Monday, January 9, 2017

Ini yang Saya Lakukan, Ketika Anak Kena Cucugan Serpihan Kayu


Setiap orangtua pasti tahu atau pernah mengalami kecucugan kayu?
itu loh semacam duri kecil yang menancap pada kulit ari kita. kalo kita yang sudah besar ini masih bisa mengatasinya tapi kalo anak kita yang masih kecil bagaimana?
ga bakal tega liatnya merintih kesakitan.

Nah, sekarang saya mau berbagi penglaman tentang anak saya yang pernah kecucugan kayu beberapa minggu yang lalu. anak saya (3 thn) terluka di bagian telapak tangan kiri nya. sore, sehabis bermain lempar batu di empang lele samping rumah dengan teman nya. Awalnya dia bilang sakit ketusuk paku, otomatis saya khawatir, saya langsung observasi ternyata ada serpihan kayu kecil runcing menancap di telapak tangan kirinya, seperti nyangkut di kulit ari. saat itu masih bisa di ambil atau dikeluarkan, asal si anak mau menahan sakit sebentar.

Tau sendiri kan anak kecil, pasti ga ngerti itu dan ga mau kalo lukanya saya pegang-pegang. saya juga ga tega memaksa nya menahan sakit saat saya coba keluarkan. waktu itu saya sangat geisah, takut disusul demam tinggi dan sebagainya. "apa yang harus saya lakukan? kalo didiemin malah takut tambah parah en demam karena infeksi?" bingung gak tau harus minta pendapat ke siapa. gak lama bada maghrib ada ibu mertua dan suami baru pulang kerja saya langsung mengadu pada mereka.

Versi mertua berpacu pada pengobatan zaman dulu "di kasih terason aja (balsem) besok pagi langsung keluar susugkannya"
versi suami "diemin aja kalo ga sakit berkepanjangan mah, tar juga lebur itu kan kayu. kayu dari tanah juga jadi gapapa paling ngebekas jadi tahi lalat mati kaya saya". sambil nunjukin tahi lalat mati di telapak tangannya, akibat susukan kayu waktu kecil. mungkin ada benernya juga 2 saran ini. malamnya pas anak tidur saya olesi balsem, besoknya pas bangun saya cek, bukannya keluar tuh kayu malah telapak tangan anak saya bengkak dan makin sulit tuh kayu buat di keluarin. (sepertinya jalan nya sudah menutup oleh nanah) tambah panik deh gak tega abisnya sama anak, serasa cekot cekot pastinya. mungkin ada baiknya jika saya konsultasi kepada ahlinya alias dokter. gak sia-sia saya instal aplikasi dokter online, jadi kita bisa konsultasi online sama dokternya langsung. bangun tidur pagi-pagi saya langsung chat tuh dokter di aplikasi.


Tuh kan bener ternyata pakai balsem bukan mengobati. suami bilang gak usah khawatir ga usah di bawa ke rumah sakit, periksa aja dulu ke puskesmas. sehabis sarapan, jam 08.00 kita meluncur ke puskesmas terdekat. disarankan langsung ke UGD nya. nah, disana telapak tangan anak saya di semprot ball (agar mati rasa mungkin, supaya tidak berasa sakit saat pengambilan serpihan : katanya) terus bagian susukan nya itu di tusuk sedikit dengan jarum suntik dan foiilaaa sudah terangkat ga sampai 1 menit proses nya, alhamdulilah tenang deh. abis itu di kasih salep bukan betadine. bekas kayunya jadi hitam sekali kecil mentik.

Parents jika anak kita mengalami susukan kayu sebaiknya langsung di bawa ke ahlinya saja ya, jangan sesekali dipencetin takutnya infeksi karena tangan kita tidak higienis atau malah bengkak, makin parah nyerinya kan, apalagi di kasih sembarang obat seperti balsem, hehe.

oke, balik lagi ke aplikasi dokter online yang ga bisa saya sebut namanya, hehe. sudah lama saya mengamati beberapa grup-grup di fb banyak yang ott (out of topic) masalah kesehatan atau anak sampe ibu hamil, kan ga semua obat atau pengalaman itu sama dan cocok,  lebih baik bertanya kepada ahlinya saja.

Waktu terbatas untuk ke dokter?
konsultasi dulu aja ke tim dokter online sebagai pertolongan pertama karena sekarang sudah ada aplikasi, dimana kita bisa chat sama tim ahlinya langsung. juga di lengkapi fitur info tentang penyakit dan jenis obat berikut dengan kegunaanya.  yang paling saya suka adalah rubik majalah, sangat bermanfaat karena memang saya hobi membaca. layanannya juga sangat meng'edukasi. memperluas pengetahuan kita tentang kesehatan. terutama nih buat mamah muda, kaya saya hehe.


oh ya perlu diingat, disini hanya edukasi bukan berobat atau meminta resep jadi initinya untuk pemeriksaan lebih lanjut sebaiknya ke dokter langsung. okey parents, sekian dulu sharingnya, ya.


Semoga Bermanfat!

5 comments:

  1. thanks bun. infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  2. duh, ngeri ya.. namanya juga anak anak lagi aktiv2 nya.. untung buru2 di bawa ke ahli medis.
    bener bun, jangan sembarang di macem2in dulu, takut resikonya.

    ReplyDelete
  3. dulu keponakan ku juga pernah gitu, tapi untungnya usianya agak besaran jadi masih bisa di ambil manual, sama ortunya pake peniti di sterilin dilu.

    ReplyDelete
  4. wah paling ngri aklau ketancap dan masuknay terlalu dalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun, oleh sebab itu harus segera di tangani oleh ahlinya ya

      Delete