Saturday, March 24, 2018

Ubi Madu Cilembu di Kota Bekasi


Entah cuma saya aja yang baru tau atau emang kalian juga belum tau?
okeh fix tandanya kalian kurang piknik!
sama kaya saya, he he.

Siapa yang gak tau madu, ciptaan tuhan ini banyak sekali manfaatnya tapi untuk mendapatkan madu yang benar-benar asli memang cukup sulit loh. menurut survei yang pernah saya lihat di acara investigasi trans tv hampir 90% madu di pasaran mengandung campuran alias tidak 100% madu asli. untuk mendapatkan madu asli disarankan membeli langsung dari peternakan lebahnya. emmm, kurang praktiskan permisah. 🤔

Jadi begini ceritanya,
Bulan Desember-Januari kemarin, lagi sibuk-sibuknya saya bolak balik urus ini itu. di tambah seringnya hujan. hampir setiap pagi hujan rintik rintik sampe sore. dari subuh saya udah narik ojek online sampai jam akhdan lagi aktif2nya yaitu jam 9 pagi (ngegrab cuma waktu luang aja, pengen tau aja rasanya ngojek). okeh cerita ngojeknya nanti aja, lanjutt!
Meskipun saya suka banget musim hujan tapi di musim ini juga saya jadi gampang sakit. saya penyakitan kalo hujan, sakit langganan tiap musim hujan adalah masuk angin, diare, sembelit, flu, sampe biduran( kadang2 giduh gatal seluruh badan) tapi yang lebih sering masuk angin dan sering diare. menurut dokter puskesmas daya tahan tubuh saya lemah. oleh karena itu ada baiknya saya banyak mengonsumsi madu.

Beberapa waktu yang lalu ketika libur saya main lagi ke Bekasi. dan saya nemu penjual ubi madu. yups namanya Ubi Madu Cilembu. nemu ubi aja rasanya udah kaya nemu madu karna berasa 100% madu.  bedanya ini made in boled bukan lebah. langsung borong deh, buat stock n oleh-oleh mulai dari versi mentah, panggang dan kripik. sebenarnya sudah lama kenal ubi madu. dulu banget waktu tinggal di Citra Indah Cibubur, ubi madu pemberian bosnya suami yang baik hati. tapi karena pengetahuan terbatas di cari-cari lagi, ga tau deh penjualnya dimana. dan ternyata taunya baru kemarin2. pas tau di deket rumah yang di Bekasi, ada penjual Ubi Madu Cilembu ini berasa sesuatu banget, kaya nora gitu haha.


Kemudian saya Chek n Richek. menurut ensiklopedia di wikipedia, ubi cilembu ini berasal dari Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa barat. keunikan dari ubi ini adalah apabila di oven akan mengeluarkan madu. teksturnya yang lebih empuk dan lengket bercampur madu, bikin yummy banget. ubi ini cocok dimakan untuk sarapan atau penambah energi di malam hari. cara penyajiannya cukup di oven, panggang atau bakar. jangan menyajikan ubi ini dengan direbus atau digoreng ya, karena akan mengurangi kadar madunya.

Lalu apa bedanya sih dengan ubi biasa? 

Dari segi fisik versi mentah, tidak ada perbedaan yang begitu signifikan antara ubi madu dengan ubi biasa. kalo dilihat sekilas ubi biasa lebih bulat, ubi madu lebih panjang dan kulitnya tak mulus karena banyak urat panjang yang menonjol. tetapi jika di perhatikan dengan jeli kulit dan daging ubi madu saat mentah berwarna krem kemerahan dan bermarna kuning jika sudah di masak, bentuknya panjang dengan daging yang lebih lunak dan berurat. ketika di panggang, dioven atau di bakar, kulitnya yang berwarna gading ini akan muncul lelehan lelehan madu yang cakep banget. 😘

KHASIAT UBI MADU CILEMBU


Selain enak manfaat dari Ubi madu ini ternyata banyak banget loh temans. diantaranya ⤵️
✔️  Mencegah Kanker
✔️ Menjaga kesehatan Jantung
✔️ Bikin awet muda karena baik untuk kulit
✔️ Mencegah Stres
✔️ Menjaga daya tahan tubuh
✔️ Baik untuk kesehatan tulang, syaraf dan otot
✔️ Mencegah anemia karena dapat memperlancar peredaran darah dan tinggi zat Besi
✔️ Baik untuk penderita diabetes
✔️ Baik untuk kesehatan ginjal

