Wednesday, November 20, 2019

Tanda Kehamilan Anak Kedua ku, Positif Hamil Sebelum Telat Haid


Pas tau hamil tanggal 2 oktober . tanggal 4 Oktober langsung USG 2D di bidan dan baru terlihat segumpal daging. disuruh balik lagi bulan depan. pas periksa dikonfirmasi hamil UK 8 week udh terdeteksi detak jatungnya di USG. ayang gak sempat di poto krn sibuk ngobrol 😂


Hari itu adalah bulan ke7 pernikahan kami. Dan ternyata saya hamil sudah hampir 2 bulan. Kehadiran adik baru Akhdan yang saya nanti-nanti sebelumnya saat TB Paru sehingga pembuahan terpaksa gagal di bulan-bulan pertama honey moon, akhirnya doa saya dikabulkan juga. 😆

Baca juga Hamil Ketika Sakit TB Paru 

Sebenarnya 1 bulan yang lalu saya sudah merasakan gejala kehamilan namun tespek selalu menunjukan hasil negatif, hiks. 😣

Tanda awal2, seperti badan yang selalu terasa hangat juga perut membesar akibat kembung. Sampai tetangga yang melihat perubahan fisik saya menduga saya sedang mengandung. Mungkin juga ini efek kenaikan berat badan karena sedang pengobatan TB Paru yang mengahruskan naiknya BB atau juga rasa hangat di tubuh ini merupakan tanda masa subur. Namun yang lebih kerasa adalah sakit di payudara yang melebihi PMS. Pernah saat itu sakit payudara teramat sakit tapi ternyta haid itu datang juga, hufft. 😐

Sebelumnya siklus haid saya selalu teratur yakni 28-30 hari. Karena itu saya mudah menebak masa subur juga tanda-tanda masa subur. Meskipun beberapa kali 2 bulan sebelumnya gagal pembuahan. Dan memutuskan untuk rehat promil di bulan september karena stres gak berhasil 😁

Baca juga Hamil dan Memiliki anak Merupaka hak preogatif Allah

Dan ini yang saya pantau Tanda Awal Hamil pasca Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) yakni 21 Agustus 2019.

✔ Suhu tubuh yang lebih hangat
✔ Mood Swing
✔ Lebih mudah ngantuk dan malas berlebih
✔ Haid datang seminggu lebih cepat/Implantasi

Diduga Darah Implantasi, 10 September 2019

Meskipun survei menyebutkan tidak semua perempuan hamil mengalaminya bahkan perbandinganya 1:3. Namun mengingat hamil anak pertama saya mengalaminya dan cukup banyak namun hanya sehari, darah itu berwarna pink cerah dan kelur tepat 28 hari siklus mens terakhir saya.

Di kehamilan kedua ini darah implantasinya berbeda. Awalnya merah muda keruh, lalu coklat. Sedikit namun sampai 3 hari. Disitu saya ragu, apakah ini implantasi atau haid biasa? Okeh saya memutuskan untuk chat dokter online spesialis kandungan. Beliau suruh saya tespek. Masalahnya ini masih masa haid 'yg meragukan itu' khawatir tidak akurat. Keganjilan lainya darah itu keluar diluar JADWAL MENSTURASI yakni seminggu lebih cepat. Dan seminggu yang lalu saya HB dengan suami. Jadi, masuk akal jika ini implantasi. Kalo stres biasanya sikus saya jadi lebih panjang yakni 40 hari dan itu gak lama cuma 1x dalam sebulan.

Beberapa hari kemudian seminggu setelah hari 'yang diduga' implantasi itu saya tespek ternyata masih negatif :'(

Gak lama dari hari itu, sekitar 2 minggu dari tanggal 10 september yakni 2 Oktober saya tespek lagi karena merasa gejala hamil itu makin bertambah kuat. Ternyata benar saya positif hamil. Meskipun hasil tespek masih buram.

Dan ini tahapannya,

Tanda Hamil setelah Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT )


✔ Suhu tubuh yang lebih hangat
✔ Mood Swing (mudah marah, sedih, senang dan stres)
✔ Gairah seks meningkat
✔ Perut membesar (tipe perut yang besar sebelum hamil juga)
✔ Lebih mudah ngantuk dan malas berlebih
 ✔ Implantasi (tidak semua perempuan mengalami flek tanda awal kehamilan)
✔Payudara sangat sakit

Lebih intens,

✔ Perut kian membesar, kembung, kencang
✔ Payudara masih terasa sakit
✔ Mulai sering kencing

Sebelum hati ini tersentuh untuk mencoba tespek kembali karena beberapa kali udah dikecewain, kali ini saya merasa ada yg aneh lagi. Lebih sering kencing, bawah perut kencang, bahkan terasa pergerakan usus, sampai ke bawa mimpi bahwa ada janin yang sedang tumbuh di rahim saya.

Sore itu saya iseng beli tespek untuk tanggal 11 rencananya, yakni pas 1 hari telat haid. Dalam hati berkata,

"Kalo saya haid tanggal 11 berarti kemarin bukan implantasi tapi siklus saya bergeser. Tapi kalo tanggal 11 saya gak haid berarti tanggal 10 september lalu benar implantasi kehamilan"


Dan ternyata garis 2 itu muncul. 😍


Saya sendiri tidak menyangka tanda hamil anak kedua ternyata berbeda dengan anak pertama. Selain berpengaruh pada kondisi, lingkungan juga hormon.

Setiap kehamilan satu perempuan dengan perempua lainnya atupun kehamilan pertama dan kedua pada ibu yang sama, ternyata rasanya berbeda-beda. Baru merasakan ternyata kehamilan kedua ini beda dengan hamil anak pertama. Tanda-tandanyapun juga berbeda.

Apapun itu, mohon doanya untuk selalu diberi kesehatan sampai saat ini dan setelah melahirkan ya..

Doa yang sama untuk kalian yang baca ini yang juga mengharapkan bayi, semoga cepat hamil. Aamiin

Tulisan ini sudah dishare di Channel YouTube Agmia Daily

Kenali Tanda Hamil Sebelum Telat Haid

1 comment: