✅

Rendam pakaian kotor, malam nyalain mesin cuci, besok pagi jemur ✅

Waktu ini juga biasanya kesempatan saya buat keluar membeli kebutuhan rumah. Sering bayi saya gendong jalan kaki ajak keluar belanja. ✅

Atau kalo lagi ada job, sampingan kaya photo endorse, upload konten, ngerjain di waktu sore.


Dan itu semua berlangsung sampai jam 18:00 atau Maghrib



18:00 - 19:30

Selesai sholat Maghrib lanjut kerjain tugas kakak yang tertinggal terutama tahsin, hafalan, bahasa arab ke potong sama isya dan bayi mulai merengek ngantuk. Dampingin si sulung sambil ngelonin bayi

Seringnya bayi rewel pas mulai magrib. Emaknya masih komandoin si sulung belajar. Dan itu waktu riweuh, stres, dan gatel karena emak kegerahan belum mandi part 3. Hidup di Bekasi panas, mandi bisa 3 kali sehari.


19:30 

Bayi tidur, emak capek, rebahan dikit si sulung udah kabur keluar main lagi. Kebetulan lingkungan sini jam segini masih ramai di luar. Beda di tempat sebelumnya jam segini udah sepi.


19:30 - 20:30 (Me Time dan We Time)

Waktu emak bisa lowong pegang hape, cek cek tugas sekolah, kerjaan, dagangan. Kemarin yang tadi sore sempat tertunda.

Lanjut dampingin tugas sekolah lagi sampai si sulung capek dan tidur. Kelar-kelar diusahakan jam 21:00 sudah beres semua anak-anak. Kalau Kerjaan rumah sedikit bisa lanjut bobok cantik.


Daftar diatas gak harus menjadi patokan acuan. Tapi layak buat sekedar belajar mendisiplinkan diri. Intinya mah, pintar-pintar aja menejemen waktu. Tapi tetap prioritaskan kemampuan dan kesehatan mental. Terlalu lelah, capek, sedang banyak pikiran? Bunda boleh kok istirahat sejenak, meliburkan dulu dari tugas sekolah anak, atau sekedar malas beberes, demi menjaga kewarasan.


Kalo ngebut terus mikirin yang numpuk-numpuk tapi gak mampu jatuhnya malah sakit, lupa makan, maksain perfect segala kondisi, belum urusan pribadi dsb. Pernah, gini pernah sakit, stres, Makanya aku buat jadwal lagi Mak, biar lebih terorganisir. 


Book planner
Oia bikin kek gini juga, jangan lupa πŸ€­πŸ˜‚



Baik, Bissmillah πŸ’•


No comments:

Post a Comment