Ubi Madu Cilembu ini memiliki kandungan vitamin A 7.100 IU (international unit). suatu jumlah yang cukup tinggi untuk perbaikan gizi bagi mereka yang kekurangan vitamin A. padahal umbi-umbian jenis lain, kandungan vitamin A-nya hanya berada pada angka 0,001-0,69 mg per 100 gram. selain vitamin A yang tinggi, juga kandungan kalsiumnya hingga 46 mg per 100 gram. vitamin B1 0,08 mg, vitamin B2 0,05 mg dan niacin 0,9 mg serta vitamin C 20 mg.

Dengan khasiat yang begitu besar dan keunikan rasanya, menurut saya sudah sepantasnya ubi lokal asli Sumedang ini kita promosikan sampai ke tingkat internasional 😎. Indonesia sendiri sudah mengekspor ubi jalar dan masuk dalam daftar lima besar negara yang mengekspor ubi jalar. hampir seluruh negara mengekspor umbi jalar memilih umbi unggulan dari negara mereka. di jepang sendiri ubi madu cilembu sudah dimanfaatkan loh, untuk bahan minuman dan kosmetik.

Ada fakta menarik dari ubi ini. Ubi Madu Cilembu memiliki sertifikat geografis yang sah secara hukum, loh. jadi namanya ga bisa di pakai sembarang oleh ubi negara lain maupun sesama lokal.

Nah, semenjak tau ubi madu cilembu asli sumedang ini mengandung madu dengan segudang manfaat jadi favorite banget. kamu bisa lihat petualangan saya mencari Ubi Madu Cilembu di Kota Bekasi, berikut cuplikan videonya ⤵️


sumber: dokumentasi pribadi oleh google map (sebelah kiri dari Rs. Mitra Keluarga Bekasi Timur) 

Kalo kamu penasaran juga sama Ubi Madu Cilembu yang di jual di Kota Bekasi, saya akan kasih tau alamat salah satu pedagangnya yakni, berlokasi di jl. Melati (suplir). biar gampang saya kasih patokannya, dari Rs. Mitra Keluarga Bekasi Timur (sesudah melewati Rs. Mitra). Selain ubi bakar madu, aneka kripik ubi, pisang juga ada, pedagang juga menjual sawo madu. rasa sawo madu ini enak banget loh, saya yang tadinya biasa saja sama buah sawo sekarang jadi seneng banget. lembut, empuk, manis. kripik yang di jual tidak memakai minyak goreng jelantah sembarangan. minyak goreng yang dipakai bermerk B**o*i hasilnya tekstur lebih renyah dan bersih ga butek kripiknya.

Sekali lagi, kalo kamu main ke Kota Bekasi jangan lupa mampir tuk bawa oleh-oleh si manis ini. 😘

Selamat Liburan!!
_________________________________________

Tulisan ini asli recomend penulis dan bukan merupakan kerja sama atau endorse. 
Jika berminat untuk kerja sama silahkan hubungi Contac me

Trimakasih sudah berkunjung! 


9 comments:

  1. wah akhirnya ada rekomendasi ubu cilembu daerah sekitar jakarta di bekasi, soalnya saya jarang banget nemu ubi kecuali ke daerah puncak, kalo ke puncak kan jauh bgt hehe, thanks infonya :)

    ReplyDelete
  2. sering lihat tapi jarang beli , banyak manfaatnya juga ya

    ReplyDelete
  3. Ubi Cilembu emang enak beud 😍😍 lapisan madunya bakal keluar kalo proses pematangan ubi dengan cara oven mbak kalo rebus krg nikmat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener jgn direbus biar madunya gak hilang

      Delete
  4. Mantapp gan ubi cilembunya.. O ya, saya mau tanya nich gan.. Kalo belik buat d jual lagi bisa gak gan, tapi setiap kali blanja paling sekintal dua kintal gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay mas nya boleh beli langsung ke penjualnya loh... kalo saya hanya sekedar just sharing ��

      Delete
  5. Oh makasih ya gan atas infonya 👍👍

    ReplyDelete